Mohon tunggu...
Willi Andy
Willi Andy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hidup dengan cinta dan kasih sayang

Berjuang dengan sungguh-sungguh tanpa lelah dan penuh perhatian

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Etos di Jalan sebagai Salah Satu Syarat Mutlak Ketika Mengendarai Kendaraan di California

4 November 2022   07:31 Diperbarui: 6 November 2022   11:46 1023
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang wanita yang sedang mengendarai mobil. | Sumber: Unsplash.com

Di negara bagian Amerika Serikat yaitu California, seorang yang sudah berusia 16 tahun bisa mengajukan SIM di kantor DMV (Department of Motor and Vehicle).

Selain telah berusia minimal 16 tahun, para calon pengemudi kendaraan kelas C harus memenuhi beberapa persyaratan lainnya. Yaitu datang ke kantor DMV untuk mengisi formulir, menunjukkan kartu social security, dan surat yang menyatakan informasi lengkap dari calon pengemudi seperti nama lengkap dan alamat tempat tinggal.

Setelah semuanya lengkap, lalu ada tes untuk mata, dan membayar $33. Selanjutnya kita bisa mengikuti ujian tertulis. Ada nilai minimum yang harus dipenuhi jika ingin lulus.

Sebelum kita mengikuti ujian teori dan pengetahuan tentang rambu lalu lintas, kita bisa mengambil buku panduan berlalu lintas. 

Setiap negara bagian memiliki buku panduan dan isinya hampir sama. Jika ada perbedaan, pastinya perbedaannya sangat sedikit.

Dari panduan buku itulah, kita bisa mempelajari cara yang baik dan benar serta pengenalan tanda-tanda rambu lalu lintas.

Di AS dan sebagian besar negara Eropa, dan Canada, kebanyakan orang lebih memilih kendaraan roda empat daripada kendaraan roda dua.

Jadi penulis hanya membahas bagaimana caranya untuk mendapatkan SIM untuk mengendarai kendaraan roda empat atau mobil sedan, truk, SUV, dan VAN atau mobil angkutan yang berskala kecil.

Kembali ke poin ujian teori, di sana kita harus menjawab pertanyaan dengan benar. Biasanya pada ujian tertulis tersedia berbagai pilihan bahasa yaitu bahasa Vietnam, Spanyol, Melayu, Mandarin, dan Inggris.

Terkadang petugas ujian memberikan kita kesempatan kedua di saat kita hampir lulus dari satu atau dua kesalahan. Mereka memperbesar kesempatan untuk dijawab agar lebih tepat.

Kalau kita lulus, maka ada ujian selanjutnya yaitu ujian mengendarai kendaraan secara langsung di jalan umum. 

Petugas penguji akan duduk di samping kita sambil mencatat perilaku dan gerak-gerik kita di dalam mobil. Dimulai berangkat dari tempat parkir sampai kembali ke tempat parkir di kantor DMV.

Di jalan kita akan melewati jalan perumahan dan jalan utama. Akan banyak persimpangan dan rambu lalu lintas yang harus dipatuhi. 

Terus petugas akan memberikan kita berbagai instruksi untuk parkir mobil secara paralel di pinggir jalan, mengganti jalur, stop komplit secara mendadak dan aman, mundur ke belakang, dan masih banyak instruksi lainnya.

Penulis saat itu beruntung bisa lulus ujian mengendarai mobil meskipun gagal satu kali di ujian teori.

Itulah dua ujian utama untuk mendapatkan SIM di California.

Lalu bagaimana dengan para pengendara mobil sewaktu berada di jalan? Apakah mereka sangat patuh pada rambu-rambu lalu lintas? Apakah mereka sangat terampil dalam mengendarai mobil? Bagaimana tingkat kesabaran mereka?

Dari dua puluh tahun mengendarai mobil di AS khususnya di California, penulis banyak memperhatikan para pengemudi lainnya. Di antaranya adalah:

Kita sangat mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

Meskipun itu adalah stop sign di areal yang sangat sepi, kita tetap berhenti secara total di garis stop. Meskipun kadang ada yang tidak berhenti total.

Sangat jarang terdengar suara klakson.

Mengendarai mobil di jalan nyaris seperti berada di tempat yang sangat sunyi senyap. Tidak ada suara klakson sama sekali. Kecuali bila benar-benar diperlukan maka pengemudi akan membunyikan klakson. Terutama ketika mobil di depannya tidak mau bergerak maju di lampu hijau untuk kesekian detik.

Dari sini juga berarti para pengemudi sangat mematuhi rambu lalu lintas sehingga tidak pernah merugikan hak pengemudi lainnya.

Menghormati mobil polisi, ambulance, truk pemadam kebakaran, dan bus sekolah.

Ketika siren mobil polisi, ambulance, dan pemadam kebakaran berbunyi maka semua mobil akan menepi. Kecuali jika berada di jalur yang berlawanan dan dipisahkan oleh portal semen pemisah jalan.

Ketika bus sekolah berhenti, bus akan menyalakan lampu siren dan stop sign bus akan terbuka. Dengan demikian semua mobil dari dua arah harus berhenti di tempat, tidak harus menepi. Ini membuat anak-anak sekolah menyeberang jalan dengan aman.

Banyak stop sign.

Jika kita masuk ke areal perumahan, kita akan menemukan banyak stop sign di setiap pertigaan dan perempatan. Semua mobil akan berhenti tepat di garis stop dan bergilir jalan mulai dari siapa yang duluan sampai di titik stop sign.

Tidak ada kecelakaan meskipun hanya ada stop sign karena semua saling menghormati dan beraturan.

Kesabaran tingkat tinggi.

Banyak pengemudi yang mengendarai mobil dengan sangat pelan dan ragu-ragu untuk bergerak. Dan mobil di belakang mereka akan sangat sabar menunggu. Meskipun ada juga yang berusaha melewati.

Tidak pernah membuang sampah ke jalan.

Hampir tidak ada pengemudi yang membuang sampah di jalan. Karena jika mereka kedapatan membuang sampah bahkan hanya puntung rokok, maka polisi berhak memberhentikan dan menilang mereka.

Selalu mengendarai mobil sesuai batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Karena California adalah negara bagian yang memiliki banyak bukit dan lembah, maka permukaan jalan akan naik atau turun tidak rata. 

Ketika mengarah ke turunan maka mobil cenderung melaju lebih cepat. Karena itu biasanya ada sensor yang terhubung melalui satelit untuk mendeteksi kecepatan laju mobil. Jika melewati kecepatan maksimum, maka polisi bisa tiba-tiba berada di belakang kita.

Ini terjadi pada diri penulis ketika mobil melaju turun. Polisi membuntuti dan menyalakan sirene agar penulis berhenti. Untungnya polisi hanya memberikan surat peringatan.

Mobil belakang tidak berhenti dekat mobil di depan mereka.

Ini sangat sering terjadi. Jarak satu mobil ke mobil lainnya ketika berhenti sangat lebar. Maka tidak heran jika antrean mobil di lampu merah akan sangat panjang padahal hanya ada beberapa mobil saja.

Ada keuntungan dan kerugian dari perilaku ini. Jika kita berada di depan sepertinya tidak masalah. Tapi bagaimana jika kita berada jauh di belakang. Bisa-bisa kita tertinggal di lampu merah berikutnya.

Mengutamakan pejalan kaki.

Di AS, nyawa dan hak pejalan kaki sangat dihormati dan diutamakan. Kita akan membiarkan para pelajan kaki menyeberang dengan santai. Prioritas benar-benar sangat baik untuk mereka. Kedua terhadap pengendara sepeda dan lalu motor.

Meskipun pejalan kaki menyeberang jalan secara ilegal, mobil tetap akan berhenti untuk mereka dan tidak akan memarahi serta tidak membunyikan klakson.

Ada juga beberapa satwa yang menyeberang jalan seperti bebek, rusa, buaya (di Florida) dan satwa lainnya. Mobil akan berhenti untuk membiarkan mereka menyeberang dengan selamat sampai di seberang jalan.

Lampu depan selalu nyala meskipun siang hari.

Banyak sekali mobil yang menyalakan lampu depan meskipun hari masih terang. Khususnya mobil-mobil yang masih gres.

Banyak lansia yang pengemudi mobil.

Jangan heran dan takjub jika mobil di depan kita melaju sangat pelan dan ternyata pengendara di depan kita adalah seorang lansia. 

Ya, mereka masih diizinkan untuk mengemudi dengan persyaratan dan kelengkapan surat medis yang membuktikan mereka masih layak mengemudikan mobil.

Itulah berbagai keunikan, kelebihan, dan mungkin kekurangan warga California ketika berkendaraan di jalan.

Wasana kata:

Bukan hanya keterampilan yang dibutuhkan ketika mengendarai mobil di jalan. Ada banyak hal lainnya yang harus dimiliki oleh para pengendara di California.

Kepatuhan pada aturan lalu lintas harus tertanam baik sejak muda. Saling menghormati para pengguna jalan lainnya. Jarang sekali ada bunyi klakson yang memancing kemarahan dan rasa kaget dari pengemudi lainnya.

Rasa hormat yang tinggi pada mobil polisi, mobil medis dan truk pemadam kebakaran serta bus sekolah. Nyawa menjadi hak dan prioritas teratas dari semua kepentingan.

Kesabaran, kebersihan, keamanan, etika, tata krama, dan kenyamanan selalu dimiliki oleh pengguna jalan sewaktu berada di jalan.

Saling menghormati antar semua pengguna jalan seperti terhadap pejalan kaki, sepeda, dan motor. Bahkan terhadap hewan.

Ternyata agar selamat dan nyaman sampai tujuan, para pengemudi di California dan negara bagian lainnya sangat memperhatikan hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

Semua itu tidak kalah penting dengan keterampilan mengemudi semata-mata.

****

Penulis: Willi Andy untuk Kompasiana.
Oktober 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun