Apa Sih Enaknya Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Bagi Guru? Apakah Anda Sudah Memanfaatkan di kelas? Begitulah tiba-tiba pertanyaan tersebut muncul di benak Omjay.
Omjay sudah merasakan enaknya menggunakan aplikasi PMM ini. Omjay menjadi banyak belajar hal baru dari video yang diberikan oleh kemdikbudristek. Bapak ibunya ganteng dan cantik serta menarik. Suaranya enak di dengar di telinga. Mirip artis dan aktor papan atas nasional.
Omjay berusaha belajar secara mandiri dengan pelatihan mandiri melalui aplikasi PMM. Salam dan bahagia bapak ibu guru. Semoga anda mau duduk sejenak menikmati video-video yang ada di aplikasi PMM. Semoga anda tercerahkan setelah menonton videonya.
Contoh Tema Projek SLB
Modul ini mendeskripsikan dan menjelaskan ragam tema projek yang sudah disiapkan oleh pemerintah dalam projek penguatan profil pelajar pancasila dari jenjang SD - SMA/K. Bagaimanakah peran tema ini dalam menguatkan profil pelajar pancasila? Modul ini juga berisi contoh-contoh topik yang dapat dieksplorasi sesuai dengan temanya.
Daftar Materi:
- Tentang tema projek
- Pembahasan Tema-Tema Projek
- Peran Tema Projek
- Langkah Penyelesaian Modul
- Belajar materi
- Refleksi pembelajaran
Post Test
Itu baru satu modul saja, dan masih banyak modul lainnya yang sangat mencerahkan kita kalau kita mau belajar dengan pelatihan mandiri melalui aplikasi PMM. Kita harus mulai mencobanya dan berusaha untuk belajar menyukainya. Itulah yang Omjay lakukan.
Ada beberapa tema yang ditawarkan dalam Pembahasan Tema-Tema Projek, yaitu:
- Gaya hidup Berkelanjutan (SD-SMA/K)
- Kearifan lokal (SD-SMA/K)
- Bhinneka Tunggal Ika (SD-SMA/K)
- Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP-SMA/K)
- Suara Demokrasi (SMP-SMA/K)
- Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI (SD-SMA/SMK)
- Kewirausahaan (SD-SMA/SMK)
Semuanya itu akan diakhiri dengan Latihan Pemahaman. MODUL dengan Tema Projek SLB ini dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Lestia Primayanti, Pia Adiprima Marda Haninggarjati.
Anda bisa mencoba aplikasi PMM dengan mengakses link di bawah ini:
https://guru.kemdikbud.go.id/home
Berikut contoh video Pertanyaan Terbuka, dan Membuka Wawasan.
Yuk kita lihat pengalaman Ibu Diah Marhaini Utami dalam menerapkan pertanyaan terbuka di PAUD Bintang Bangsaku! Pada video ini, Ibu dan Bapak dapat menyaksikan bagaimana pemberian pertanyaan terbuka dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi murid.
Â
Awalnya Omjay tidak begitu suka dengan aplikasi PMM ini. Pertama bikin waktu guru habis di depan komputer. Kedua kita dipaksana untuk belajara secara mandiri. Namun, lama kelamaan, Omjay jadi ketagihan juga dengan video inspiratifnya. Omjay menjadi suka dengan videonya dan ilmu pengetahuan omjay tentang praktik baik menjadi bertambah.
https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=87&video=b1ALm6dS7_U
Sebagai seorang trainer, blogger, dan youtuber serta fotografer dan father, Omjay berusaha untuk menguliti isi aplikasi PMM yang kata Ibu ProF. Dr. Nunuk Suryani, Dirjen GTK Kemdikbudristek masih banyak belum dimanfaatkan oleh guru.
Tentu saja, sebagai seorang guru, Omjay tertantang untuk aktif dan membuka aplikasi PMM. Kami belajar bersama di sekolah dalam melaksanakan aksi nyata. Ide praktik pembelajaran kami dapat dari Kumpulan video singkat praktik pembelajaran aktif di kelas.
Misalnya tentang pembelajaran berdiferensiasi atau Pembelajaran Terdiferensiasi Melalui Gambar
Seorang pendidik tentu harus menyadari bahwa peserta didik yang datang ke sekolah memiliki karakteristik kebutuhan belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik melalui pembelajaran terdiferensiasi. Video ini menampilkan contoh penerapan ragam aktivitas dalam pembelajaran terdiferensiasi melalui gambar, sehingga peserta didik dapat mendapatkan pemahaman yang lebih optimal.
Dari video di atas, kita bisa banyak belajar pembelajaran terdiferensiasi melalui gambar. Bapak ibu bisa membuka link di bawah ini:
https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=87&video=WaF2CKEqI5k
Ada kalanya kita melihat peserta didik kurang bersemangat atau mengantuk. Bagaimana caranya agar kita bisa menarik perhatian mereka? Kita bisa mengatasinya dengan strategi pembelajaran terdifensiasi melalui gambar. Itulah ilmu baru yang Omjay dapatkan dari aplikasi PMM. Ternyata menonton video di aplikasi PMM bukanlah pekerjaan yang sia-sia.
Demikianlah kisah Omjay kali ini dalam belajar aplikasi PMM, semoga bermanfaat buat anda yang ingin menggali lebih dalam tentang aplikasi ini. Yuk kita melakukan aksi nyata dan bukti karya melalui aplikasi PMM yang sudah dibuat oleh kemdikbudristek.
Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H