Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar | Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Menjawab Pertanyaan Anak Kecil tentang Perang Rusia-Ukraina

26 Februari 2022   10:30 Diperbarui: 27 Februari 2022   13:00 7282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peta dunia yang menempel di dinding kamar anak (foto by widikurniawan)

"Ayah, kenapa sih Rusia yang negaranya gede banget malah ngajak perang Ukraina yang lebih kecil?"

Tiba-tiba saja pertanyaan si kecil yang masih umur 6 tahun ini bikin saya terhenyak. Sejenak saya mencoba mencerna pertanyaannya. Tahu dari mana dia Rusia lebih gede dari Ukraina?

Begitu saya beranjak dari posisi rebahan di Sabtu pagi, saya baru ngeh ketika ia menunjuk peta dunia yang menempel di dinding kamarnya. Rusia memang terlihat paling besar dan luas wilayah negaranya. Sedangkan Ukraina bak nyempil di kaki Rusia.

"Oh itu, jadi gini... Rusia tuh lagi marah sama Ukraina karena Ukraina kan sebenarnya deketan wilayahnya sama Rusia, tetanggaan, eh malah Ukraina maunya main sama Amerika dan Eropa," jawab saya.

Anak saya masih bingung, saya pun sebenarnya bingung juga.

Jawaban saya sepertinya masih sekenanya, tapi sebagai ayah tentu saya harus memilih dan memilah kata dan kalimat yang pas untuk menjelaskan kepada anak seusianya. Terlebih dia baru masuk SD bulan Juli mendatang, jadi referensi pelajaran sejarah dan perang terbilang masih sangat minim.

Konflik Rusia dan Ukraina yang tengah panas kali ini, justru ia dapatkan dari tayangan berita di televisi dan mendengar diskusi antara Ayah dan Bundanya.

"Emangnya kalau negara yang besar suka perang ya Yah?"

Sebelum menjawab, saya memandang lagi peta di dinding itu. Gara-gara pertanyaan bocil ini, saya baru benar-benar ngeh jika wilayah Rusia memang sangat luas, lebih luas daripada Amerika dan China.

"Emm, enggak juga sih, tapi negara-negara besar seperti Rusia, Amerika dan Cina, mereka tuh kaya dan punya kekuasaan, punya uang, senjata, pesawat, jadi biasanya saingan tuh, mereka nggak suka kalau ada negara-negara yang deket wilayahnya tapi malah berteman dengan negara-negara besar lain," ucap saya menjelaskan.

"Oh gitu ya Yah? Emangnya kalau Ukraina temenan sama Amerika nggak boleh?" tanyanya lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun