Mohon tunggu...
Widadi Muslim
Widadi Muslim Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang energik, atraktif dan murah senyum. Motivator dan penulis buku kependidikan. Juara kedua kompetisi edukasi Anlene Hidup Penuh Makna. Saat ini mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 164 Jakarta Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Teks Drama

10 Januari 2023   11:55 Diperbarui: 10 Januari 2023   12:13 1605
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Murid menjelaskan teks drama. (Foto: Dokpri)

Seperti biasanya, pagi itu Pak Jono mandi sebelum waktu Subuh, kemudian melaksanakan shalat Subuh di musholla dekat rumahnya. Tanpa sarapan pagi beliau bergegas pergi mengabdi pada ibu pertiwi. Mengajar dan mendidik anak-anak negeri. Menggapai asa, meraih mimpi.

Awan berarak mengiringi. Gerimis turun tiada henti. Sesampai di tempat tugas ia memarkir kendaraannya kemudian menuju ruang tata usaha untuk mengisi kehadiran dengan sidik jari. Hari itu pembelajaran dimulai dengan pembiasaan pagi hari, belajar literasi. Pukul 06.30 WIB pembiasaan dimulai. Pukul 07.00 WIB pembiasaan pagi diakhiri.

Pukul 07.00 WIB Pak Jono menuju kelas 8B. Ia akan mengajar Bahasa Indonesia dengan tema Teks Drama. Sebelum memulai pembelajaran Pak Jono mengajak peserta didik menyanyi. Lagunya berjudul “Aku Suka Teks Drama.” Lirik lagunya sebagai berikut:

Guru menyanyikan lagu motivasi belajar. (Foto: Dokpri)
Guru menyanyikan lagu motivasi belajar. (Foto: Dokpri)

Teks drama paling aku suka

Di sana banyak ceritanya

Yang lucu paling aku suka

Yang sedih aku kurang suka

Pak Jono kemudian mengajak peserta didik melakukan ice breaking. Semua anak berdiri, kemudian mengucapkan kata experience before label (alami sebelum menamai). Pada saat mengucapkan kata experience sambil mengepalkan kedua tangan seolah-olah berusaha lari. Kemudian ketika mengucapkan kata be fore label sambil menaruh tangan kiri di depan dada tengadah ke atas disusul dengan tangan kanan telungkup 10 cm di atas tangan kiri seolah-olah memberi tahu panjang sesuatu.

Kemudian  Pak Jono menyampaikan tujuan pembelajaran, yaitu setelah dijelaskan tentang pengertian, ciri utama, struktur dan kaidah kebahasaan teks drama peserta didik diharapkan dapat: 1) menjelaskan pengertian teks drama dengan tepat, 2) menjelaskan  ciri utama teks drama dengan tepat, 3) menjelaskan struktur teks drama dengan tepat. 4) menjelaskan kaidah kebahasaan teks drama dengan tepat. Kegiatan selanjutnya menjelaskan manfaat belajar teks drama, yaitu; mendapatkan ilmu pengetahuan, menambah wawasan, melatih keberanian, melatih keterampilan berbahasa, sebagai sarana hiburan, dan membentuk karakter.

Kemudian Pak Jono membuat  mindmapping sederhana pada papan tulis, dan meminta peserta didik untuk menjelaskannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun