Kereta cepat Whoosh yang hadir melayani rute Jakarta-Bandung, rupanya tidak serta merta menggeser keberadaan kereta api (KA) Argo Parahyangan. Whoosh memang cepat dan untuk saat ini masih menjalani masa bulan madu. Sedangkan si Gopar, alias Argo Parahyangan masih menarik minat penumpang kalangan tertentu.
Pekan lalu saya berkesempatan menjajal Whoosh dengan rute Halim-Padalarang, dan dua hari kemudian balik ke Jakarta menggunakan Gopar. Dari pengalaman tersebut, ada beberapa hal yang saya rasakan menjadi keunggulan baik Whoosh maupun Gopar.
Menilik durasi perjalanan, kecepatan kereta Whoosh mampu mencapai 350 km/jam, dengan waktu tempuh hanya 30 menit dari Stasiun Halim-Padalarang, dan 45 menit jika lanjut sampai tujuan akhir di Stasiun Tegalluar. Sedangkan Gopar memiliki waktu tempuh 2 jam 45 menit dari Stasiun Gambir - Bandung maupun sebaliknya.
Namun, perlu diingat Kereta Cepat Whoosh berhenti di Stasiun Padalarang, sehingga penumpang harus menggunakan KA Feeder untuk menuju Kota Bandung dengan waktu tempuh kurang lebih 19 menit. Sedangkan KA Gopar berhenti tepat di tengah kota yaitu Stasiun KA Bandung.
Dari sisi harga, Whoosh masih menjual harga promo di bulan Desember 2023 ini. Harga Rp200.000 berlaku untuk perjalanan Senin-Kamis. Sedangkan untuk tiket perjalanan Jumat-Minggu untuk kelas premium ekonomi dijual seharga Rp250.000.
Harga tersebut boleh dibilang tak beda jauh dari Gopar yang di luar musim liburan panjang masih mematok harga kelas ekonomi Rp150.000, kelas eksekutif Rp200.000 dan khusus kereta panoramic di rangkaian yang sama seharga Rp450.000.
Soal sensasi dalam perjalanan yang mungkin bakal menjadi pertimbangan para penumpang untuk memilih antara Whoosh atau Gopar. Sebagai kereta cepat pertama di Indonesia, Whoosh harus diakui memang menawarkan sensasi yang beda dengan kereta pada umumnya yang ada di Indonesia. Dengan kecepatan yang sangat tinggi ternyata kereta ini terasa nyaman di dalamnya, hampir tak terasa getaran dari luar.
Beda memang dengan Gopar dan KA lainnya, saat memacu kecepatan bakal terasa dan terdengar gesekan dengan rel, serta suara dan goyangan gerbong kereta.