Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inilah Soal-Soal Informatika untuk Siswa SMP Kelas 8!

19 Februari 2024   19:15 Diperbarui: 19 Februari 2024   19:18 4165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Soal Informatka unuk siswa kelas 8 SMP!

Kisah Omjay kali ini tentang soal-soal latihan informatika untuk siswa kelas 8 SMP di seluruh Indonesia. Soal ini Omjay buat sendiri dan bukan copy paste atau menyalin dari internet. Semoga bermanfaat buat pembaca soal informatika.

Selamat belajar informatika!

Pilihlah salah satu jawaban yang benar di bawah ini! 

Munculnya kecanggihan teknologi yang diprediksi akan menggeser peran manusia akan dimulai pada tahun.....

A. 2019

B. 2020

C. 2030

D. 2018

JAWABAN: B

2. Kemampuan yang harus dimiliki sumber daya manusia pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah...

A. Pendidikan

B. Sosial Media

C. Komunikasi

D. Keterampilan

JAWABAN: D

3. Berikut ini merupakan skill yang harus dimiliki sesuai dengan word economic forum, kecuali....

A. Complex Problem Solving

B. Critical Thinking

C. Integrative

D. Creativity

JAWABAN: C

4. Keterampilan untuk melakukan riset, menjalankan bisnis dan membuat program disebut...

A. Complex problem solving

B. Critikal Thingking

C. Integrative

D. Creativity

JAWABAN: A

5. Seseorang yang dapat melihat akar permasalahan disebut sebagai orang yang memiliki keterampilan....

A. Complex Problem Solving

B. Critical Thinking

C. Integrative

D. Creativity

JAWABAN: B

6. Berikut ini merupakan faktor yang harus dimiliki agar dapat berpikir sistem, kecuali...

A. Menghargai cara pandang yang berbeda

B. Mampu melihat pada komponen yang saling ketergantungan (interdependencies)

C. Dapat memperkirakan sesuatu permasalahan pada setiap komponen

D. Fokus pada komponen di luar sistem

JAWABAN: D

7. Berikut ini merupakan bentuk representatif perilaku seseorang yang telah berpikir sistem, kecuali....

A. Time series data

B. Refernce Mode Diagram

C. Structural Diagram

D. Link

JAWABAN: D

8. Perilaku yang dapat menggambarkan komponen kunci yang saling berhubungan pada jangka waktu tertentu adalah.....

A. Times Series Data

B. Reference Mode Diagram

C. Structural Diagram

D. Link

JAWABAN: A

9. Kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah yang kompleks disebut....

A. Computational Thinking

B. Time Series Data

C. Reference Mode Diagram

D. Structural Diagram

JAWABAN: A

10. Tahapan seseorang yang memiliki kemampuan berpikir komputasi dengan mengembangkan solusi langkah demi langkah (step -by-step) terhadap permasalahan yang dihadapi, atau peraturan yang harus diikuti untuk memecahkan masalah adalah...

A. Decomposition

B. Algorthm

C. Abstraction

D. Pattern Recognition

JAWABAN: B

11. Tahun 2020 meruapakan tahun era digital keempat yang disebut juga dengan...

A. Computational Thinking

B. Revolusi Industri 4.0

C. System Thinking

D. Teknologi modern

JAWABAN: B

12. Berikut merupakan notasi dalam penulisan algoritma, kecuali.....

A. Pseudocode

B. Flowchart

C. Decomposition

D. Kalimat Deskriptif

JAWABAN: C

13. Bagan yang menggambarkan urutan intruksi untuk proses dengan komputer dan hubungan setiap proses dengan proses lainnyadinotasikan dengan simbol disebut....

A. Kalimat Deskriptif

B. Computational Thinking

C. Pseudocode

D. Flowchart

JAWABAN: D

14. Berikut ini merupakan struktur dasar algoritma, kecuali....

A. Repetition

B. Psedocode

C. Selection

D. Sequence

JAWABAN: B

15. Dalam penulisan psedocode terdiri dari tiga bagian, kecuali...

A. Isi Algoritma

B. Deklarasi

C. Deskripsi

D. Judul Algoritma

JAWABAN: C

16. Notasi algoritma terstruktur yang hampir sama dengan bahasa pemrograman disebut....

A. Flowchart

B. Psedocote

C. Kalimat deskriptif

D. Judul algoritma

JAWABAN: B

17. Notasi algoritma yang terdiri atas simbol-simbol yang menggambarkan urutan dalam memecahkan suatu masalah disebut....

A. Flowchart

B. Psedocote

C. Kalimat deskriptif

D. Judul algoritma

JAWABAN : A

18. Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah yang kompleks (complex problem solving), kecuali...

A. Melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi

B. Menentukan elemen utama masalah

C. Mengidentifikasi masalah

D. Menganalisis masalah

JAWABAN: D

19. Proses memecahkan data, proses atau masalah kompleks menjadi sub masalah yang lebih kecil dan mudah dikelola disebut....

A. Decomposition

B. Pattern recognition

C. Algorithm

D. Computational thinking

JAWABAN: A

20. Berikut ini merupakan karakteristik dari computational thinking, kecuali...

A. Mampu menganalisis data

B. Mampu melakukan otomatisasi solusi melalui cara berpikir algoritma

C. Mampu mengidentifikasi masalah

D. Mampu memberikan pemecahan masalah menggunakan komputer

JAWABAN: D

21. Hal materi yang meliputi dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pengenalan pola. Materi ini mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien, dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif, dan mandiri disebut:

A. Berpikir Komputasional (BK)

B. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

C. Sistem Komputer (SK)

D. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Jawaban: A

22Hal materi yang akan menjadi perkakas (tools) dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu saat peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan informatika disebut:

  • Berpikir Komputasional (BK)
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  • Sistem Komputer (SK)
  • Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Jawaban: B

23. Hal materi pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet disebut:

  • Berpikir Komputasional (BK)
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  • Sistem Komputer (SK)
  • Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Jawaban: C

24. Hal materi yang memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet disebut

  • Berpikir Komputasional (BK)
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  • Sistem Komputer (SK)
  • Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Jawaban: D

25. Hal materi yang mencakup kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai format, menginterpretasi, serta mengambil kesimpulan dan keputusan berdasarkan penalaran disebut:

A. Analisis Data (AD)

B. Algoritma dan Pemrograman (AP)

C. Dampak Sosial Informatika (DSI)

D. Praktik Lintas Bidang (PLB)

Jawaban: A

26. Hal materi yang mencakup perumusan dan penulisan langkah penyelesaian solusi secara runtut, dan penerjemahan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer) disebut:

  • Analisis Data (AD)
  • Algoritma dan Pemrograman (AP)
  • Dampak Sosial Informatika (DSI)
  • Praktik Lintas Bidang (PLB)

Jawaban: B

27. Hal materi yang mencakup penumbuhan kesadaran peserta didik akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital disebut:

  • Analisis Data (AD)
  • Algoritma dan Pemrograman (AP)
  • Dampak Sosial Informatika (DSI)
  • Praktik Lintas Bidang (PLB)

Jawaban: C

28. Hal materi yang mencakup aktivitas-aktivitas yang melatih peserta didik bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif, dengan mengintegrasikan semua pengetahuan informatika dan menerapkan proses rekayasa (engineering) atau pengembangan artefak komputasional (perancangan, implementasi, pelacakan kesalahan, pengujian, penyempurnaan), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karya disebut:

  • Analisis Data (AD)
  • Algoritma dan Pemrograman (AP)
  • Dampak Sosial Informatika (DSI)
  • Praktik Lintas Bidang (PLB)

Jawaban: D

29. Seringkali, orang berpikir bahwa mengajar Informatika harus menggunakan komputer. Ini tidak benar! Sama halnya dengan disiplin ilmu lainnya, konsep dari suatu disiplin ilmu harus dapat diajarkan tanpa alat apa pun menggunakan komputer. Konsep informatika juga dapat dipelajari melalui aktivitas tanpa komputer. Aktivitas yang tidak membutuhkan komputer disebut:

A. plugged

B. unplugged

C. played

D. unlimited

Jawaban: B

30. Sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau dunia digital yang diciptakan manusia). Ilmu ini juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu ini tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan. Disiplin ilmu ini disebut:

  • Informatika
  • Matematika
  • IPA
  • Bahasa

Jawaban: A

31. Bentuk usaha manusia untuk menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut ......

  • Hacking
  • Phising
  • Carding
  • Sabotase

Jawaban: A

32. Merupakan muatan ilegal yang berupa data atau informasi yang tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ......

  • Unauthorized access
  • Sabotase
  • Illegal contents
  • Defacing

Jawaban: D

33. Perkembangan TIK pada mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat .....

  • Searah
  • Sejarah
  • Sependapat
  • Sepakat

Jawaban: A

34. Tindakan kriminal yang memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan kejahatan dunia maya adalah .....

  • Cyber crime
  • Phising
  • Illegal Contents
  • Spamming

Jawaban: A

35. Aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ....

  • Phising
  • Spamming
  • Carding
  • Defacing

Jawaban: B

36. Merupakan kegiatan mengubah tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya dinamakan .....

  • Phising
  • Spamming
  • Carding
  • Defacing

Jawaban: D

37. Istilah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi dinamakan .....

  • Phising
  • Spamming
  • Carding
  • Defacing

Jawaban: C

38. Istilah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ......

  • Phising
  • Spamming
  • Carding
  • Defacing

Jawaban: A

39. Perkembangan TIK menjadikan pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar. Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang ......

  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Sosial
  • Politik

Jawaban: A

40. Berikut ini merupakan salah satu kejahatan dunia maya adalah .....

  • Quick Count
  • Cyber Squatting
  • Online
  • E-Learning

Jawaban: B

41. Salah satu manfaat copyright adalah .......

  • Menjamin hak si pembuat benda
  • Menjamin kewajiban si pembuat benda
  • Memberikan sanksi kepada si pembuat benda
  • Memberikan kode etik pembuatan benda

Jawaban: A

42. Software atau perangkat lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ....

  • Clouse source
  • Clouse mind
  • Open source
  • Pasca bayar

Jawaban: C

43. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bidang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan dari penggunaan mesin ATM ini adalah ......

  • Hanya dapat digunakan pada waktu tertentu
  • Bisa digunakan untuk mengetahui informasi sehari-hari
  • Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.
  • Digunakan untuk memasukkan KTP ke dalam mesin.

Jawaban: C

44. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari .....

  • Media online
  • Media internet
  • Media komunikasi
  • Media Sosial

Jawaban: D

45. Di bawah ini yang bukan bentuk media sosial adalah ......

  • Blog
  • My Space
  • Linkedin
  • Java

Jawaban: D

46. Website mengijinkan usernya untuk mengubah, menambah, ataupun me remove konten-konten yang ada di website. Website yang dimaksud adalah .....

  • You tube
  • Wikipedia
  • My Space
  • Linkedin

Jawaban: B

47. Para user dari pengguna website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ....

  • Youtube
  • Wikipedia
  • Linkedin
  • My Space

Jawaban: A

48. Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah .....

  • Surat kabar
  • Youtube
  • Email
  • PT POS

Jawaban: C

49. Berikut ini yang bukan cara pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ....

  • A. Memperbanyak teman
  • B. Membuat konten yang unik
  • C. Menentukan sasaran pasar
  • D. Memasang iklan

Jawaban: C

50. Berikut ini yang bukan manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online .....

  • A. Lebih dikenal oleh banyak orang
  • B. Dapat membangun trending topik
  • C. Untuk membangun sebuah relasi bisnis
  • D. Sebagai sarana edukasi dan informasi

Jawaban: B

 

SOAL INI BISA DIGUNAKAN UNTUK LATIHAN BELAJAR INFORMATIKA!

Selamat belajar informatika di kelas 8 SMP. Semoga bermanfaat untuk pembaca kompasiana tercinta.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
  19. 19
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun