Hortimart Agro Center
Hortimart Agro Center atau yang lebih dikenal orang dengan nama Hortimart merupakan agrowisata yang ada di daerah Bawen-Semarang. Berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 55 Bawen, Hortimart terletak dipinggir jalan Salatiga-Semarang (sebelah kiri jalan bila melakukan perjalanan dari Salatiga menuju ke Semarang). Masuk ke Hortimart kita langsung disuguhkan dengan Patung besar petani membawa obor bertuliskan "Hortimart -- Obor Tani".Â
Disekitar patung, terdapat Agro Mart untuk pegunjung bila ingin membeli produk-produk yang dihasilkan dari lahan produksi Hortimart, dan juga Agro Suply bila pengunjung ingin membeli bibit atau tanaman-tanaman yang ada di Hortimart. Harga dari bibit atau tanaman yang dijual bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran tanaman, pengunjung yang ingin membeli tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan juga anggarannya. Selain itu juga ada Agro Resto untuk pengujung yang ingin menikmati menu-menu makanan dari Hortimart.
Bila ingin menikmati agrowisata Hortimart, pengunjung Hortimart dapat memilih paket wisata yang tersedia di Lobby Agro Tour. Dimulai dari Horti Tour yang akan mengajak anda berkeliling kebun Hortimart seluas 27 hektar menggunakan mobil  yang akan didampingi pemandu tour yang sangat ciamik dalam hal menjelaskan dan memperkenalkan kita dengan jenis tanaman beserta varietas-varietas yang unik yang ditanam disana.Â
Dengan membayar Rp.10.000,- pengunjung akan dibawa berkeliling kebun melihat tanaman-tanaman yang dibudidayakan di lahan Hortimart seperti durian, srikaya, nanas, jeruk, sayur dll dengan berbagai macam varietas yang akan menambah wawasan dari pengunjung tentang varietas-varietas unik yang ada disana.
Selain Horti Tour, juga terdapat Horti Safari yang akan mengajak pengunjung menejelajahi kebun buah, yang juga akan dipandu oleh Tourguide yang akan memberi pengetahuan baru bagi kita tentang komoditas-komidtas buah. Bila pengnjung ingin merasakan sensasi panen buah sendiri, Hortimart juga menyediakan fasilitas berupa Horti Paradise, dimana untuk pengunjung yang membeli tiket ini akan diajak menjelajah kebun buah, dan merasakan sensasi panen yang akan dipandu oleh Tourguide.Â
Untuk harga, tiap tiket berbeda dimulai dari Rp.10.000,- untuk Horti Tour hingga 25.000 untuk Horti Paradise dan Horti Safari per orang. Cukup terjangkau dan akan langsung terbayarkan dengan pengalaman baru yang akan diperoleh dari sana. "Pertama kali berkunjung ke Hortimart ini saya langsung mendapatkan pengetahuan baru, ternyata sudah sangat banyak verietas buah yang telah dikembangkan menjadi varietas yang unik", kalimat tersebut adalah salah satu respon dari pengunjung yang ditemui disana.
Strategi keberlanjutan dari segi usaha maupun dari segi pertaniannya dapat dikaitkan dengan 3 pilar keberlanjutan yaitu People, Profit, dan juga Planet, dimana People atau dari segi manusia dan aspek sosialnya, Profit adalah penelaahan dari segi ekonomi, dan juga Planet adalah dari segi lingkungan.
People (aspek sosial) :
Hortimart Bawen menghasilkan produk-produk untuk dipasarkan, dan diolah menjadi sebuah produk olahan. Untuk menunjang kegiatan tersebut, diperlukan adanya tenaga kerja yang berperan sebagai penggerak kegiatan usaha mulai dari penanaman, budidaya, pemasaran, dan juga pengolahan. Sebanyak kurang lebih 200 tenaga kerja yang bekerja di Hortimart merupakan tenaga kerja dari daerah sekitar Hortimart.Â
Selain itu untuk pengunjung-pengunjung yang berkunjung ke sini juga akan mendapatkan pengalaman juga edukasi tentang jenis-jenis pohon buah yang sangat beraneka ragam di sini. Sehingga dengan adanya Hortimart ini diharapkan dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar yang berperan sebagai tenaga kerja di Hortimart, sehingga secara tidak langsung dengan adanya Hortimart ini akan berdampak dengan lingkungan sosial sekitar Hortimart.
Profit (ekonomi) :
Hortimart mempunyai berbagai macam produk yang dapat dipasarkan dan dijual. Produk-produk tersebut akan menghasilkan nilai ekonomi yang dapat digunakan oleh Hortimart untuk menunjang keberlanjutan usahanya, seperti hasil dari penjualan di Agro Mart yang merupakan hasil dari kebun Hortimart, hasil dari Agro Resto yang merupakan hasil dari olahan produk Hortimart, dan juga hasil dari Horti Tour yang banyak diminati oleh pengunjung, dan masih banyak lagi. Fasilitas yang memadai, pelayanan yang baik kepada pengunjung memberikan nilai kepuasan positif dari pengunjung yang sekaligus dapat menjadi sarana untuk mempromosikan Hortimart keluar.
Planet (lingkungan) :
Keberlanjutan dari aspek lingkungan yang dilakukan oleh Hortimart ditunjukan dengan adanya embung yang berfungsi untuk menampung air hujan selama musim hujan, dan digunakan untuk mengairi lahan produksi pada musim kemarau.Â
Hal ini juga bertujuan untuk menekan pengeluaran biaya untuk pengairan bila musim kemarau tiba. Keberadaan embung ini dapat kita lihat saat kita mengelilingi kebun Hortimart dengan menggunakan Horti Tour.Â
Pemanfaatan lahan-lahan kosong dengan penanaman tanaman-tanaman pagar dan tanaman-tanaman kecil juga diterapkan oleh Hortimart guna meningkatkan produktivitas dari lahan yang digunakan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H