Mohon tunggu...
Widia Aprina Siburian
Widia Aprina Siburian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Antar Pribadi/Interpersonal

15 November 2023   10:15 Diperbarui: 15 November 2023   10:20 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Komunikasi antar pribadi/interpersonal adalah interaksi atau hubungan antara individu satu dan lainnya yang didalamnya terdapat penyampaian pesan maupun informasi serta, mempunyai umpan balik.

Ciri-ciri (Syarat suatu komunikasi dikatakan antar pribadi)

1. Adanya keterbukaan, efektif, kesediaan, mengakui

2. Adanya keselarasan/kesetaraan

3. Adanya penghargaan kalau mereka saling membutuhkan

4. Terjadi secara spontan (secara tiba-tiba)

5. Direncanakan atau tidak terencana

6. Adanya umpan balik/feedback

7. Terjadinya dialog percakapan

8. Lebih ke pendekatan psikologis daripada sosiologis

9. Terdapat dua sampai tiga orang didalamnya

Tujuan komunikasi antar pribadi, yaitu :

1. Sebagai pengenalan identitas

2. Mengenalkan apa yang kita minati

3. Adanya membentuk, menjalin, dan memelihara hubungan yang positif dengan orang lain

4. Merubah sikap dan perilaku seseorang

5. Mencari kesenangan untuk menghabiskan waktu luang

6. Membantu mengarahkan orang lain ke yang lebih positif

Proses komunikasi interpersonal (antar pribadi)

1. Pengirim dan penerima pesan

Pengirim biasanya mengirim pesan dan akan diterima oleh penerima pesan dalam bentuk verbal maupun non verbal. Dan biasanya akan diterjemahkan oleh penerima dan akan ditanggapi dengan feedback (umpan balik)

2. Pesan

Pesan biasanya berupa sebuah sinyal yang dikirim atau diterima dan diproses oleh stimulus dapat berbentuk rasa, bau, suara, visual, serta kombinasinya.

A. Pesan biasanya disengaja/terencana

B. Pesan tidak disengaja, serta

C. Asal bicara

3. Feedback

Reaksi yang muncul saat menerima pesan, orang yang menerima pesan dapat mendengar serta menulis di pesan tersebut

4. Kalimat Pembuka

Kumpulan informasi yang bisa diberikan sebagai pengantar sebelum informasi utama. Tujuannya meyakinkan penerima pesan agar dapat lebih mengerti

5. Channel atau Media

Proses komunikasi memerlukan media untuk bisa menyalurkan pesan sampai ke penerima. Media yang dimaksud dapat berupa email, telepon, dan pertemuan langsung

6. Hambatan atau Noise

Dalam komunikasi interpersonal terdapat hambatan yang mengganggu, yang dapat menghalangi penerima pesan dalam memproses informasi dan berakibat salah paham (miskomunikasi)

Kesimpulan nya adalah Komunikasi antar pribadi/interpersonal merupakan interaksi atau hubungan antara individu satu dan lainnya yang didalamnya terdapat penyampaian pesan maupun informasi serta, mempunyai umpan balik. Dalam artikel ini dipaparkan juga ciri-ciri dan tujuan dari komunikasi interpersonal yang dimana bertujuan untuk kelancaran proses komunikasi agar tidak terjadi hambatan yang dapat mengakibatkan miskomunikasi/salah dalam mengartikan pesan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun