Mohon tunggu...
Widya AtikaSari
Widya AtikaSari Mohon Tunggu... Guru - SMKN 2 Tarakan

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode STAD

29 Februari 2024   13:22 Diperbarui: 29 Februari 2024   13:26 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatkan motivasi dan minat peserta didik dalam pembelajaran Dasar -- dasar Kontruksi Bangunan dan Perumahan , materi ajar perhitungan statika bangunan dengan topik perhitungan rangka batang sederhana dengan menggunakan metode Cremona.

menggunakan model  pembelajaran  Coorporative Learning Tipe STAD.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

Kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar- dasar Kontruksi Bangunan dan Perumahan terutama materi perhitungan statika bangunan.

Guru kurang maksimal menerapkan media dan model pembelajaran yang inovatif pada materi perhitungan statika dengan topik materi ajar perhitungan rangka bantangs ederhana dengan menggunakan metode Cremona.

Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara baik, dengan menngunakan model dan media pembelajaran yang inovatif, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai dan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat.

Dari analisis hasil kajian wawancara dan kajian literatur penyebab rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik pada materi perhitungan statika:

Model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik peserta didik

Media pembelajaran yang kurang menarik

Dari penyebab tersebut, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi

Penggunaan    media  pembelajaran  yang    mampu menarik minat dan motivasi peserta didik seperti

menggunakan media video animasi dan power point

3. Guru harus bisa meningkatkan minat dan motivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun