Laporan Kegiatan Lomba Olimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) di ICE BSD serpong Tangerang bersama Indocomtech. Kegiatan lomba OTN 2024 dibuka oleh ketua ikatan guru TIK PGRI/KOGTIK, bapak Bambang Susetiyanto, S.Kom.
I. Pendahuluan
Lomba Olimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) merupakan ajang kompetisi tahunan yang diadakan untuk menumbuhkan minat dan bakat siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.Â
Kegiatan ini diadakan di ICE BSD, Serpong, Tangerang, pada tanggal 31 Oktober hingga 3 November 2024.Â
Acara ini disponsori oleh Epson Indonesia, dan sponsor lainnya yang berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan dan teknologi di Indonesia.
II. Tujuan Kegiatan
1. Meningkatkan minat siswa terhadap bidang TIK dan informatika.
2. Mendorong siswa untuk berinovasi dan berkreasi di bidang teknologi.
3. Menjalin kerjasama antara institusi pendidikan, pemerintah, dan perusahaan teknologi.
4. Memperkenalkan produk dan teknologi terbaru dari Epson Indonesia kepada peserta.
III. Pelaksanaan Kegiatan
A. Waktu dan Tempat
- Tanggal: 31 Oktober sampai 3 Novembwr 2024
- Tempat:ICE BSD, Serpong, Tangerang hall 8
B. Peserta Kegiatan
Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 1000 siswa dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia, yang telah melalui seleksi di tingkat daerah.
C. Rangkaian Acara
1. Pembukaan
  - Sambutan dari panitia
  - Sambutan dari perwakilan Epson Indonesia
2. Lomba
  - Terdapat beberapa kategori lomba, seperti:
   - Pemrograman
   - Desain Grafis
   - Web Development
  - Setiap kategori diikuti oleh tim yang terdiri dari anggota pwrorangan dan tim lomba otn 2024.
Ada 11 lomba yang dipertandingkan yaitu:
1. Menulis di blog
2. Mengetik cepat
3. Menggambar digital
4. Membuat presentasi dengan canva
5. Membuat desain web
6. Fotografi
7. Lomba cerdas cermat informatika
8. Membuat film pendek
9. Membuat game
10.Robotik
11. E-Sport
3. Workshop dan Seminar
  - Diadakan seminar tentang tren terbaru dalam teknologi informasi.
  - Workshop mengenai penggunaan produk Epson dalam pendidikan. Juga workshop kecerdasan buatan atau AI.
4. Pengumuman Pemenang dan Penutupan
  - Pengumuman juara dari masing-masing kategori.
  - Penyerahan hadiah dan sertifikat kepada pemenang.
Juara umum OTN 2004 diraih oleh SD Al Alaq untk jenjang SD, SMP Labschool Jakarta untuk jenjang SMP, dan SMK Telkom Jakarta untuk jenjang SMA/SMK.
IV. Kerjasama dengan Sponsor
Epson Indonesia berperan penting dalam kesuksesan acara ini dengan menyediakan:
- Peralatan dan teknologi terkini yang digunakan dalam lomba.
- Materi untuk workshop dan seminar.
- Hadiah untuk pemenang.
V. Evaluasi Kegiatan
Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan positif dari peserta dan pengunjung.Â
Beberapa hal yang dicatat dalam evaluasi adalah:
- Kualitas lomba yang meningkat dari tahun sebelumnya.
- Partisipasi peserta yang sangat antusias.
- Feedback positif mengenai workshop dan seminar yang diadakan.
VI. Kesimpulan
Kegiatan Lomba Olimpiade TIK dan Informatika Nasional (OTN) di ICE BSD, Serpong, Tangerang, berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan minat dan bakat siswa di bidang TIK. Kerjasama dengan Epson Indonesia dan sponsor lainnya sangat membantu dalam penyelenggaraan acara ini. Diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Terima kasih kepada panitia indocomtech yang sudah menyiapkan tempat dan fasilitasnya untuk kegiatan OTN 2024.
VII. Dokumentasi
https://photos.app.goo.gl/CEDU2QMNSH8zvwTc8
Bisa diunduh di link di atas.
Demikian laporan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini.
Salam blogger persahabatan
Omjay/Kakek Jay
Guru Blogger Indonesia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H