Mohon tunggu...
Widian Rienanda Ali
Widian Rienanda Ali Mohon Tunggu... Administrasi - Kuli Proyek

Andai mengangkasa tidak semudah berkhianat, pasti akan lebih banyak kisah kebaikan yang dapat ditorehkan dan dilaporkan kepada Tuhan untuk menunda datangnya kiamat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengaku Peduli untuk Generasi Mendatang: Studi Teknis dan Kritis

15 Desember 2022   22:36 Diperbarui: 15 Desember 2022   22:40 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seberapa tepatnya kita harus peduli dengan generasi mendatang? Tampaknya salah untuk mengatakan bahwa kita seharusnya tidak peduli dengan mereka sama sekali. Saya tidak akan melakukan keadilan oleh mereka jika saya memutuskan untuk menjalaninya dan membiarkan mereka memikirkan bagaimana menangani kekacauan apa pun yang saya tinggalkan sendiri. Tampaknya salah juga untuk mengatakan bahwa kita harus peduli pada mereka sama seperti kita peduli pada diri kita sendiri. Lagi pula, mereka bahkan tidak ada---setidaknya belum. Generasi masa depan hanyalah hipotetis, dan makhluk hipotetis pasti tidak sepenting makhluk yang ada. Benar?  

Perlu juga dicatat bahwa, pada kenyataannya, sepenuhnya tergantung pada kita apakah makhluk masa depan hipotetis ini benar-benar ada. Terserah kita juga dalam jumlah berapa mereka muncul sepenuhnya terserah kita. Saya memilikinya dalam kekuatan saya untuk membuat banyak dari mereka menjadi ada, atau hanya beberapa dari mereka menjadi ada atau bahkan tidak ada sama sekali. Dan jika pemikiran terakhir ini mengejutkan Anda, saya harus mengatakan bahwa saya tidak menganjurkan pemusnahan umat manusia. Saya akui saya dapat membayangkan seseorang (tetapi bukan saya) berpikir, "Ya, kita manusia telah melakukannya. Saya sebagian besar baru saja menghancurkan planet ini dalam prosesnya. Jadi mungkin sudah waktunya bagi kita untuk keluar dari panggung dan menyerahkan planet ini kepada orang lain yang pasti akan melakukan lebih sedikit kerusakan dan bahkan mungkin melakukan sesuatu yang baik."

Saya sendiri, saya tidak cukup misanthrope untuk menyerah pada pemikiran seperti itu. Saya ingin melihat petualangan manusia berlanjut hingga masa depan yang tidak terbatas. Dan saya yakin kebanyakan orang lain juga demikian. Tapi jika itu benar, kita harus bertindak sekarang dengan asumsi bahwa akan ada generasi mendatang. Berapa banyak mereka mungkin merupakan pertanyaan terbuka. Tetapi bahwa akan ada generasi yang akan datang tampaknya sudah pasti. 

Jadi apa yang kita berutang kepada generasi yang akan datang? Anda mungkin menjawab bahwa karena kita bahkan tidak berutang kepada mereka untuk mewujudkannya sejak awal, kita tidak mungkin berutang apa pun kepada mereka. Tetapi alur penalaran ini tidak memahami bahwa pilihan memiliki konsekuensi. Mungkin orang tua saya tidak berutang kepada saya untuk melahirkan saya, misalnya. Tapi begitu mereka memutuskan bahwa mereka akhirnya akan punya anak, mereka tidak bebas untuk hanya menyia-nyiakan semua sumber daya mereka. 

Yang pasti, itu masih menyisakan pertanyaan tentang berapa banyak sumber daya mereka yang harus ditabung oleh orang tua saya untuk masa depan anak mereka (yang ternyata, tetapi tidak dijamin, saya.) Mungkin mereka seharusnya tidak melakukannya. membuang-buang uang untuk kapal pesiar yang untungnya bagi saya mereka tidak melakukannya tetapi haruskah saya, sebagai anak masa depan mereka, benar-benar menyesal telah mengambil kelas malam atau pergi ke teater hal-hal yang akan berkontribusi pada kebahagiaan dan perkembangan mereka sendiri?Saya ingin mengatakan, mungkin tidak. Tapi tentu saja jika mereka begitu boros sehingga mereka membuat masa depan saya lebih buruk secara permanen, bukankah saya berhak untuk marah secara retrospektif kepada mereka karena telah melakukan kejahatan yang begitu mengerikan kepada saya? Demikian pula, jika kita tidak menjaga planet ini sekarang, bukankah generasi mendatang yang suatu saat akan mewarisinya berhak untuk melihat kembali pada kita dan marah pada kita juga?

Tapi kemudian, pikirkan tentang sentuhan filosofis yang menarik ini. Misalkan ketakutan akan apa yang akan menjadi kemarahan saya di masa depan jika mereka melahirkan saya telah menyebabkan orang tua saya tidak memiliki anak sama sekali. Saya tidak bisa mengatakan saya akan menyukainya lebih baik. Memang, saya tidak akan ada untuk mengeluh, bukan? Dan saya sebenarnya sangat bersyukur bahwa mereka tidak bernalar seperti itu dan mengambil jalan keluar yang pengecut itu.  

Sekarang fakta bahwa saya tergoda untuk merasa berterima kasih kepada orang tua saya karena tidak membiarkan rasa takut menahan mereka untuk memiliki saya menunjukkan bahwa mungkin bukan orang tua saya yang berutang sesuatu kepada saya di masa depan , tetapi sayalah yang berutang kepada mereka atas kemurahan hati mereka dalam memberi . melahirkan saya. Mungkin mereka tidak memiliki tugas khusus sebagai orang tua masa depan untuk menabung untuk masa depan anak mereka. Mungkin, sebaliknya, kita harus melihat tindakan memutuskan untuk memiliki anak, berkorban untuk itu bahkan sebelum dikandung, hal-hal seperti itu, sebagai tindakan amal yang melihat ke depan! Jadi mungkin, mungkin saja, salah jika memikirkan hubungan kita dengan orang-orang di masa depan dalam hal tugas dan kewajiban sama sekali.

Tapi suara kecil di dalam diriku berkata, "Tunggu sebentar. Tidak terlalu cepat. Misalkan kita di sini dan sekarang benar-benar membuang sampah ke planet ini? Bukankah orang-orang di masa depan berada dalam hak mereka untuk melihat kembali pada saya dan bertanya, 'Mengingat Anda telah merusak planet saya, mengapa Anda repot-repot membuat saya ada?'"

Tapi saya membalas suara kecil itu, "Tetapi dalam hal ini, mengapa kita tidak bisa mengatakan kepada mereka 'Jadi Anda lebih suka tidak ada?'" Dan kemudian suara kecil itu menjawab, "Dan bagaimana jika mereka berkata kembali kepada kita, 'Dalam kondisi ini, saya lebih suka tidak ada! Jadi saya menuntut Anda melewati orang-orang karena keberadaan yang salah di pengadilan keadilan antargenerasi!'"

Tetapi sekarang bukankah kita telah menunjukkan bahwa kita tidak hanya tidak memiliki kewajiban positif apa pun kepada mereka karena bagaimanapun juga ini semua adalah masalah amal yang diarahkan ke depan tetapi mungkin kita sebenarnya memiliki kewajiban untuk tidak mewujudkan orang-orang di masa depan, setidaknya jika kita akan mengacaukan banyak hal untuk membuat kehidupan hipotetis mereka tak tertahankan. 

"Tunggu, bukan itu yang kudapatkan sama sekali," suara yang masih kecil itu bersikeras. "Apa, saya mencoba untuk membuat Anda melihat bahwa kita memiliki kewajiban mutlak untuk generasi mendatang untuk tidak merusak planet masa depan mereka."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun