Mohon tunggu...
Widia Rusyani
Widia Rusyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

Hanya manusia biasa "Jadilah seperti padi, semakin berisi maka semakin menunduk" Perikanan 2018 FPIK Universitas Padjadjaran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pemasaran Basreng Ikan Tongkol

6 November 2021   18:08 Diperbarui: 6 November 2021   18:11 3457
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ANALISIS PEMASARAN BASRENG IKAN TONGKOL

Junianto1 dan Widia Rusyani2

Dosen Departemen Perikanan_UNPAD

Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

Basreng (bakso goreng) ikan merupakan salah satu camilan khas Sunda yang terbuat dari olahan ikan yang diiris tipis kemudian digoreng. Penyajian basreng dapat menggunakan taburan bumbu pedas. Penjualan basreng saat ini menyajikan basreng dengan tingkat kepedasan yang bervariasi. Selain varian pedas, ada juga rasa lain tergantung dari bumbu perisa yang dipakai, meliputi keju, rumput laut dan lain-lain. Selain variasi rasa, basreng juga dapat digoreng kering atau setengah matang. Jika digoreng kering, akan terasa renyah seperti kerupuk dan jika setengah matang akan terasa kenyal jika dikunyah (Yuyun, 2010).

Ikan yang potensial digunakan sebagai bahan baku bakso adalah ikan tongkol. Ikan tongkol adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi yaitu 26,2%/100g dengan kandungan lemak yang rendah 1%/100g, selain itu ikan tongkol juga banyak akan kandungan asam lemak omega-3 (Sanger 2010).

Basreng Ikan Tongkol/Dokpri
Basreng Ikan Tongkol/Dokpri
2-61865fa406310e19477a8313.png
2-61865fa406310e19477a8313.png

Gambar 2.  (a) Pedas dan (b) Original


Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Gambar 3. Kemasan Basreng Ikan Tongkol (a) Standing Pouch dan (b) Ecer/Dokpri
Gambar 3. Kemasan Basreng Ikan Tongkol (a) Standing Pouch dan (b) Ecer/Dokpri


Berikut dibawah ini merupakan prosedur singkat pembuatan basreng ikan tongkol yaitu :

  1. Pencampuran daging ikan tongkol dengan aci/ tepung tapioka dan bumbu lainnya;
  2. Pembuatan adonan dengan diaduk menggunakan mesin khusus bakso;
  3. Pembentukan adonan menggunakan tenaga mesin pencetak bakso dan opsi lain bisa dengan tenaga manual;
  4. Perebusan adonan bakso ikan tongkol hingga matang atau sampai adonan mengapung ke permukaan;
  5. Pengeringan bakso diatas papan/ saringan dengan cara diangin-anginkan;
  6. Pengirisan dilakukan setelah pengeringan, bakso diiris kecil-kecil;
  7. Penggorengan dilakukan dengan proses 2 kali, pertama api sedang dan kedua api yang suhu tinggi/ full;
  8. Pencampuran bumbu setelah penirisan, dengan bumbu yang diberikan berupa cabai bubuk (variasi pedas) dan asin (original);
  9. Pengemasan dilakukan menimbang terlebih dahulu setiap basreng ikan tongkol  dengan berat 100 gram (kemasan standing pouch) dan 250 gram (kemasan  ecer/ 20 pcs).

Basreng Ikan tongkol terindentifikasi  cocok untuk memenuhi kebutuhan fisiologis konsumen.      Target sasarannya  yaitu kalangan anak-anak hingga dewasa yang memiliki sifat suka untuk mengkonsumsi cemilan, tertarik terhadap makanan yang punya daya tarik seperti warnanya yang mencolok, baunya yang kuat, dan  suka mencoba hal yang baru.

Pesaing produk basreng ikan tongkol sudah lama ada dan cukup terkenal dengan merk yang berbeda dan kualitas yang berbeda pula. Contohnya seperti basreng daging sapi, basreng daging ayam, basreng daging udang, basreng daging cumi.  Pesaing lainnya adalah basreng ikan nila, basreng ikan tenggiri, basreng ikan salmon, basreng ikan kakap, basreng ikan kerapu, basreng ikan kurisi, basreng ikan kembung, basreng ikan acang-acang.

Basreng Ikan Tongkol termasuk kedalam pasar persaingan sempurna karena jumlah pembeli dan penjual banyak, sehingga masing-masing pembeli dan penjual  secara sendiri-sendiri tidak mampu mempengaruhi harga pasar. Informasi hargapun mudah di dapat. Pasar persaingan sempurna merupakan suatu struktur bentuk pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dimana masing-masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar (Ida Nuraini, 2003).

Promosi untuk produk bareng ikan tongkol ini menggunakan teknik promosi  seperti : 1) Promosi menggunakan sosial media seperti di market place dengan memasang iklan dalam iklan pencarian dan iklan produk serupa; 2) Mengadakan diskon produk untuk menarik perhatian calon konsumen; 3) Mengadakan promo toko seperti voucher gratis ongkos kirim serta voucher produk terkait dalam toko basreng ikan tongkol; dan 4)  rutin meng-update produk basreng ikan tongkol, supaya tidak bosan bagi yang melihatnya.

DAFTAR PUSTAKA

Atmaja, A. K. (2009). Aplikasi Asap Cair Redestilasi pada Karakterisasi Kamaboko Ikan Tongkol (Euthynus affinis) Ditinjau dari Tingkat Keawetan dan Kesukaan Konsumen. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Chandra, Dedy (2012). Jurnal Materi Perancangan Produk 8 ( Analisis Fungsi dan morfologi produk).

Dilihatya. 2014. Pengrtian distribusi menurut para Ahli.http://dilihatya.com/1216. diakses 10 november 2014.

Engelen A. 2018. Analisis kekerasan, kadar air, warna dan sifat sensori pada pembuatan keripik daun kelor. Gorontalo: Politeknik Gorontalo.

Hasniar, M. Rais, Ratnawaty, F. 2019. Analisis Kandungan Gizi dan Uji Organoleptik Pada Bakso Tempe dengan Penambahan Daun Kelor (Moringa oleifera). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian Volume 5 April Suplemen : S189 – S200.

Muchtadi, T. R., Sugiyono, dan Ayustaningwarno, F. (2010). Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Alfabeta. Bandung.

Muttaqin, B., T. Surti, dan I. Wijayanti. 2016. Pengaruh Konsentrasi Egg White Powder (EWP) Terhadap Kualitas Bakso dari Ikan Lele, Bandeng, dan Kembung. Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, 5(3): 9-16.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rousmaliana, Septiani. 2019. Identifikasi Tepung Ampas Kelapa Terhadap Kadar Proksimat Menggunakan Metode Pengeringan Oven. LPPM Akademi Keperawatan Yapenas 21 Maros. Vol. 1, No. 1, Agustus. Https://doi.org/10.36590/jika

Winarno FG. 2019. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yuyun, A. 2010. 30 Resep dan Peluang Usaha Snack Kering Dalam Kemasan. Gramedia Pustaka Utama. ISBN 978-979-22-6460-9.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun