RESUME
Pembelajaran Sosial  Pemateri Melalui Via Zoom Meeting dari :
Aninditya Santiko Wibowo,S.M.MBA Himpunan Manajemen UCIC
M E N I N G K A T K A N Â K E M A M P U A N Â U N T U K Â M E M B E N T U K
 B U D A Y A  O R G A N I S A S I  Y A N G  P O S I T I F
A P A Â I T U Â S E L F Â L E A D E R S H I P ?
Definisi
Self leadership adalah proses memimpin diri  sendiri untuk mencapai tujuan melalui tindakan proaktif dan sikap  yang  positif.
Komponen Utama:
Self-Awareness (Kesadaran Diri)Â Â Â Â : Memahami kekuatan, kelemahan, nilai, dan tujuan pribadi.
Self-Regulation  (Pengaturan  Diri) :  Mengendalikan emosi  dan perilaku untuk tetap fokus pada tujuan.
Self-Motivation  (Motivasi  Diri)    :  Menggerakkan  diri  sendiri untuk tetap bersemangat dan termotivasi.
PENTINGNYA Â S E L F Â L E A D E R S H I PÂ
- Manfaat Bagi IndividuÂ
1. Peningkatan Produktivitas dan EfisiensiÂ
   (Fokus pada tujuan mereka pandai mengelola waktu)
2. Peningkatan Pengambilan KeputusanÂ
   (Mempertimbangkan mengambil keputusan yang tepat yang menghasilkan hasil yang lebih baik)
3. Hubungan dan komunikasi yang Lebih Baik
   (Mengembangkan strategi penangan,mengelola setres dan beradaptasi dengan keadaan yang berubah
- Manfaat Bagi Organisasi
1. Kepemimpinan yang Kuat :
Pemimpin yang berkomitmen pada nilai-nilai organisasi dan memberi contoh yang baik dapat memainkan peran kunci dalam membangun budaya yang positif.Â
2. Kolaborasi dan Kerjasama :
Organisasi dengan budaya yang mendorong kerja tim,saling mendukung, dan berbagi sumber daya cenderung lebih inovatif dan produktif.
3. Komunikasi Terbuka :
Budaya yang mendukung komunikasi dua arah, umpan balik, dan berbagi informasi dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan rasa memiliki yang kuat.
 SELF LEADERSHIP DAN BUDAYA OGANISASI POSITIFÂ
Pengaruh Self Leadership:
Self leadership meningkatkan inisiatif dan tanggung jawab individu, yang berkontribusi pada lingkungan kerja yang kolaboratif
- Komunikasi yang Efektif :
Mempromosikan komunikasi dua arah yang terbuka dan transparan dapat membantu seseorang memahami dan terlibat dalam upaya pengembangan budaya. - Pengakuan dan Penghargaan :
Mengakui dan menghargai kontribusi seseoarang  dapat meningkatkan motivasi dan komitmen mereka terhadap budaya organisasi yang positif. - Pelatihan dan Pengembangan :
Menyediakan pelatihan dan kesempatan pengembangan dapat membantu seseorang  memahami dan berperilaku sesuai dengan
budaya yang diinginkan.
Memantau dan Menyesuaikan Budaya Organisasi
1. Pemantauan yang Berkelanjutan Secara teratur memantau indikator kinerja dan umpan balik karyawan dapat membantu mengidentifikasi perubahan dan penyesuaian yang diperlukan.
2. Penyesuaian danEvolusiBudaya organisasi harus terus dievaluasi dan disesuaikan seiring dengan perubahan strategi, teknologi, dan kebutuhan bisnis.
3. Peningkatan Berkelanjutan Komitmen terhadap perbaikan terus-menerus dan keterlibatan karyawan adalah kunci untuk mempertahankan budayaorganisasi yang positif dan dinamis
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H