Pandemi COVID-19 membuat semua aspek kehidupan terguncang baik pendidikan, sosial, pariwisata, kesehatan maupun ekonomi. Masyarakat mau tak mau harus memutar otak lebih keras agar bisa bertahan selama pandemi berlangsung.Â
Sejak munculnya pandemi Covid-19, bisnis ekonomi diberbagai sektor mengalami penurunan yang cukup drastis dan mendapat pukulan hebat. Pendapatan berkurang drastis mengingat daya beli atau kurangnya permintaan yang menurun.
Kondisi serupa dialami juga oleh Muhammad Aliyul Adhim atau biasa disapa dengan Adhim. Pria berusia 23 tahun asal Lampung ini menekuni bisnis di bidang kreatif berupa desain grafis. Bisnis yang ia rintis sejak September 2019 ini diberi nama @temanwisuda.id.
Bidang desain grafis yang ditekuni oleh Adhim ini mulai dari vector art, line art, foto ucapan dan lain sebagainya, yang kemudian ia pasarkan melalui media sosal  Instagram dengan nama akun @temanwisuda.id. Biaya atau price list yang ditawarkan oleh Adhim sendiri cukup bervariasi mulai dari 65.000 sampai 80.000 per face untuk desain vector.
Pria yang saat ini sedang menempuh pendidikan S2 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini mengatakan bahwa ketika awal pandemi covid-19 ini datang, orderan atau pesanan berkurang drastis, bahkan hampir dalam satu minggu tidak ada yang pesan. Padahal sebelum ada covid-19 ini biasanya banyak orderan dan pesanan, salah satu penyebabnya yaitu banyak bermunculan akun-akun freelance baru yang hampir sama dengan miliknya.
"Awal-awal pandemi memang sempat mengalami penurunan pendapatan yang cukup drastis, dalam seminggu kadang hampir ga ada yang pesan sama sekali. Menurut saya salah satu penyebabnya ya karena persaingan online yang makin ketat, banyak bermunculan freelancer baru yang menggeluti dunia desain grafis seperti saya". jelas Adhim
Tak ingin terus-terusan mengalami penuruanan, Adhim putar otak dan melakukan inovasi baru untuk memasarkan produknya. Mulai dari pemasangan iklan, memberikan diskon, sampai penambahan produk atau layanan.
"Saya melakukan putar otak dengan melakukan inovasi baru, mulai dari pemasangan iklan lebih banyak, melakukan testimoni. Sementara untuk penambahan produk, ada tambahan pembuatan kartu ucapan dan edit foto dan video" ungkapnya.
Adhim menyadari, untuk memajukkan usahanya ini ia perlu mengambil resiko. Terbukti dengan resiko yang ia ambil, sedikit demi sedikit mulai banyak pesanan atau orderan lagi dan tentunya berdampak pada omzet yang ia peroleh tiap bulannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H