Konsistensi JNE Memberikan "Good Customer Experience" Kepada Penggunanya
Â
Sekilas Semua Nampak Sama
Sebagai pelapak digital yang sering menggunakan jasa ekspedisi, saya rasa tidak ada jasa ekspedisi yang istimewa dibandingkan dengan pesaingnya sampai-sampai harus antri panjang di depan counter-nya hanya untuk kirim casing HP.
Tiap perusahaan dan produknya punya kelebihan dan kelemahan dibandingkan dengan pesaingnya. Cermati saja, Â hampir semua pemain punya produk Express, Regular, Eco atau Truck/Cargo yang melayani pengiriman jumlah besar.Â
Soal jangkauan, saya rasa semua perusahaan jasa ekspedisi mampu menjangkau hampir seluruh wilayah NKRI bahkan luar negeri. Dari sisi teknologi pelayanan, aplikasi tracking juga pasti dimiliki perusahaan ekspedisi.Â
Sangat susah membedakan keunggulan aplikasi tracking milik ekspedisi A dibandingkan milik ekspedisi B. Sungguh konyol jika ada perusahaan ekspedisi nekad tidak menghadirkan aplikasi tracking.Â
Tiap perusahaan ekspedisi juga pasti punya haters-nya sendiri, sekumpulan orang yang, mungkin, pernah punya pengalaman buruk dengan layanan jasa ekpedisi lalu mem-posting-nya di sosial media, lantas disambut gempita oleh orang-orang yang punya pengalaman sama.Â
Ongkir? Sebelas duabelas. Semua orang juga tahu itu. Pelanggan toh tidak naif-naif amat, setia membabi buta hanya karena bebas ongkir atau diskon ongkir. Banyak variabel lain yang pasti dipertimbangkan pengguna layanan, baik pelapak maupun pembeli. Semua mahfum jika bebas ongkir hanyalah gimmick untuk menggaet pelanggan. Suatu saat, jika perusahaan diharuskan untung, ongkir pasti akan dinaikkan. Tidak mungkin banting ongkir selamanya.
Faktor Pembeda
Lantas, bagaimana dengan saya sebagai pelapak? Apa punya favorit? Meski meyakini tidak ada jasa ekspedisi yang pelayanannya istimewa dibandingkan dengan yang lain, namun sejujurnya, saya punya ekspedisi favorit. JNE.Â