Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Revisi Elemen Mata Pelajaran Informatika dalam Kurikulum Merdeka

23 Juni 2023   05:33 Diperbarui: 23 Juni 2023   05:43 3909
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Alhamdulillah selama beberapa hari ini Omjay diundang untuk ikut FGD dan penyusunan buku informatika dari jenjang SD SMP SMA SMK di hotel Veranda jakarta selatan. Siberkreasi dan tim penyusun buku informatika dari PGRI bekerjasama untuk merevisi buku informatika yang telah diterbitkan penerbit andi Yogyakarta.

Hari Kamis kemarin (22 Juni 20023) ada pak Leli alhapip memberikan materi. Beliau dari BRIN. Badan Riset Indonesia. Beliau menyampaikan beberapa revisi elemen mata pelajaran Informatika dalam kurikulum merdeka.

"Nilai nilai Toleransi dalam Kurikulum Literasi Digital" yang disampaikan pak Leli Alhapip, S.Pd., M.Eng bagus sekali. Toleransi adalah sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan dalam kehidupan sosial.

Sementara itu, Literasi Digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari- hari. 

Berikut ini adalah sejarah mata pelajaran informatika dalam kurikulum merdeka.

Ada 8 elemen informatika dalam kurikulum merdeka, yaitu:

1. Berpikir Komputational (BK)

2. Algoritma dan Pemrograman (AP)

3. Analisis Data (AD)

4. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

5. Dampak Sosial Informatika (DSI)

6. Praktik Lintas Bidang (PLB)

7. Sistem Komputer (SK)

8. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Hasil Evaluasi Mata Pelajaran Informatika adalah :

1. Terdapat sekolah-sekolah yang tidak memiliki guru Informatika. 

2. Terdapat sekolah-sekolah yang tidak memiliki fasilitas komputer dan/atau internet. 

3. Kurang menekankan Literasi Digital

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Capaian pembelajaran yang ada: 

1. Struktur elemen terlalu rumit dan banyak 

2. Rumusan capaian belum inklusif, masih secara eksplisit memerlukan komputer dan/atau internet  

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Tujuan Mata Pelajaran Informatika Mata pelajaran Informatika bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menjadi "well-being and wise digital citizen" dan "computationally literate creators" yang menguasai konsep dan praktik Informatika. 

1. terampil berpikir komputasional untuk menciptakan solusi penyelesaian persoalan secara logis, sistematis, kritis, analitis, dan kreatif; 

2. cakap dan bijak sebagai individu yang menjadi warga negara sekaligus menjadi warga masyarakat digital yang produktif, beretika, berbudaya, aman, nyaman, dan seimbang; 

3. berkarakter baik dalam berkomunikasi, berkreasi, berkolaborasi, dan berinteraksi pada masyarakat digital, serta peduli terhadap dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat; 

4. terampil berkarya dengan menghasilkan gagasan solusi dalam bentuk rancangan atau implementasinya yang berlandaskan informatika dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses rekayasa, serta mengintegrasikan pengetahuan bidang-bidang lain yang membentuk solusi sistemik.

Berpikir komputasional adalah Keterampilan problem solving yang berjenjang melalui pemodelan, simulasi untuk menghasilkan solusi efektif, efisien, dan optimal yang dapat dijalankan oleh manusia atau mesin meliputi penalaran logis, kritis, dan kreatif berdasarkan data, baik secara mandiri maupun berkolaborasi. 

Literasi Digital adalah Kecakapan bermedia digital, berperilaku etis dan berbudaya di ruang digital, kemampuan menjaga keamanan diri dan lingkungan, serta kenyamanan dan keseimbangan hidup di dunia nyata sekaligus dunia maya. 

Analisis Data adalah Kemampuan untuk menstrukturkan, menginput, memproses (antara lain menganalisis, mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan memprediksi) dan menyajikan data dalam berbagai bentuk representasi seperti teks, audio, gambar dan video. 

Algoritma dan Pemrograman adalah Mengembangkan solusi dari berbagai persoalan dengan membaca bermakna dan menulis teks algoritmik terstruktur (logis, sistematis, bertahap, konvergen, dan linier) menjadi kumpulan instruksi yang dapat dikerjakan orang lain, atau oleh komputer, berdasarkan paradigma pemrograman prosedural dengan ukuran dan kompleksitas program yang menaik secara bertahap dan berjenjang, dapat dikerjakan secara mandiri atau berkolaborasi dengan yang lain.

Learning Progression (Literasi Digital) 

Pada Fase A adalah mengidentifikasi perangkat teknologi digital sehari-hari dan memahami praktik baik konsep penggunaannya dalam beraktivitas, menerapkan etika penggunaan perangkat teknologi digital, mengenal dasar digital well-being, serta memperhatikan secara terbimbing aspek kewaspadaan dan keamanan di ruang digital.  

Pada Fase B adalah mengidentifikasi lebih banyak perangkat teknologi digital sehari-hari termasuk perangkat sistem komputer dan memahami praktik baik konsep pemanfaatannya dalam beraktivitas, menerapkan tata krama mengirimkan pesan digital, dan menerapkan dasar digital well-being, memahami dampak kehadiran teknologi digital, serta menerapkan secara terbimbing aspek dasar keamanan dan keselamatan di ruang digital. 

Pada Fase C adalah memahami konsep dan pemanfaatan fitur sederhana perkakas teknologi digital untuk mengolah teks, data, gambar, suara dan video, menyebutkan lebih banyak perangkat sistem komputer, mengenali jaringan komputer lokal dan internet, menerapkan etika berkomunikasi dan berdiskusi di ruang digital, mengenal contoh budaya Pancasila di ruang digital, menerapkan secara mandiri aspek dasar keamanan dan keselamatan di ruang digital, perlindungan akses terhadap perangkat teknologi digital, memahami dampak kecanduan digital 

Pada Fase D adalah memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet, mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital, membedakan fakta dan opini, memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data, mampu mendeskripsikan komponen, fungsi dan cara kerja komputer, memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengetahui jenis ruang publik virtual, memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten; peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di ruang digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, memahami kesadaran penuh (mindfulness) di ruang digital 

Pada Fase E adalah memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih banyak, mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan, menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai informasi digital, memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data, mampu memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten, partisipasi dan kolaborasi; peserta didik menghargai hak atas kekayaan intelektual, memahami penerapan digitalisasi budaya Indonesia, menyaring konten negatif di ruang digital, menerapkan pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi dan menerapkan autentikasi dua langkah secara sederhana, menerapkan konfigurasi privasi dan keamanan pada akun platform digital. 

Pada Fase F adalah memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset, mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar dan video, menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi informasi digital yang kompleks, mampu merancang kebutuhan sistem komputer sesuai kebutuhan pengguna, memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan lanjut untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengkreasi konten digital dengan peralatan dan metode yang bervariasi; peserta didik mampu memahami hukum dan perundangan terkait isu digital di Indonesia, memahami pemanfaatan teknologi digital dalam demokrasi, pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi dan menerapkan autentikasi dua langkah dengan beragam moda, memahami pemanfaatan platform lokapasar, perbankan digital, dompet digital beserta aspek keamanannya.

Untuk materi dan dokumentasi selama kegiatan FGD bisa klik https://s.id/fgdkurikulum2

Materi serta dokumentasi akan terus di update oleh panitia dokumentasi dari siberkreasi https://drive.google.com/drive/folders/1YlL9CxZ3GIvlsLuJLo5hbmZyfH9kS16m?usp=drive_link

Demikianlah sedikit kisah Omjay hari ini. Semoga bermanfaat buat pembaca Kompasiana. Semoga pula mata pelajaran informatika bisa diberikan di semua jenjang seperti dulu dalam kurikulum sebelumnya dalam mata pelajara TIK. Mari kita perjuangkan bersama.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun