Mohon tunggu...
Wilda Purba yohana
Wilda Purba yohana Mohon Tunggu... Sales - porsea

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Fashion Indonesia, Industri Kreatif yang Dipercaya akan Go Internasional

21 Desember 2020   23:12 Diperbarui: 21 Desember 2020   23:16 6153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: jogjadaily.com

    Mode busana hingga perhiasaan yang booming pada waktu tertentu, disebut sebagai trend fashion. Trend fashion memiliki konotasi positif yang mengarah pada sesuatu yang bagus, memiliki nilai estetika tinggi, menawan serta glamour, yang akan terus-menerus mengalami perubahan dari masa ke masa, baik perubahan dengan unsur yang baru maupun diadaptasi dari trend-trend sebelumnya. Fashion bisa menjadi alat ukur serta menjelasakan popularitas, status sosial maupun ekonomi seseorang. Banyak sekali orang-orang styles dunia berlomba untuk menampilakan fashion terbaik bahkan sampai menyewa perancang busana terkemuka.

Perkembangan trend fashion di Indonesia tidak terlepas dari budaya Barat, Eropa dan Asia. Dalam sejarah trend fashion sendiri memiliki perkembangan yang cukup pesat, ini di dukung dengan kemunculan desainer seperti Non Kawilarang dan Peter Sie. Awal perkembangan, Indonesia lebih cenderung mengadaptasi gaya fashion dari Barat, mulai darai desainya, bahan, bahkan proses serta alat-alatnya. Jika dilihat dari klasifikasi usia, orang tua lebih menyukai gaya busana tradisional Indonesia yang sudah ada sebelumnya, seperti kebaya, tenun ikat, dan batik khususnya untuk menghadiri acara penting. Berbeda dengan usia muda yang cenderung mengikuti tren fashion Barat, Eropa maupum korea. Media massa, entertainment, bisnis, dan internet merupakanfaktor-faktor penting, yang mendorong berkembangnya tend fashion di Indonesia.

Trend fashion tahun dunia pertama kali berkembang pada tahun 1900 yang dikenal juga dengan tahun Plume Boom. Trend fashion pada kala itu dikenal dengan penggunaan Feathered Hat, yaitu pemakaian topi dengan bulu asli dari burung. Lalu kemudian pada tahun 1910, korset merupakan pelengkap busana yang sangat melegenda, yang dikenal sebagai Edwardian Corset. Tahun 1920 perubahan fashion bergerak ke perubahan yang cukup drastis. Tahun tersebut menjadi tahun emas bagi perempuan karena sudah ada hak pilih. Para wanita bebas memilih gaya apa yang diinginkan, seperti mode rambut, makeup yang super tebal, minum alkohol, merokok dan lainnya. The flapper dress dan garconne merupakan dua benda yang terkenal pada tahun itu. Tahun 1920 dikenal dengan flapper headband yaitu jepitan rambut wanita, serta potongan rambut yang sangat pendek untuk perempuan. Berlanjut pada tahun 2000an fashion yang germerlap paling banyak diminati. Mulai dari anting, kalung, cincin, gelang bahkan baju yang dipayet dengan aksesoris kelap-kelip. Lalu pada era sekarang gaya-gaya vintage atau kalsik retro  kembali diminati.

Tantangan terkait industri fashion di Indonesia :

1. Membutuhkan modal yang besar

Berbisnis pada bidang fashion memerlukan modal yang cukup besar, sebab tidak hanya produk yang harus ada modal namun juga peralatan dan fasilitas lainnya. Seperti membuat situs atau web ,menyewa atau membeli toko, maneken, gantungan baju, atau  bahkan rak gantung. Namun hal tersebut kini sudah ada solusinya, salah satunya dengan membuka thrift store. Thrift store dapat diartikan sebagai toko penghematan. Jadi,  produk yang ada dalam toko ini nanti merupakan pakaian-pakaian bekas yang masih layak untuk di perjual belikan. Untuk memasarkan barangnya, bisa menggunakan platform media sosial seperti Instagram, e-commerce (market place) untuk mempromosikan barang untuk dijual.

2. Membuat Desain Pakaian yang Gak Kalah Zaman

Ketika membuka bisnis pakaian, tren merupakan salah satu tantangan terbesarnya. Mengapa? karena jika desainnya tidak up to date maka kemungkinan bisnis pakaian ini tidak akan bertahan atau malah akan bangkrut. Tetapi untuk saat ini hal tersebut sudah ada solusinya. Di Indonesia memiliki desainer-desainer yang memiliki rancangan baru dan lebih kreatif untuk memulai bisnis fashion. Jadi, jika ingin mempunyai desain pakaian yang tidak monoton, maka diperlukan adanya rencana untuk menyewa tim desainer yang siap untuk membuat rancangan baru dan dapat mempertimbangkan membeli desain dari desainer independen.

3. Rebutan pasar penjualan untuk bersaing

Hal ini merupakan salah satu tantangan terberat bagi yang ingin mencoba bisnis pada dunia fashion. Sebab, kita perlu untuk teliti dan meraba target pasar yang kemungkinan bisa diraih. Selain itu juga perlu adanya ide kreatif agar produk yang akan diperjual belikan terlihat unik dan menarik dan terlihat berbeda dari kompetitor yang lain. Hal ini bisa diatasi dengan teknik crowdsourcing, yaitu meminta pendpaat dari pelanggan untuk memutuskan barang apa yang akan diproduksi. Misal para pelanggan akan berkomentar pada salah satu postingan yang berisikan pertanyaan mengenai produk apa yang harus di produksi selanjutnya untuk menarik minat pasar. Selain itu ada juga yang namanya sistem PO (Pre Order) untuk menjadi solusi. Jadi, PO ini menerapkan sistem pembayaran terlebih dahulu di awal pemesanan sesuai dengan perjanjian antara penjual dan pembeli.

    Dikutip dari antaranews.com menteri ketenaga kerjaan Hanif Dhakiri mengatakan bahwa perkembangan fashion kedepan yang termaksud ekonomi kreatif ini akan berpotensi besar dalam mendorong ekonomi Indonesia. Industri fashion Indonesia di yakini dapat bersaing dengan produk luar negeri.

       Pemerintah terus mendorong perkembangan industri Fashion di Indonesia pemerintah sadar bahawa industri fashion Indonesia dapat berkembang pesat sampai ke internasional, menjadi penyumbang devisa dan mengurangi pengaguran di Indonesia, fashion merupakan sektor ekonomi kreatif yang cukup pesat perkembangnya di Indonesia karena itu butuh peran penting pemerintah dan masyarakat dalam membantu perkembangan industri fashion Indonesia.

    Banyak persoalan masyarakat terkait susahnya mendapat modal usaha dan terkait HKI untuk label dan merek yang dibuat hingga banyak pembisnis Fashion yang tidak memiliki merek dagang sedangkan Fashion yang di jual berkualitas tinggi, memberikan bantuan berupa pelatihan juga akan sangat membantu masyarakat agar tidak hanya memasarkan produknya di pasar saja tetapi bisa melalui media digital, bahkan dapat diekspor ke luar negeri.

Memberikan modal usaha membatu pemasaran hingga ke internasional, memberi pelatihan hingga mempermudah izin usaha sudah di lakukan oleh pemerintah tetapi hal itu  belum cukup membantu perkembangan Fashion di Indonesia, masih sangat banyak toko baju yang tidak memiliki badan hukum bukan hanya itu saja banyaknya fashion luar negeri yang dipasarkan di Indonesia membuat industri fashion Indonesia kalah saing dengan industri fashion luar bahkan di negeri sendiri, pemerintah juga perlu menganggapi dan memberikan solusi terkait permasalahan tersebut.

Bukan hanya pemerintah pusat dan daerah peran serta masarakat sebagai konsumen sama pentingnya, dimana masyarakat Indonesia lebih sering mengunakan produk luar negeri kita perlu menanamkan perasaan bangga terhadap brand Fashion yang ada di Indonesia dan mengurangi pembelian brand fashion luar negeri karena. jika bukan kita lalu siapa lagi! Brand fashion milik Indonesia juga tidak kalah bagus dengan merek luar negeri misalnya Lea Jeans, The Executive dan Buccheri bukan hanya brand fashion jasa desainer baju di Indonesia juga berkualitas tinggi bahkan dipakai oleh selebriti luar negeri Monica Ivena, Cynthia Tan dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan brand fashion indonesia kita juga membantu membuat industri fashion Indonesia berkembang dan dikenal banyak orang karena itu kita harus memulai menggunakan fashion Indonesia dan bangga terhadap fashion yang sudah dibuat oleh anak bangsa, dengan menggunakan fashion dari Indonesia kita sudah menghargai kerja keras dan karya bangsa kita.

Fashion di era sekarang ini telah menjadi salah satu penyumbang devisa negara terbesar. Perkembangan industri fashion yang pesat menempatkan fashion di posisi kedua dalam jumlah usaha atau perusahaan ekonomi kreatif berdasarkan jajaran Sensus Ekonomi 2016 yaitu sekitar 15.01 %. Data dari CNBC Indonesia menyatakan bahwa industri fashion mampu berkontribusi sekitar 116 triliun. Tentu saja, perkembangan industri fashion masih bisa untuk lebih berkembang lagi. Dorongan permintaan pasar menjadi salah satu landasan awal dalam perkembangan fashion di Indonesia. Hal itu disebabkan oleh meningkatnya kesadaran rakyat Indonesia dalam hal fashion yang kini lebih mengarah pada lifestyle. 

Untuk dapat memacu perkembangan industri fashion di Indonesia dibutuhkan dukungan dari segala kalangan. Peran pemerintah tentu menjadi salah satu aspek terbesar. Akan tetapi tidak cukup hanya pemerintah, dibutuhkan bantuan generasi-generasi muda yang dipercaya lebih memahami pasar fashion, baik di dalam negri maupun luar negri. Dewasa sekarang ini, telah banyak anak muda yang mulai mencoba untuk terjun ke dalam dunia bisnis. Tidak sedikit di antara nya yang bergerak dalam indurstri kreatif. Mereka yang dulunya dikenal dengan sebutan entrepreneur kini lebih dikenal dengan creativepreneur.

Dalam usaha pengembangan fashion dalam industri kreatif, dapat dimulai dari para pebisnis muda yang kini mendahulukan "value" dari produk mereka untuk menarik minat pasar. Dalam praktik nya, produk, logo, pengemasan, hingga media social dipersiapkan sebaik mungkin untuk dapat memenuhi tuntutan pasar. Dalam mencari ide, kondisi pasar dapat dijadikan referensi utama.

Penggunaan media sosial dalam memasarkan industri kreatif juga dapat dijadikan senjata pamungkas. Pasal nya, lebih dari 90% masyarakat Indonesia, khususnya anak muda kini menggunakan media sosial. Bantuan dana atau modal usaha dapat dijadikan pertimbangan dari pihak pemerintah bagi mereka yang dirasa mampu untuk mengembangkan industri ini. Bantuan yang dibutuhkan tentu saja bukan hanya soal materi, bantuan dalam penyediaan lokasi juga sangat dibutuhkan oleh para pebisnis muda yang mungkin saja suatu saat nanti dapat menjadi pelaku utama dalam industri ini, memberikan pelatihan dan penghargaan kepada disainer juga dapat membantu fashion Indonesia berkembang.

    Dari hal yang simpel kita dapat membawa industri fashion Indonesia di kenal banyak orang dan sampai ke nternasional mengunakan dan menghargai produk fashion merupakan salah satu cara terbaik, bukan hanya itu saja para pembisnis fashion juga harus ikut dengan menaati peraturan pemerintah untuk membuat izin usaha memberikan merek dagang kepada produk yang di jual dan memberikan pelayanan dan produk yang terbaik untuk dipasarkan dalam dan luar negeri.

 

Tugas Ujian Akhir Semeter program studi Ilmu Komunikasi 2020

 Ekonomi Kreatif  Kelas E

Dosen: Sherly Hindra Negoro, M.I.Kom.

Wilda Yohana Purba               (200907418)

Prisca Iresti Sili Ina Raya       (200907396)

Via Seza Wira Putri                (200907379)

Evelyn Michelle Liang           (200907370)

Daniel Juniardi Marbun          (200907405)

9 09 09 090  09  09 09 0 0 0 0 0 0 0 0 00 0 00 0 0 0 0 0 0 0  89 89 89 89

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun