Nama : Widiya Ningsih
Universitas Islam Sultan Agung
Dosen Pengampu : Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd.
Pendahuluan
Di era digital, informasi mengalir deras melalui berbagai media, termasuk teks berita. Namun, di balik derasnya arus informasi, terdapat bahaya misinformasi dan disinformasi. Oleh karena itu, kemampuan untuk memahami dan menganalisis informasi secara cerdas dan kritis menjadi keahlian esensial bagi siswa. BERCER, atau Berita Cerdas, hadir sebagai solusi inovatif untuk membekali siswa dengan keahlian ini. Melalui BERCER, siswa didorong untuk berpikir kritis, logis, dan berkomunikasi secara efektif.
Dengan BERCER, siswa tidak hanya menjadi konsumen informasi, tetapi juga pemikir kritis dan komunikator yang cakap. Kemampuan ini sangatlah penting untuk menghadapi berbagai tantangan di era digital, termasuk misinformasi dan disinformasi. Mari kita ajak generasi muda untuk melangkah maju dengan BERCER dan membuka gerbang menuju dunia literasi berita yang cerdas dan bertanggung jawab.
Observasi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas BERCER, sebuah animasi digital interaktif, dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa kelas 7 dalam pembelajaran teks berita. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah eksperimen, dengan melibatkan 30 siswa kelas 7 di SMP Nurul Ulum Semarang, Jawa Tengah sebagai sampel. Hasilnya menunjukkan bahwa BERCER secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks berita dan juga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
Hasil dan Pembahasan
- Temuan
Temuan ini menegaskan bahwa BERCER adalah media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa kelas 7 dalam mempelajari teks berita. BERCER sejalan dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, serta dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran teks berita di sekolah.
- Keterbatasan
Namun, studi ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti ukuran sampel yang relatif kecil dan durasi yang singkat. Oleh karena itu, kajian lebih lanjut dengan ukuran sampel yang lebih besar dan durasi yang lebih lama diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.
- Potensi Pengembangan
Meskipun terdapat beberapa keterbatasan, studi ini memberikan bukti awal bahwa BERCER adalah media pembelajaran yang menjanjikan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa kelas 7 dalam mempelajari teks berita. BERCER dapat menjadi bahan ajar yang berharga bagi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran teks berita di sekolah.
- Fitur Interaktif