Omjay mau tanya, sudah berapa lama anda memasuki dunia blogger? Â Kalau jawabnya sudah tahunan, Â anda senasib dengan saya.Â
Dunia blogger Indonesia bikin seger. Â Apalagi bila anda sudah tergabung dalam komunitas blogger.Â
Setiap hari ada saja blog orang lain yang dikunjungi. Â Isinya bagus dan memotivasi diri agar mampu mengelola blog dengan baik.Â
Tidak mudah untuk bisa komitmen menulis di blog. Bahkan sampai puluhan tahun. Â Tetap menulis di blog walaupun media sosial lainnya begitu menjanjikan.Â
Dunia blogger memang tak akan sepi. Â Blogger akan terus bertambah dan mereka yang suka menulis yang akan mampu bertahan menjadi blogger ternama di era global.Â
Ayo terus menulis. Dokumentasikan di blog dan ajak orang lain berkunjung ke blog kita. Â Buat mereka senang dengan tulisan tulisan yang kita buat. Saya sendiri selau berusaha untuk menulis setiap hari.
Kalau tulisannya bagus dan menarik pasti akan banyak pengunjungnya. Jangan ragu untuk menulis. Â Tuliskan saja apa yang ada di dalam kepalamu lalu tulis sedikit demi sedikit.Â
Seperti sekarang ini. Â Saya mencoba berlatih menulis secara langsung lewat ponsel saya di website kompasiana.com/wijayalabs.
Hasilnya seperti yang anda baca saat ini. Â Menulis pakai ponsel jauh lebih sulit karena hurufnya kecil kecil. Semoga nanti bisa diedit lagi.Â
Itulah dunia blogger dan dunia orang yang suka menulis di blog. Â Sedikit demi sedikit lama lama juga menjadi bukit.Â
Alhamdulillah sudah melewati 200 kata. Â Pelan tapi pasti tulosan kita kelak akan menjadi buku yang bermakna. Â Saya sudah buktikan itu setelah puluhan tahun menulis di kompasiana.com yang selalu ramai pembacanya.Â
Dalam konferensi blog di Universitas Harvard, terungkap enam pilar kunci yang membedakan blogging dengan saluran komunikasi lainnya, yaitu:
Publishable. Anda dapat langsung mem-posting berita. Mudah, murah, dan dapat dibaca di mana pun.
Findable. Mudah ditemukan lewat situs pencari, berdasarkan subjek, nama penulis, atau keduanya. Makin tambun suatu blog, makin cepat digemari.
Social. Blogosphere cirinya adalah cuap-cuap. Percakapan yang menarik berdasarkan topik beralih dari suatu situs ke situs web, nge-link dari suatu link ke link lain. Melalui blog, mereka yang memiliki minat yang sama dapat membangun network atau berita lintas geografi.
Viral. Informasi menyebar lebih cepat melalui blog dibanding news service. Saat ini tak ada viral marketing yang dapat menyetarakan kecepatan dan efisiensi suatu blog.
Syndicatable. Content yang kaya mudah disindikasikan oleh siapa saja. Bayangkan dunia penuh dengan orang pandai, dan, lewat media blog, ribuan informasi yang tersebar dapat didapat.
Linkable. Setiap blog nge-link ke yang lain, memiliki akses ke puluhan juta orang yang mengunjungi blogosphere setiap hari yang bercirikan komunikasi internet dua arah. Media blog itu bak supermarket tabloid.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H