NAMA:WILDAN WIRDUNA DINATANPM:23010400096Mata Kuliah:Pengantar Advertising.
Dosen Pengampu:Jamiati KN, S.I.Kom,M.I.Kom.
Disini saya akan membahas tema”Seni Periklanan Persuasif Yang dapat membuka Rahasia Periklanan yang Efektif.
Periklanan adalah suatu bagian penting dalam strategi bisnis apapun,karena memungkinkan perusahaan menjangkau khalayak yang lebih luas,membangun kesadaran merek,dan pada akhirnya mendorong penjualan.Tapi, tidak semua iklan diciptakan sama.Yang paling efektif ketika menggunakan Teknik Persuasif yang sesuai target audiensnya, meninggalkan kesan mendalam dan memengaruhi keputusan pembelian mereka.
Menggunakan Teknik periklanan yang kurang dikenal Periklanan telah menjadi bagian proses hitung dari kehidupan modern, dengan perusahaan ,menggunakan berbagai cara untuk menarik perhatian audiens.Salah satu aspek penting dari periklanan adalah periklanan persuasive,yang melibatkan penggunaan daya Tarik psikologis dan emosional untuk memengaruhi perilaku konsumen.
Pengertian iklan persuasif.
Periklanan persuasif adalah seni yang membutuhkan pengertian mendalam tentang psikologi dan perilaku manusia. Hal ini melibatkan penyusunan pesan yang sesuai target audiens, memenuhi kebutuhan dan keinginan, dan pada akhirnya meyakinkan mereka untuk mengambilkan Tindakan.
Beberapa prinsip utama:
1. Mengenali audiens:
Memahami target audiens sangat penting dalam menciptakan iklan persuasif yang bagus. Hal tersebut termasuk dalam mengidentifikasi demografi(ilmu yang mempelajari keadaan suatu penduduk),minat, kebutuhan, dan titik kesulitan mereka.
2. Menciptakan Hubungan Emosional:
Emosi memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan.Iklan persuasif seringkali menggunakan daya Tarik emosional untuk menciptakan hubungan dengan penonton. Hal ini dapat dicapai melalui pengisahan cerita, perumpamaan, music, dan kreatif lainnya yang dapat membangkitkan emosional.
3. Nilai jual uni atau Sorot Unique Selling Point(USP):Setiap produk memiliki nilai jual unik yang membedakannya dari pesaing. Iklan persuasif menonjolkan USP ini untuk membedakan merek dan menciptakan kesan ekslusivitas.