“Selamat pagi anak-anak.”
“Selamat pagi, Pak Guru.”
“Bagaimana kabar kalian hari ini?”
“Alhamdulillah, sehat luar biasa, yes yes yes.”
“Alhamdulillah, okelah kalau begitu. Hari ini kita akan belajar teks deskripsi. Untuk itu silakan baca dan pahami lirik lagu yang ada di layar. Lagu tersebut berjudul “Rayuan Pulau Kelapa” ciptaan Ismail Marzuki. Apakah kalian pernah mendengarnya?”
“Pernah Pak Guru.”
“Apakah kalian bisa menyanyikannya?”
“Bisa Pak Guru.”
“Baiklah perhatikan intro dari petikan gitar pak guru kemudian kita menyanyi bersama-sama.
“Siap Pak Guru.”
Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja spanjang masa
Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala
Reff:
Melambai-lambai nyiur di pantai
Berbisik-bisik raja klana
Memuja pulau nan indah permai
Tanah aiarku Indonesia
“Alhamdulillah, luar biasa. Ternyata kalian punya bakat menyanyi. Anak-anakku, jika kita perhatikan dengan seksama lirik lagu tersebut bisa kita sebut teks deskripsi. Apakah ada yang tahu alasannya?”
“Saya Pak, karena liriknya bersisi pujaan terhadap tanah air Indonesia.”
“Bagus Nanda, ada yang mau menambahkan?”
“Karena menjelaskan tentang keindahan alam Indonesia Pak.” Jawab Rita.
“Mantap, ada lagi yang punya pendapat lain?”
“Karena lagu tersebut mendeskripsikan tentang keindahan alam Indonesia Pak.”
“Luar biasa, jawaban Bram betul. Kalian semua hebat.”
Sekarang marilah kita simpulkan pengertian teks deskripsi. Teks deskripsi adalah teks yang berisi uraian secara terperinci tentang suatu obyek. Nah sekarang pak guru akan membentuk kelompok diskusi. Kelompok pertama terdiri dari nomor absen 1 sampai 6. Kelompok kedua dari nomor absen 7 sampai 12. Kelompok ketiga dari nomor absen 13-18. Kelompok keempat dari nomor 19-24. Kelompok kelima dari nomor absen 25-30. Kelompok keenam dari nomor absen 31-36. Apakah kalian mengeri?”
“Mengerti Pak.”
“Sekarang pak guru akan menjelaskan petunjuknya, kelompok pertama membaca teks berjudul “Parangtritis Nan Indah.” Kelompok kedua membaca teks berjudul “Ayah, Panutanku.” Kelompok ketiga membaca tek berjudul “Ibu, Inspirasiku.” Kelompok keempat membaca teks berjudul “Si Bagas, Kelinciku.” Kelompok kelima membaca teks berjudul “Pesona Pantai Senggigi.” Kelompok keenam membaca teks berjudul “Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah.”
“Apakah kalian paham?”
“Paham Pak.”
Ok, dan berikutnya adalah tugas untuk kalian yaitu menuliskan topik utama yang dideskripsikan, menjelaskan rincian isi, menjelaskan pola pengelompokan isi. Hasil diskusi ditulis pada lembar kertas folio bergaris yang sudah pak guru siapkan. Jangan lupa untuk menuliskan nama kelompok, ketua kelompok dan anggota kelompok.
“Apakah kalian paham?”
“Paham Pak.”
“Tersedia waktu 20 menit bagi kalian untuk berdiskusi, kerjakan dari sekarang.”
Anak-anak hebat itu kemudian berdiri menyingkirkan tas dan alat ulis, menyusun meja, kursi dan mulai berdiskusi.
“Adakah yang bisa menyebutkan strukur teks deskripsi?”
“Berdasarkan teks bacaan yang kami baca struktur teks deskripsi tediri dari identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan atau kesan, Pak.” Jawab kelompok 4.
Sedang-asyik-asyiknya melakukan tanya jawab, tiba-tiba bel berbunyi tanda pergantian pelajaran.
“Yah, tanggung Pak.”
“Pak Guru paham kekecewaan kalian, minggu depan kita lanjutkan.”
“Ok. Pak Guru.”
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H