Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jujur, Ini yang Terberat dari Program Pendidikan Guru Penggerak!

16 Mei 2023   18:51 Diperbarui: 19 Mei 2023   14:29 1677
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jujur, ini yang terberat dari program pendidikan guru penggerak! Konsistensi, tidak copas tulisan orang lain, dan mau terus belajar. Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 7 sebentar lagi akan berakhir. Kami sudah masuk di materi modul 3.3 di LMS guru penggerak. Sebelumnya, kami baru saja menyelesaikan modul 3.2 di LMS Guru Penggerak melalui SIM PKB kami. Fasilitator Omjay yang baik hati mengingatkan kalau ada tugas demonstrasi kontekstual modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya belum Omjay kerjakan.

Jujur, kalau mau copas dari Internet gampang! di Kompasiana sudah banyak guru yang menuliskannya. Salah satunya adalah link di bawah ini. Sudah lebih dari 14.442 orang yang membaca tulisannya. Padahal isinya biasa saja menurut Omjay. Komentarnya pun hanya 1 orang saja. Itu artinya, belum banyak guru penggerak yang memiliki akun di Kompasiana. Kebiasaan guru kita belum sampai kepada tahap menciptakan informasi. Baru sebatas mencari informasi.

https://www.kompasiana.com/ademamah1975/63f6e6d34addee7e1d3ba2c2/demonstrasi-kontekstual-modul-3-2-pemimpin-dalam-pengelolaan-sumber-daya


Apa tujuan dari demonstrasi kontekstual modul 3.2 yang dipelajari CGP?

  1. dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
  2. dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
  3. dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
  4. dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Dimana kita belajar menjadi guru penggerak?

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid atau siswa Indonesia.  

Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya. 

Berikut adalah tabel penjelasan BAGJA sebagai pengingat secara singkat, untuk lebih rincinya silahkan Bapak dan Ibu CGP membaca ulang dari modul 1.3 pada LMS. Kita belajar bersama melalui LMS.

Sumber SIM PKB 
Sumber SIM PKB 

Kapan kita mulai belajar menjadi guru penggerak?

Kita mulai belajar menjadi guru penggerak setelah kita mengikuti program pendidikan guru penggerak (PPGP) selama 6 bulan lamanya. Hampir satu semester kita bergelut dari modul 1 sampai modul 3. Lalu muncul pertanyaan yang harus dijawab:

  • Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
  • Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
  • Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
  • Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
    1. Buat pertanyaan utama
    2. Ambil pelajaran
    3. Gali mimpi
    4. Jabarkan Rencana
    5. Atur Eksekusi
  • Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?
  • Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Jawabannya sudah Omjay jawab di LMS guru penggerak yang dapat dibuka melalui SIM PKB. Biasakan menulis sendiri dan bukan hasil copas tulisan orang lain.

Mengapa kita menjadi guru penggerak?

Kita menjadi guru penggerak karena kita memang tergerak untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kita juga ingin memulihkan pendidikan dengan cara bergotong royong dan bekerjasama saling bahu membahu agar semua peserta didik atau siswa untuk SMP dan SMA/SMK menjadi lebih baik dari hari ke hari. Untuk murid sekolah dasar menjadi murid yang mampu menjadi pemimpin masa depan dengan berbagai fase yang akan dilewatinya sesuai dengan harapan kurikulum merdeka.

Salah satu wujud komitmen Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ditunjukkan dengan berbagai terobosan Merdeka Belajar. Melalui program Merdeka Belajar, anak-anak jadi lebih bisa mendalami minat dan bakat yang dimilikinya agar bisa berkembang secara maksimal di kemudian hari. Itulah harapan yang kita bangun bersama dalam kurikulum merdeka.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Siapa yang mengajak kita sebagai guru terbaik menjadi guru penggerak?

Sebenarnya hati nuranilah yang mengajak kita untuk menjadi guru penggerak. Kita mampu menjadi guru yang siap berbagi praktik baik atau best practice agar guru lainnya melakukan studi tiru yang baik pula. Kita memang harus bergerak bersama semarakkan merdeka belajar. Itulah yang Omjay lakukan dari hari ke hari bersama kawan-kawan guru lainnya.

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/6462091008a8b56f0b781902/berbagi-praktik-baik-dengan-mengajak-guru-menulis-di-blog

Bagaimana rasanya mengikuti program pendidikan calon guru penggerak?

Kita sebagai guru harus mampu menjadi sosok inspiratif merdeka belajar. Praktik Baik dalam Merdeka Belajar harus terus ditularkan kepada sesama guru lainnya. Guru pengerak adalah program merdeka belajar favorit yang banyak disukai guru-guru Indonesia. Terbukti, ribuan guru sudah ikut program pendidikan guru penggerak (PPGP) selama 6 bulan. Sebagian dari mereka kini sudah membentuk media sendiri yang lebih ramai dari ayo guru berbagi kemdikbudristek. Namanya https://melintas.id.

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

Seorang guru penggerak angkatan pertama menuliskan kisahnya sebagai berikut:

Saya memperoleh tiga judul besar modul. Modul pertama mengenai visi dan misi guru penggerak. Modul kedua mengenai dampak terhadap anak. Judul modul ketiga yaitu mengenai dampak terhadap sekolah. Secara menyeluruh terdapat 10 modul yang menarik, Pada modul 1 terdapat 4 sub modul yaitu mengenai refleksi filosofi pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantoro, nilai dan peran guru penggerak, visi guru penggerak, dan budaya positif. Pada modul 2 terdapat 3 sub modul yaitu pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial emosi, dan coaching. Sedangkan pada modul 3 terdiri dari 3 sub modul yaitu pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, dan pengelolaan pprogram yang berdampak pada murid. Bagi saya  semua modul sangat menarik karena banyak hal baru yang saya peroleh, dan hal-hal yang menguatkan pendapat lama saya yang ternyata sudah benar. Serta hal-hal yang perlu di-redefinition pada diri saya.

https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/cerita/pengalaman-saya-di-pendidikan-guru-penggerak-angkatan-1/

Jadilah guru penggerak yang tergerak....bergerak....dan menggerakkan orang lain untuk ikut bergerak secara bergotong royong dalam menyemarakkan merdeka belajar di sekolah. Semarak merdeka belajar harus ada di sekolah-sekolah kita. Baik sekolah yang sudah menjadi sekolah penggerak atau sekolah yang belum menjadi sekolah penggerak.

Demikianlah kisah Omjay hari ini. Semoga kelak kisah Omjay ini menjadi buku yang bermutu. Selama mengikuti program pendidikan guru penggerak, Omjay selalu pulang malam hari. Rata-rata habis sholat isya baru sampai rumah. Setelah pulang sekolah, biasanya Omjay belajar lagi secara online lewat LMS guru penggerak. Dengan banyak membaca, banyak ilmu baru Omjay dapatkan. Termasuk juga menuliskan prakarsa perubahan yang sudah sangat sesuai dan terperinci. 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Input sumber gambar dokpri
Input sumber gambar dokpri

  

#SemarakkanMerdekaBelajar  

#Hardiknas2023 

@kemdikbud.ri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun