Mohon tunggu...
Wildan Dzaky
Wildan Dzaky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Kontruktivisme

29 Oktober 2024   04:01 Diperbarui: 29 Oktober 2024   04:40 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TEORI BELAJAR KOGNITIF, METAKOGNITIF,DAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME

Kognitif adalah tindakan mengenal atau memikirkan situasi di mana perilaku itu terjadi.

Prinsip dasarnya

1. Belajar Aktif

2. Belajar Lewat InteraksiSosial

3. Belajar lewat Pengalaman Sendiri

TEORI BELAJAR COGNITIVE FIELD LEWIN

Kurt Lewin mengembangkan teori belajar medan kognitif (cognitive- field) dengan menaruh perhatian kepada kepribadian dan psikologi sosial. Lewin memandang bahwa setiap individu berada di dalam suatu medan kekuatan yang bersifat psikologis, yang disebut ruang hidup (life space).

TEORI BELAJAR COGNITIVE DEVELOPMENT PIAGET

MenurutPiaget, perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem saraf.

DISCOVERY LEARNING BRUNER

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun