Mohon tunggu...
Willy Pangestu
Willy Pangestu Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa universitas tarumanegara

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengoptimalkan Perencanaan Produk di Era Industri 4.0

29 Mei 2022   01:33 Diperbarui: 29 Mei 2022   01:39 1363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama: Willy pangestu

NIM: 115190274

Designed by Willy Pangestu

Revolusi industri 4.0 yang mengedepankan pada teknologi digital dan cyber sistem membawa pengaruh pada pendekatan organisasi dan perusahaan yang mengandalkan analisis intelektual untuk menunjang pengelolaan proses otomatisasi sistem. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, ide-ide produk baru yang cemerlang mulai di temukan dalam era industri ini, yang tidak bisa mengikuti perkembangan akan tertinggal jauh di belakang. Proses pemanfaatan teknologi juga membawa hubungan timbal balik antara kompleksitas bisnis seperti perencanaan produk.

Secara garis besar revolusi industri 4.0 membawa perubahan untuk perusahaan dalam merencanakan pembuatan produk. Persaingan antar perusahaan semakin berdempetan, para pengusaha mulai berlomba-lomba dalam menciptakan produk andalan mereka, karena itu di era revolusi industri 4.0 perusahaan harus bisa mengoptimalkan perencanaan produk yang akan diproduksi untuk kedepannya yang memiliki peningkatan nilai tambah produk agar bisa bersaing dengan para pencipta produk.

Di era revolusi industri 4.0 ini, produk yang ditawarkan harus bisa meningkatkan nilai tambah yang berfungsi lebih efektif dan efisien. Produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar dan memiliki kualitas lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya. untuk memenuhi kriteria tersebut, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilewatkan dalam perencanaan produk di era revolusi industri 4.0 yaitu:

hd-2-629268efce96e5217f2e09e2.jpg
hd-2-629268efce96e5217f2e09e2.jpg

Designed by Willy Pangestu

Riset Pasar

Komponen pertama adalah Riset Pasar yang berarti perusahaan sebelum membuat produk harus melakukan riset tentang permasalahan apa yang terjadi di Masyarakat di era revolusi industri 4.0 ini dan barang apa yang dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Di era revolusi industri 4.0 sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dari era industri sebelumnya sehingga sudah cukup mudah untuk perusahaan mengumpulkan data segmentasi pasar. Penting juga untuk perusahaan menentukan target pasar agar bisa menyesuaikan barang yang diproduksi dengan kebutuhan dan keinginan Konsumen.

Desain Produk

Komponen kedua yaitu Desain Produk. Desain produk juga perlu diperhatikan secara lebih baik agar selalu menarik. Maka dari itu desain produk harus direncanakan dengan baik. Sebab pada dasarnya desain dari suatu produk bisa membuat konsumen menjadi semakin tertarik dengan produk yang dilihat. Maka peluang bagi timbulnya keinginan untuk membeli produk bisa semakin meningkat. Oleh karena itu perancangan desain produk haruslah diusahakan secara maksimal agar bisa membuat produk selalu tampak menarik. Oleh karena itu desain produk haruslah masuk ke dalam bagian perencanaan agar bisa membuat usaha atau bisnis berjalan lancar.

Perencanaan Produksi

Komponen ketiga yaitu Perencanaan produksi. Dalam perencanaan produksi terdapat peranan mengkoordinasikan kegiatan dari bagian-bagian yang langsung atau tidak langsung dalam berproduksi, merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan kegiatan produksi dari mulai tahapan bahan baku, proses, sampai output yang dihasilkan sehingga perusahaan betul-betul dapat menghasilkan barang dengan efektif dan efisien. Di era revolusi industri 4.0 dalam proses produksi, perusahaan dapat menerapkan konsep otomatisasi yang dilakukan mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Penggunaan otomasi sistem produksi akan sangat berguna bagi perusahaan, misalnya pengeluaran biaya tenaga kerja tidak akan sebanyak ketika proses produksi dilakukan dengan cara manual, peningkatan hasil produksi yang tentu saja lebih banyak dibandingkan dengan ketika proses produksi dilakukan secara manual sehingga perusahaan dapat memenuhi target konsumen sehingga dapat menjadi citra yang baik bagi perusahaan, hasil kerja akan lebih berkualiatas, terhindar dari human eror, keamanan akan terjaga, dan kegiatan produksi akan lebih berjalan dengan lancar sehingga dapat tercapainya produktivitas pada perusahaan.

Pemasaran

Komponen keempat yaitu Pemasaran. Komponen keempat adalah komponen yang sangatlah penting di era revolusi industri 4.0 karena perkembangan teknologi dan informasi semakin canggih membuat banyaknya saluran yang digunakan sebagai fungsi marketing ditujukan agar tercipta pengalaman konsumen yang mulus dan konsisten. Dengan menggunakan banyak saluran, konsumen bisa dengan mudah mengenal dan mengakses informasi produk. Gunakanlah saluran online dan offline. Sebab pemasaran di era industri 4.0 mengintegrasikan style dan substance. Artinya, tidak hanya mengedepankan branding bagus, tetapi juga menawarkan konten yang relevan dengan konsumen dengan menyuguhkan konten yang bagus dan up-to-date.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun