Sebagai salah satu praktisi langsung, saya dan sang Ayah benar-benar merasakan perubahan signifikan dari prilaku konsumen kami tahun ke tahun.
Perbandingan langsung sering kami dengar menusuk kedalam telinga, tentang lebih enaknya membeli product baru. Lebih enaknya membeli spart part baru lalu diganti sendiri di rumah. Yah, itulah ucapan para konsumen saat ditawarkan pada mereka jasa service kami.
Liciknya lagi, ketika kami datang sebagai layanan service panggilan, kemudian kami memberitahukan jika kerusakan ada dibagian ini itu, lantas dia tidak jadi.
Curiga kami, setelah memberitahukan kerusakannya apa, lantas dia membeli spare part yang langsung online kemudian menggantinya sendiri. Walaupun tidak semuanya demikian.
Memang benar. Perubahan jaman membuat kita tidak boleh diam dengan keadaan begitu saja. Kita harus cepat-cepat beradaptasi dengan jaman, Melihat ancaman sebagai peluang. Meskipun kita harus melawati jalan baru yang begitu tidak kami kuasai.
Senasib dengan kami, banyak sekali orang-orang yang terkena dampak akan perubahan era ini. Era offline menjadi era online.
Yah, sebut saja paman saya langsung. Yang mana dia kerapkali menawarkan jasa cetak Foto, yang saat ini kalah juga dengan jasa cetak foto online.
Bila kita melihat ke data product apa saja yang sering di service konsumen 3 tahun terakhir, tercatat sudah jika ada penurunan konsumen yang service kipas angin, Blender, mixer, setrika, DVD dan product-product kecil lainnya. Kami tahu penyebabnya apa. Ongkos service dan membeli product baru memiliki selisih yang sangat sedikit.
Menurut pengalaman babeh, yang service blender sangatlah banyak, terlebih proses penggantian gigi blender yang digunakan. Namun saat ini nyaris tidak ada yang service blender. toh, product barunya saja sudah ada yang kisaran 100ribuan.
Yah, jaman dulu blender ini masih termasuk product mewah dengan harga yang tinggi dan hanya brand-brand tertentu yang tersedia dipasaran, seperti Philips dan cosmos. Dimana product baru blender Philips saat ini berada dikisaran 500 sampai 1 jutaan. yang membuat service menjadi plihan yang cukup worth it.Â
LANTAS SEPERTI APA NASIB TUKANG SERVICE ?