Yth bapak dan ibu guru di seluruh Indonesia.
Saya Omjay telah melakukan praktik baik dalam bentuk video di youtube, dan telah membuat naskah praktik baik dalam rangka meningkatkan hasil belajar informatika melalui quizizz di SMP Labschool Jakarta.
Bapak ibu yang budiman. Silahkan memberikan masukan dan saran di aplikasi PMM yang menjadi bukti karya saya.
Berikut ini link di bawah ini.
https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/853496
https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/679440
Semoga bermanfaat ya!
----------+++++------+++++
Praktik Baik GTK Inovatif 2024: Meningkatkan Hasil Belajar Informatika Melalui Quizizz di SMP Labschool Jakarta
Pendahuluan
Inovasi dalam pengajaran sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang kompleks seperti informatika. SMP Labschool Jakarta telah menerapkan praktik baik dengan memanfaatkan platform Quizizz sebagai alat bantu pembelajaran.Â
Artikel kisah Omjay ini akan membahas bagaimana penggunaan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran informatika.
Latar Belakang masalah
SMP Labschool Jakarta memiliki visi untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan alat digital dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan.Â
Quizizz, sebagai alat evaluasi berbasis game, menawarkan metode yang menarik dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu dapat memudahkan guru dalam melakukan penilaian.
Implementasi Quizizz dalam Pembelajaran Informatika.
1. Pengintegrasian Quizizz dalam Kurikulum
Penggunaan Quizizz diintegrasikan ke dalam kurikulum informatika, di mana guru merancang kuis yang sesuai dengan materi yang diajarkan.Â
Misalnya, setelah penyampaian materi tentang pemrograman dasar, siswa diberikan kuis di Quizizz untuk menguji pemahaman mereka.
2. Desain Kuis yang Menarik
Guru menciptakan kuis yang tidak hanya menantang tetapi juga menyenangkan. Penggunaan gambar, video, dan berbagai jenis pertanyaan seperti pilihan ganda dan isian singkat membuat siswa lebih terlibat. Desain yang menarik ini mampu menarik perhatian siswa dan meningkatkan antusiasme mereka dalam belajar.
3. Umpan Balik Instan
Salah satu keunggulan Quizizz adalah memberikan umpan balik instan. Setelah menyelesaikan kuis, siswa langsung mengetahui hasilnya dan dapat melihat area yang perlu mereka perbaiki. Umpan balik yang cepat ini membantu siswa untuk belajar dari kesalahan mereka secara langsung.Â
4. Kompetisi Sehat
Quizizz memungkinkan siswa untuk berkompetisi satu sama lain dalam suasana yang positif. Dengan peringkat dan poin, siswa merasa termotivasi untuk belajar lebih giat. Kompetisi ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mereka.
Hasil dan Evaluasi
Setelah implementasi Quizizz selama satu semester, dilakukan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam nilai ujian akhir mata pelajaran informatika. Selain itu, survei terhadap siswa menunjukkan bahwa mereka merasa lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar informatika.
Penutup dan kesimpulan
Penggunaan Quizizz di SMP Labschool Jakarta telah terbukti sebagai praktik baik yang inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di bidang informatika.Â
Dengan metode yang interaktif, umpan balik instan, dan suasana kompetisi yang sehat, siswa tidak hanya belajar tetapi juga menikmati proses belajar itu sendiri. Ke depannya, diharapkan lebih banyak sekolah yang dapat mengadopsi metode ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Rekomendasi Praktik BaikÂ
Adapun rekomendasi yang dapat Omjay berikat adalah:
1. Pelatihan untuk Guru:Â
Diperlukan pelatihan bagi guru agar dapat lebih maksimal dalam menggunakan Quizizz. Perbanyak pelatihan guru baik luring maupun daring agar semakin banyak guru yang dapat mengimplementasikan pembelajaran melalui Quizizz.
2. Pengembangan Konten:Â
Guru disarankan untuk terus mengembangkan konten kuis yang relevan dan menarik. Lakukan secara simultan dan terus menerus agar hasilnya semakin baik.
3. Kolaborasi dengan Siswa:Â
Melibatkan siswa dalam pembuatan kuis untuk meningkatkan rasa kepemilikan mereka terhadap pembelajaran. Keterlibatan siswa sangat diperlukan agar konten yang diberikan menarik hati siswa dan menyenangkan.
Dengan menerapkan praktik baik ini, diharapkan pendidikan informatika di SMP Labschool Jakarta dapat semakin berkembang dan menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga kreatif dan inovatif.
Salam blogger persahabatan
Omjay/Kakek Jay
Guru blogger Indonesia
Blog https://wijayalabs.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H