Mohon tunggu...
Widhi Nindyanto
Widhi Nindyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Komunikasi UMY

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Peran Media Digital Pada Trend Fashion Korea di Indonesia

8 Januari 2022   01:13 Diperbarui: 8 Januari 2022   01:32 2603
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu contoh outfit inspiration dari brand Uniqlo. Sumber: Pinterest

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kecepatan dalam mengonsumsi informasi di media pun sangat cepat. Hadirnya Teknologi memungkinkan cara-cara baru untuk berinteraksi dengan media. Saking cepatnya, sepertinya sulit untuk menebak apa yang akan terjadi dalam satu tahun atau bahkan enam bulan mendatang. 

Tentu saja hal ini tak lepas dari peran Media digital, secara definisi media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital. Media digital ini bisa berupa website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain. Melalui media digital seseorang bisa dengan mudah mengakses segala macam jenis informasi, baik itu tentang ekonomi, politik, sosial, olahraga, kuliner, industri fashion dan lain-lain. 

Pada umumnya orang-orang yang lebih tua lebih banyak menggunakan media tradisional, sementara generasi milenial yang usianya di bawah 40 lebih memilih memakai media digital. 

Kedepannya ketika para genarasi milenial menjadi konsumen media mayoritas, maka seluruh channel tradisional akan tergantikan dengan saluran digital. 

Berdasarkan data Maret 2018 dari eMarketer, belanja iklan digital pada tahun 2018 mencapai 43,5% dari keseluruhan belanja. Tetapi belanja iklan digital ini akan mengalahkan media tradisional pada tahun 2021, yaitu sebesar 52,1%. Kondisi ini akan membuat para pembuat konten mempopulerkan konten mereka melalui saluran media digital. Munculnya teknologi-teknologi baru akan mengubah sarana untuk menyalurkan kreativitas. Industri fashion di Indonesia tentu saja terkena dampak dari berkembangnya dunia digital.

Contoh outfit Korean Style. Sumber Ilustrasi: Pinterest
Contoh outfit Korean Style. Sumber Ilustrasi: Pinterest

Berbicara tentang perkembangan tren fashion di Indonesia, tidak lepas dari pengaruh budaya luar yang masuk ikut mewarnai perkembangan tren fashion di Indonesia. Korea Selatan adalah salah satu negara yang ikut andil terhadap perkembangan fashion di tanah air. 

Tidak bisa kita mungkiri Korea Selatan memang kaya akan budayanya yang unik dan beragam. Budaya-budaya Korea tersebut berkembang pesat dan meluas secara global. 

Fenomena ini dikenal dengan sebutan "Korean Wave". Perkembangan teknologi informasi yang masif jadi salah satu faktor kenapa Korean wave ini begitu cepat mendapatkan atensi publik. 

Di Indonesia sendiri, dampak Korean Wave tersebut banyak dijumpai terutama di kalangan generasi milenial. Industri fashion Korea berhasil memikat hati para masyarakat Indonesia, terbukti dari banyaknya masyarakat Indonesia yang mengikuti gaya berpakaian idol-idol Korea saat tampil di publik.(Sari, 2015)

Fashion memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di dunia, bahkan fashion sekarang sudah disebut sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi. 

Apa yang dipakai seseorang merupakan gambaran dari jati diri mereka. Pada umumnya fashion dapat mencerminkan kepribadian seseorang, dimana dengan fashion bisa menggambarkan cara mereka untuk mengekspresikan diri mereka. Industri fashion Korea telah mempengaruhi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja yang meniru gaya berpakaian masyarakat korea yang terkesan simple tapi tetap trendy, hal ini membuat para remaja Indonesia tertarik untuk mengadopsi gaya berpakaian yang demikian. 

Keunikan dari fashion ala Korea juga terlihat dari pemilihan warna pakaian yang cerah dan mudah untuk dipadu padankan dengan tubuh dan warna kulit orang Asia. Selain unik dan lucu pakaian yang berasal dari Korea ini dirasa sangat cocok ketika dipakai dan sesuai dengan selera berpakaian remaja di Indonesia. Sekarang Korean style dipilih sebagai salah satu referensi gaya berpakaian remaja di Indonesia. 

Kemudahan dalam mengakses informasi, membuat remaja di Indonesia dengan mudahnya mendapatkan informasi terkait dunia fashion di luar negeri, salah satunya negara Korea Selatan. Saat ini banyak sekali fenomena konten "Outfit Inspiration" yang hadir di media sosial mainstream seperti Tiktok maupun Instagram. 

Berbagai macam referensi gaya ditampilkan pada konten tersebut. Misal gaya berpakaian pada saat hangout bareng kerabat terdekat, atau gaya berpakaian pada saat pergi ke kampus, dan gaya berpakaian lainnya. 

Selain dari media sosial, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan referensi gaya berpakaian "Korean style" melalui platform digital lainnya seperti aplikasi streaming online. Terdapat banyak sekali referensi gaya berpakaian dari aplikasi tersebut. 

Aplikasi Netflix salah satu aplikasi streaming online terbesar di dunia, menjadi pilihan para remaja di Indonesia untuk menonton drama-drama korea yang ada, dari drama-drama itu mereka para remaja bisa melihat gaya berpakaian masyarakat korea yang kemudian dijadikan referensi berpakaian mereka. 

Salah satu contoh outfit inspiration dari brand Uniqlo. Sumber: Pinterest
Salah satu contoh outfit inspiration dari brand Uniqlo. Sumber: Pinterest

Kesuksesan dan keberhasilan Industri fashion Korea, diikuti dengan perkembangan brand fashion mereka. Di Indonesia sendiri sudah banyak brand-brand fashion besar yang masuk membawa ideologi berpakaian khas negara Korea-Jepang. Siapa yang tidak mengenal Uniqlo? Brand fashion ternama dari Jepang ini, digemari para pecinta fashion di seluruh dunia. 

Koleksi yang berkualitas tinggi dengan desain yang sederhana namun berkelas, serta harga yang terjangkau, merupakan alasan utama mengapa Uniqlo menjadi salah satu brand fashion favorit dari berbagai kalangan, terutama di kalangan anak muda.

Daftar Pustaka

Jurnal:

 Sari, N. S. (2015). Korean Fashion Style (Praktik Sosial Pola Berpakaian Pengguna Korean Style di Surabaya). Paradigma, Vol 3 No 3, 1--7. https://www.neliti.com/id/publications/251830/korean-fashion-style-praktik-sosial-pola-berpakaian-pengguna-korean-style-di-sur#id-section-content 

Internet:

https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/eliza/6-fakta-menarik-uniqlo-brand-fashion-legendaris-dari-jepang-c1c2-1/1 diakses pada tanggal 30 Desember 2021 pada pukul 15.00 WIB


https://kumparan.com/aziza-kistikiwari-putri/fenomena-korean-wave-menjadi-jendela-fashion-remaja-indonesia-1usfRIAljEj/full diakses pada tanggal 30 Desember 2021 pada pukul 15.30 WIB


https://www.telkomsel.com/about-us/blogs/masa-depan-media-digital-dan-potensi-karir-di-industri-ini diakses pada tanggal 30 Desember 2021 pada pukul 17.00 WIB

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun