Rabu 20 maret 2019 adalah hari ke 18 kami berada di negara china. Pagi ini hujan rintik-rintik mengiringi perjalanan kami berkunjung ke sekolah china. Dari semalam hujan turun dengan deras di kota Xuzhou.
Saya lupa bawa payung dari Indonesia. Padahal kemarin banyak yang jual payung di pasar tradisional depan kampus china university of mining and technology (CUMT).
Sedia payung sebelum hujan. Seharusnya kata pepatah ini saya kerjakan. Tapi saya cuek saja. Hujanpun datang saya tak berdaya.
Main hujan hujanan di pagi hari jadinya. Bus belum juga datang ketika kami sampai tempat bus yang biasa menunggu kami.
Kali ini kami yang menunggu bus sambil menikmati hujan rintik rintik.
Untunglah ada apartemen mahasiswa dekat situ. Kami berteduh sejenak di  depan asrama mahasiswa.
Pak herry pendamping kami dari dikdas GTK kemdikbud memotret kami saat menunggu bus.
Sambil menunggu bus saya menulis. Tak lama kemudian buspun datang dan kami sambut dengan riang.
Hujan turun tak berhenti juga. Sepanjang perjalanan hujan mengguyur china.
Bus kami full kuota (50 orang). Ada 2 orang tidak dapat duduk. Padahal masih ada bus lainnya di belakang. Mereka lebih suka berkumpul bersama dalam suka maupun duka. Kami teman sekelas selalu ingin Bersama-sama.
Perjalanan ke sekolah lancar. Sampai sekolah kami disambut dengan baik dan hangat oleh pimpinan sekolah
Sekolahnya bagus dan luas. Kami disambut dengan papan nama elektronik di dinding depan sekolah. Â Tulisannya begini.Â
"Kami degan hangat menyambut pimpinan dari Indonesia". Rupanya mereka pakai google translate juga, hahaha.
Nama sekolahnya the secondary school affiliated to cumt. Sebuah sekolah yang dikelola oleh china university of mining and technology.
Fasilitas sekolahnya bagus banget. Ada lapangan sepakbola dengan rumput buatan. Juga toiletnya bersih sekali. Kebersihan toiletnya terjaga dengan baik. Saya melihatnya langsung ketika sampai sekolah ini. kebetuan saya terserang HIV. Hasrat Ingin Vivis. Hahaha.
Kami naik ke lantai 3. Di sana ada aula besar yang siap menampung kehadiran kami yang cukup besar jumlahnya.
Sekitar 100 orang guru dan tendik diberikan goodybag yang berisi booklet dan buku tulis.
Saya baca isinya pelan-pelan.
Wow keren sekali!Â
Ada sambutan kepala sekolah di halaman pertama dan halaman kedua berisi foto siswa ketika sedang berolahraga.
Profil sekolah sangat lengkap dituliskan dengan 2 bahasa. Bahasa mandarin dan bahasa Inggris.
Saya baca sekilas. Nanti saya sambung lagi baca tulisannya. Soalnya acara akan dimulai.
Pimpinan sekolah memberikan sambutan kedatangan kami dan memperkenalkan pimpinan sekolah dan pejabat sekolah yang ada di bawahnya.
Setelah memberikan sambutan ada pemberian cinderamata dari kawan-kawan peserta. Juga cinderamata buat kemdikbud dari karya siswa the secondary school affiliated to cumt.
Senang sekali pimpinan sekolah mendapatkan cinderamata dari kami. Terasa hangat hubungan guru indonesia dengan guru china. Beberapa teman peserta maju kedepan memberikan cinderamata.
Setelah selesai acara pembukaan, kami dipersilahkan diskusi. Rombongan kami dipersilahkan bertanya.
Satu peserta dari kami bertanya tentang masalah-masalah yang terjadi di sekolah.
Terjadi dialog diantara kami dalam 2 bahasa. Bahasa mandarin dan bahasa inggris.
Pimpinan sekolah menjawabnya dengan sangat baik sekali. Masalah-masalah pembelajaran di Indonesia, ternyata tidak begitu jauh dengan Indonesia.
Beberapa pertanyaan guru dijawab dengan sangat jelas. Setiap masalah pasti ada solusinya.
Saya masih menemukan kesulitan memahami bahasa mandarin. Untunglah dapat diterjemahkan dengan baik oleh Mr. Pateson.Â
Ada pengumuman dari panitia acara. Sebagian peserta pelatihan guru yang berada ditengah diminta pindah posisi duduk. Tempat duduk mereka akan diisi oleh siswa. Sekolah Nampak sudah mempersiapkan siswanya untuk belajar Bersama kami.
Seorang guru wanita memperagakan cara mengajar dengan lantunan sebuah lagu yang enak didengar untuk semua.
Saya juga ikut menyanyi bersama siswa. Kali ini topiknya tentang negara Indonesia.
Seorang siswa putra tampil presentasi tentang negara Indonesia yang terdiri dari 17.508Â pulau lengkap dengan gambarnya.
Mereka kagum dengan keindahan pulau bali dan jawa. Keindahan pulau bali dan jawa dijelaskan dalam presentasi siswa.
Gunung bromo dengan ativitasnya mereka ceritakan. Juga makanan khas indonesia.
Setelah itu guru memutarkan sebuah film pendek tentang negara china.
Guru menjelaskan tentang keindahan china yang tidak kalah dengan negara lainnya dalam bahasa Inggris. Terjadi dialog antara guru dan siswa di dalam kelas.
Indonesia (an asian country) menjadi tema pembelajaran.
Guru juga menjelaskan posisi negara china dari utara, selatan, barat dan timur. Juga barat daya dan timur laut sambil latihan berbahasa inggris.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran sangat terasa ketika guru menggunakan komputer  untuk menyampaikan materinya dalam bentuk video dan slide presentsi powerpoint.
Belajar arah mata angin nort, south, west, dan east terasa menjadi mudah dengan TIK. Belajar bahasa Inggris menjadi mudah dipahami siswa.
Contoh siswa diminta menulis arah tempat di bawah ini:
- Sunshine zoo is nort of sunshine middle school.
- Sunny garden is west of the zoo.
- Lake park is south of sunny garden.
- Shunsine park is east of lake park.
Nomor berapa saja posisinya setelah melihat gambar?
Guru bertanya kepada siswa  dan dijawab oleh siswa dengan benar dalam bahasa inggris.
Anak anak diminta membaca buku paketnya masing masing.
Siswa berdiri dan membacakan apa yang diminta oleh gurunya. Lalu guru berterima kasih kepada siswa.
Dua orang siswa diminta guru membaca buku paket. Mereka Nampak antusias sekali.
Saya lihat buku paketnya. Di dalam buku tertulis "Baca dan tanya".
Ada 3 pertanyaan disampaikan guru
Siswa membacakannya sama-sama.
Siswa diminta membaca buku paketnya masing masing.
Guru menperhatikan aktivitas siswa dan kemudian bertanya kembali.
Dua orang siswa tampil ke depan. Mereka saling berdialog bermain peran masing masing. Metode bermain peran ditampilkan oleh guru. Siswa langsung praktik berbahasa inggris dengan baik dan benar. Inilah model pembelajaran Bahasa Inggris yang omjay suka. Guru dan siswa sama-sama aktif. Saya perhatikan, tak pernah guru duduk bersantai ria. Tetap focus dengan peserta didiknya.
Dua orang siswa mencoba ke depan.
Sekarang guru menampilakn slide, judulnya  fill on the blanks.
Lihat peta dimana indonesia?
Guru bertanya kepada siswa dimana taiwan dan china posisinya?
Guru menjelaskan posisi indonesia dalam peta kepada siswa dalam bahasa inggris.
Kemudian guru memutarkan lagu big atau besar sambil menutup kelasnya.
Buka youtube.com cari lagu big-big World.
Penyanyi Emilia - big big world.
Title of the song is  big2 world.
I'm a big big girl
In a big big world
It's not a big big thing if you leave me
But I do do feel that
I do do will miss you much
Miss you much...
I can see the first leaf falling
It's all yellow and nice
It's so very cold outside
Like the way I'm feeling inside
I'm a big big girl
In a big big world
It's not a big big thing if you leave me
But I do do feel that
I do do will miss you much
Miss you much...
Outside it's now raining
And tears are falling from my eyes
Why did it have to happen?
Why did it all have to end?
I'm a big big girl
In a big big world
It's not a big big thing if you leave me
But I do do feel that
I do do will miss you much
Miss you much...
I have your arms around me warm like fire
But when I open my eyes
You're gone...
I'm a big big girl
In a big big world
It's not a big big thing if you leave me
But I do do feel that
I do do will miss you much
Miss you much...
I'm a big big girl
In a big big world
It's not a big big thing if you leave me
But I do feel I will miss you much...
Miss you much...
https://v.youku.com/v_show/id_XMTU4MDQxMDg4.html
Setelah demo pembelajaran kami foto-foto dengan siswa dan guru china. Mereka sangat senang foto bersama kami. Bagi mereka tamu adalah orang yang wajib dihormati. Senang sekali kami berada di sekolah ini.
Kami diarahkan untuk foto bersama di depan sekolah. Setelah puas, kami kembali ke bus dan makan siang di penginapan. Setelah istirahat dan sholat serta makan siang, kami kembali ke bus untuk berkunjung ke sekolah lainnya.
Kunjungan berikutnya ke midle school
 Selamat datang disekolah kami. Itulah sambutan yang disampaikan oleh pimpinan sekolah ini.
 Kami datang disambut dengan sebuah lagu di dari Indonesia. Lagu dari daerah maluku diperdengarkan dengan merdu. Penyanyinya wanita china.
 Enak dan lembut membuat kami tidak mengantuk.Â
Ayo mama, jangan mama marah beta
Dia cuma, dia cuma pegang beta
Ayo mama, jangan mama marah beta
Lah orang muda punya biasa
Â
Ayam hitam telurnya putih
Mencari makan di pinggir kali
Sinyo hitam giginya putih
Kalau ketawa manis sekali
Â
Ayo mama, jangan mama marah beta
Dia cuma, dia cuma pegang beta
Ayo mama, jangan mama marah beta
Lah orang muda punya biasa
Â
Ayo mama, jangan mama marah beta
Dia cuma, dia cuma pegang beta
Ayo mama, jangan mama marah beta
Lah orang muda punya biasa
 Tulisan di papan layar ditayangkan. Welcome the guests from moec republic of indonesia.
Kami dibagi dalam dua ruangan. Satu untuk melihat langsung siswa belajar dan yang lain melihat lewat layar. Sementara siswa ikut menyaksikan di kelas masing masing. Mr. Rahman menterjemahkan sambutan tuan rumah dari bahasa mandarin ke dalam bahasa inggris. Kami menyimaknya dengan baik.
Anak anak nampak menyimak di kelas masing masing. Sekolah mereka berbeda-beda. Jadi ada 3 sekolah melakukan live streaming. Kami saling menyapa dari balik layar teleconferen. Kami belajar reaksi kimia yang akan disampaikan oleh mrs.yi qun ma di xuzhou xinyuan junior high school.
Siswa masuk ke ruangan dan mengucapkan salam kepada kami. Guru meminta beberapa siswa ke depan. Guru menjelaskan materi pelajaran kimia dan siswa bertanya. Guru bertanya tentang reaksi kimia dan bertanya kepada siswa.
Why do different colours occur in the burette? Tanya guru kimia kepada siswa.
Siswa diajak berdiskusi dengan kelompoknya masing masing. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk melihat reaksi kimia. Guru mengamati aktivitas siswa dalam kelompoknya. Siswa mencoba reaksi kimia dari bahan bahan yg disiapkan di meja masing masing.
Guru mengajar 3 kelaa sekaligus. Satu di lab dan dua di eklas msing msing dengan bantuan tik. Terlihat ada dua kelas di layar papan tulis. Siswa memasukkan 5 warna ke dalam tabung kaca. Begitu juga di dua kelas lainnya.
Mereka mulai melakukan eksperiman. Walaupun mereka berada di du sekolah berbeda. Dalam pembelajaran ini guru dibantu guru lainnya di bagian belakang. Begitu juga di dua sekolah lainnya tetap ada guru yang mendampingi siswa. Siswa dari sekolah lain juga bisa bertanya kepada nara sumber melalui fasilitas telekonferen. Mereka tetap bisa beinteraksi walaupun tdk berada di ruangan yang sama. Kecanggihan teknologi memudahkan pembelajaran reaksi kimia.
 Guru dapat menjelaskan materi baik secara alngsung di kelas atau siaran live streaming ke dua sekolah lainnya dalam waktu yg bersamaan.
Mereka tetap bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi dalam menerima materi pelajaran reaksi kimia. Siswa diminta membuat kesimpulan dari apa yg dipelajarinya hari ini. Begitu juga di dua sekolah lainnya yg belajar secara online. Bahkan siswa sekolah lain bisa bertanya langsung kepada guru kimia layaknya belajar di kelas dan ruangan yang sama.
Lalu guru memberikan disain prosedur dalam membuat laporan praktik. Guru meminta siswa menuliskan hasil dari reaksi kimia yang dipraktikkan. Please write all chemical eqyations of reactions happened.
Blue bottle experiment. Apa yang kamu lihat sekarang setelah botol dikocok?
Ketika botol dikocok warna air berubah biru dan hijau. Mengapa?
 Guru bertanya kepada siswanya.
What subtance makes the blue colour appear again and again?
Dua orang siswa diminta maju ke depan dan memasukkan air ke dalam botol. Guru meminta kedua siswa memperhatikan apa yang terjadi. Mereka melihat angsung reaksi kimia yg ditimbulkan.
Are there any question? Guru bertanya keoada siswa kalau ada yang ingin ditanyakan.
 Setelah itu guru meminta menganlisa (thinking) sebuah pertanyaan.
Chop purplesweet potatos up and saok in the alcohol.can we use the ...extractig solution as a pH indicator?
 Wy do we use alcoholto extract plant pigment?
What from do axid and se dissolve inwater? Is the solution ..
That is all. Thank you Guru menutup pembelajaran reaksi kimia yang begitu menggairahkan siswa.
JURNAL HARIAN (HARI 18)
Hari/Tanggal : Rabu / 20 Maret 2019
Kegiatan/Materi : Kunjungan ke Midlle School of CUMT
Narasumber : Principal Wang
JURNAL BELAJAR
Pengalaman Belajar
Pengalaman belajar hari ini, kami mendapatkan ilmu tentang cara guru mengajar dari hasil kunjungan kami ke 2 sekolah dan implementasi STEM dalam pembelajaran yang berbasis ICT.
Materi yang telah dipahami
Guru mengajar Bahasa Inggris dengan materi tentang Indonesia dan guru belajar reaksi kimia melalui live streaming dengan 2 sekolah lainnya
Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya
Materi yang belum dipahami adalah menguasai kelas dalam waktu yang cukup lama. Alasannya saya mudah lelah dalam mengajar siswa.
Usaha dan cara untuk mengatasi
Guru juga menjelaskan posisi negara china dari utara, selatan, barat dan timur. Juga barat daya dan timur laut sambil latihan berbahasa inggris.
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran sangat terasa ketika guru menggunakan komputer untuk menyampaikan materinya dalam bentuk video dan slide presentsi powerpoint.
Belajar arah mata angin nort, south, west, dan east terasa menjadi mudah dengan TIK. Belajar bahasa Inggris menjadi mudah dipahami siswa.
Upaya pengayaan
Upaya penyaan yang dilakukan adalah bertanya dengan teman sejawat dan mencari informasinya di internet. Kemudian mempublikasikannya di blog http://wijayalabs.com dan https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5c9224db95760e766567d482/hari-kedelapanbelas-belajar-di-negara-chin?page=all
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H