LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK Dharma Wanita Tunggur
Lingkup Pendidikan
Taman Kanak-Kanak Kelompok A (4-5 thn)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Gerak Manipulatif Menangkap dan Melempar
Penulis
Widhiya Arianti
Tanggal
11 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Saya memiliki 12 anak didik, Sebanyak 7 dari 12 anak masih terlihat mengalami kesulitan dalam kemampuan motorik kasar gerak manipulatif menangkap dan melempar sesuatu. Setelah saya melakukan identifikasi masalah terhadap kondisi yang terjadi saat ini, hal tersebut ternyata disebabkan karena adanya beberapa faktor diantara lain:
- Kurangnya aktivitas bermain motorik kasar yang diberikan pada anak.
- Kurangnya koordinasi antara mata dan tangan anak.
- Kegiatan motorik kasar yang monoton.
Praktik ini perlu dibagikan karena untuk menunjukkan praktik kegiatan yang sudah pernah dilakukan, berbagi pengalaman dengan orang lain termasuk guru dilingkungan sekolah, memotivasi diri sendiri dan guru lain untuk dapat memberikan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi anak-anak. Â
Sedangkan peran dan tanggung jawab saya dalam kegiatan praktik ini adalah mengidentifikasi terlebih dahulu masalah yang terdapat dalam lingkungan sekolah kemudian menganalisis penyebab masalah tersebut, mencarikan solusi dari masalah yang ada berdasarkan kajian literatur, wawancara teman sejawat dan para pakar. Kemudian menentukan solusi yang tepat, baik dari model pembelajaran inovatif, metode pembelajaran, dan media yang menarik bagi anak. Langkah selanjutnya dengan membuat rancangan RPP, bahan ajar, media dan LKPD, serta melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan, hal tersebut saya lakukan agar dapat meningkatkan kemampuan gerak manipulatif anak khususnya dalam melempar dan menangkap sesuatu.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Adapun tantangan yang muncul untuk mencapai tujuan tersebut adalah sebagai berikut:
- Mempersiapkan setting ruangan yang luas untuk pelaksanaan kegiatan, sehingga saya perlu mengubah suasana kelas yang berbeda dari sebelumnya.
- Pemilihan media yang tepat serta modifikasi media yang menarik bagi anak.
- Masih terdapat anak-anak yang malu ketika melakukann kegiatan melempar dan menangkap.
Yang terlibat dalam kegiatan praktek ini adalah guru dan anak.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Dengan kondisi yang menjadi latar belakang masalah serta adanya tantangan yang saya hadapi, maka saya merancang langkah-langkah untuk memecahkan permasalahan tersebut, diantaranya:
- Merumuskan tujuan pembelajaran, materi, media, dan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan gerak manipulatif melempar dan menangkap sesuatu.
- Menyusun perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran, bahan ajar dan LKPD, RPP, dan instrumen penilaian dengan tema tanaman yaitu tanaman bunga mawar.
- Membuat dan mempersiapkan media pembelajaran buket bunga mawar yang terbuat dari kain flanel, kawat, dan pita.
- Memodifikasi permainan yang baru dengan cara melempar dan menangkap buket dengan menghadap ke belakang agar pembelajaran dalam meningkatkan gerak manipulatif melempar dan menangkap sesuatu lebih menarik dan tidak monoton.
Proses Pelaksanaan dalam kegiatan yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
- Pada saat kegiatan gerak manipulatif melempar dan menangkap, saya menggunakan buket bunga mawar sebagai modifikasi benda yang digunakan untuk melempar dan menangkap. Â Anak diminta untuk memilih bunga mawar tiruan dan merangkainya menjadi buket bunga mawar yang kemudian akan digunakan untuk kegiatan gerak manipulatif melempar dan menangkap.
- Selanjutnya anak-anak bermain lempar tangkap buket bunga secara berkelompok dan bergantian ada yang menjadi pelempar dan ada yang menjadi penangkap buket.
- Anak-anak ketika melempar buket bunga harus menghadap ke belakang dan juga harus mampu melewati garis yang sudah ada.
Yang terlibat dalam kegiatan praktek ini adalah guru dan peserta anak.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi yang sudah saya lakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi yaitu:
- Kegiatan yang saya lakukan dapat meningkatkan kemampuan gerak manipulatif melempar dan menangkap sesuatu.
- Dengan memodifikasi permainan kegiatan melempar dan menangkap dapat meningkatkan minat anak dan anak lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
- Hal lain dibuktikan dari 7 anak yang mengalami kesulitan, semua anak mampu melakukan gerak manipulatif melempar dan menangkap dengan kegiatan permainan yang dimodifikasi lebih menarik meski pada awal kegiatan anak nampak pasif karena belum mengetahui kegiatan bermain yang akan dilakukan. Namun setelah mengetahui kegiatan permainannya semua anak nampak lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Respon kepala sekolah dan teman sejawat terhadap strategi yang saya gunakan dalam praktik ini, mereka memberikan respon yang positif  untuk kegiatan permainan dan pembelajaran yang saya lakukan. Sejak awal sangat mendukung pembelajaran yang akan saya laksanakan karena metode permaianan dan media yang saya gunakan dapat menarik perhatian anak dan bermakna sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar gerak manipulatif anak dalam melempar dan menangkap sesuatu.
Yang menjadi faktor keberhasilan pembelajaran ini adalah dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam pemilihan kegiatan, media dan metode/stategi pembelajaran yang tepat, agar kegiatan pembelajaran bisa lebih menarik yang dapat meningkatkan gerak manipulatif anak dalam melempar dan menangkap sesuatu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H