Mohon tunggu...
Wifqi Rahmi
Wifqi Rahmi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa S3 Ilmu Kependidikan Undiksha Singaraja Bali

Saya adalah seorang Kepala Madrasah di sebuah madrasah negeri di Kabupate Jembrana. Hoby saya adalah badminton. Saya tertarik dengan dunia pendidikan, sain dan teknologi. saat ini saya sedang menempuh program doktoral (S3) di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Menerapkan Filsafat Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Pendidikan Nasional: Teori dan Praktik

6 Desember 2024   15:00 Diperbarui: 6 Desember 2024   15:14 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengetahui Pentingnya Filsafat Pancasila, Sumber: smpbudiutomoperak.sch.id

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang Pancasila, sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, memiliki kedudukan penting dalam mengarahkan arah perkembangan pendidikan nasional. Oleh karena itu, penerapan filsafat pendidikan Pancasila dalam kurikulum pendidikan nasional menjadi sangat strategis. Pancasila tidak hanya menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi juga membentuk landasan moral dan filosofis dalam pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan manusia Indonesia yang berbudi pekerti luhur, beradab, dan mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.

Pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Dalam konteks ini, kurikulum pendidikan nasional harus mampu mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap komponen pendidikannya, baik dalam ranah pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.

Tujuan Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk mengkaji penerapan filsafat pendidikan Pancasila dalam kurikulum pendidikan nasional. Artikel ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana teori-teori pendidikan yang berbasis Pancasila dapat diaplikasikan dalam praktik pembelajaran sehari-hari di sekolah, serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasi tersebut.

 

PEMBAHAS

1. Teori Filsafat Pendidikan Pancasila, Konsep dan Asas-asas Pancasila dalam Pendidikan

Filsafat pendidikan Pancasila berakar pada nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila. Menurut Soedjadi (1996), Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, tetapi juga sebagai dasar dalam pembentukan karakter bangsa yang unggul. Pancasila memberikan panduan tentang bagaimana manusia Indonesia seharusnya berinteraksi dengan sesama, lingkungan, dan Tuhan Yang Maha Esa. Berikut Nilai filsafat yang bis akita kaji dalam Pancasila: (1) etuhanan yang Maha Esa: Nilai spiritualitas yang harus diwujudkan dalam pendidikan melalui penghargaan terhadap agama dan etika moral. (2) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menuntut pendidikan untuk memanusiakan manusia, menghormati hak asasi manusia, dan menjunjung tinggi keadilan sosial. (3) Persatuan Indonesia: Pendidikan yang mengutamakan rasa kebersamaan dan persatuan dalam keberagaman. (4) Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Pendidikan yang mengajarkan demokrasi, musyawarah, dan mufakat dalam kehidupan bernegara. (5) Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Pendidikan yang mengajarkan pentingnya keadilan sosial, pemerataan kesejahteraan, dan pemberdayaan seluruh lapisan masyarakat.

2. Filsafat Pendidikan Pancasila: Pendidikan Karakter Berdasarkan Nilai-nilai Pancasila

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun