Mohon tunggu...
Widianto AM
Widianto AM Mohon Tunggu... Administrasi - Staff Qualitty Assurance

Staff Qualitty Assurance Operational Technic

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sistem Pengendalian Manajemen PT Puteratel Andalan Sukses

14 Desember 2022   08:53 Diperbarui: 14 Desember 2022   09:00 606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang berisi tuntutan atau arahan pada semua karyawan yg terdapat pada perusahaan untuk menjalankan & mengendalikan perusahaan yang baik. Sistem pengendalian manajemen yang baik wajib bisa membantu manjalankan proses pada pengambilan keputusan & memotivasi setiap karyawan pada perusahaan agar mengimplementasikan konsep-konsep menyeluruh yang sudah ditetapkan.

Tugas terpenting manajemen melalui pengendalian manajemen merupakan upaya tercapainya tujuan perusahaan secara efektif & efisien. Tujuan menurut perancangan sistem pengendalian manajemen merupakan memastikan proses pekerjaan dilakukan sinkron planning pada job description, memastikan keamanan aset perusahaan, memastikan ketelitian & keabsahan data akuntansi, menaikkan efisiensi operasional, menaikkan daya akuntabilitas, & asal daya manusia.

Dalam sistem pengendalian manajemen terdapat beberapa unsur yang saling terhubung antara satu sama lain sebagai akibatnya menciptakan sebuah proses kerja, yaitu :

1. Detektor adalah alat yang dipakai perusahaan untuk mengidentifikasi apa yang sebenarnya terjadi pada suatu proses pengendalian manajemen yang terdapat pada sebuah perusahaan.

2. Selektor adalah alat yang dipakai perusahaan untuk menilai signifikansi mengenai apa yang terjadi atau insiden yang sedang terjadi pada pada proses pengendalian manajemen.

3. Efektor adalah alat yang dipakai perusahaan untuk mendorong konduite juga tindakan eksklusif waktu kegiatan yang dilakukan tidak sinkron menggunakan panduan atau patokan yang terdapat.

4. Komunikator adalah alat yang dipakai untuk melakukan transmisi berita antara bagian detector menuju assessor ataupun sebaliknya.

 Sistem pengendalian manajemen juga mempunyai faktor yang mensugesti pada perancangannya. Faktor-faktor tadi misalnya berukuran & penyebaran enterprise, struktur perusahaan, delegasi & desentralisasi, sifat & pembagian operasi, dan jenis sentra tanggung Jawab.

Selanjutnya sesuai  dengan judul diatas, saya akan melakukan analisa terhadap Sistem Pengendalian Manajemen PT. Puteratel Andalan Sukses.

PT. Puteratel Andalan Sukses adalah perusahaan General Trade-Supplier-Contractor-Manufacture Telecomunication yang berada di Sunter, Jakarta Utara. Perusahaan ini berdiri sejak 26 Mei Tahun 2008 yg dimiliki oleh Chayadi Subrata.

PT. Puteratel Andalan Sukses menjalankan bisnisnya menggunakan berpegang dalam Visi-Misi & nilai primer Perseroan yaitu :

Visi : Menjadi Perusahaan General Trade-Supplier-Contractor-Manufacture Telecomunication terbesar di Indonesia mengedepankan kualitas secara konsisten & berkesinambungan.

Misi    :      Memberikan jasa telekomunikasi terbaik pada nilai tambah pada setiap klien yang menjalin kerjasama menggunakan kami menurut Prinsip -- prinsip berikut:

1. Memenuhi kebutuhan jasa kontruksi jaringan telekomunikasi pada semua daerah Indonesia.

2. Meningkatkan Kompetensi SDM secara berkelanjutan melalui training & sertifikasi.

3. Memberikan Hasil Terbaik bagi pemangku kepentingan.

4. Meningkatkan laba Perusahaan untuk mencapai kesejahteraan bagi pemegang saham & karyawan.

Nilai Utama Perseroan :

- Integrity (Integritas) yaitu berperilaku secara utuh sesuai moral & etika.

- Profesionalisme yaitu berkompeten & bertanggung jawab untuk menaruh hasil yg terbaik.

- Entrepreneurship yaitu berbisnis secara inovatif & berkelanjutan.

Melalui nilai diatas, Perseroan tidak saja menjalankan setiap aktivitas yang dikelola menurut target, namun senantiasa mengutamakan kualitas sebagai akibatnya berhasil menerima posisi yang terbaik menjadi General Trade-Supplier-Contractor-Manufacture Telecomunication terbesar pada Indonesia.

Sistem Pengendalian Manajemen PT. Puteratel Andalan Sukses

Berikut ini merupakan penerapan Sistem Pengendalian Internal PT. Puteratel Andalan Sukses :

1.Lingkungan Pengendalian (Control Enviroment).

PT. Puteratel Andalan Sukses menjunjung tinggi nilai Integritas & Nilai etika. Dalam perusahaan setiap divisi mempunyai keterkaitan yang erat antara divisi satu menggunakan divisi lainnya, pada hal tadi struktur perusahaan perusahaan PT. Puteratel Andalan Sukses sudah tetapkan tugas, tanggung jawab dan kewenangan fungsional, divisi yang terkait pada proses pekerjaannya yaitu, Divisi Marketing, divisi Finance & accounting, divisi Legal, Divisi Produksi, & Divisi Teknik. Pimpinan perusahaan yang bertugas mengontrol semua proses lingkungan pengendalian dan internal audit.

2.Pengukuran Resiko (Risk Assesment).

Pengukuran risiko adalah bagian terpenting pada sebuah perusahaan. Untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya risiko yang diakibatkan oleh kurangnya ketelitian pihak karyawan juga konsumen yang terkait pada proses aktivitas, pembatalan sistem Puchase Order ( PO ), penagihan keterlambatan angsuran, & kualitas produk yang dipesan. Untuk mengantisipasi terjadinya hal tadi PT. Puteratel Andalan Sukses melakukan program oleh divisi marketing untuk mengumpulkan dokumen konsumen misalnya, Company Profil, NPWP, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan, fotocopy Akte Perusahaan & lain sebagainya yang menjadi kelengkapan dalam sebuah data perusahaan.

3.Informasi Dan Komunikasi (Informastion and Communication).

Informasi yang diharapkan manajemen menurut aktivitas yang berkaitan menggunakan kerjasama menggunakan PT. Puteratel Andalan Sukses merupakan menjadi berikut,

a. Tanda Daftar Perusahaan.

b. Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ).

c. Status Perusahaan.

d. Surat Dukungan.

4.Pemantauan (Monitoring).

PT. Puteratel Andalan Sukses memutuskan tanggung jawab pada masing-masing divisi secara jelas & tegas. Penyusunan standard operasional perusahaan sebagai tanggung jawab divisi Human Resource Development ( HRD ), pada hal ini pemantauan standard operasional perusahaan sebagai tugas pimpinan dimasing-masing divisi, selanjutnya diterapkan & dijalankan seluruh karyawan yang terdapat didalam perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun