Content creator merupakan sebutan bagi seseorang yang melahirkan berbagai materi konten baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Nah konten-konten yang dibuat oleh para content creator itu biasanya dimuat di platform digital, seperti YouTube, Instagram, Snapchat, WordPress, dan sebagainya.
Topik-topik yang dipilih oleh para content creator juga sangat beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Keberadaan profesi content creator memang nggak lepas dari kemajuan teknologi. Apalagi dengan semakin terbukanya akses informasi, maka semakin luas kesempatan bagi kamu untuk jadi seorang content creator, yang penting niat! Jadi, ketika kita benar-benar niat dalam membuat konten, maka followers, subscribers, AdSense, endorsement, dan lainnya akan mengikutimu dengan sendirinya.
Nah, untuk menjadi seorang content creator, kita dituntut untuk punya ide-ide orisinil supaya bisa menghasilkan materi baru yang berbeda tapi tetap bisa diterima dan laku di masyarakat. Konten yang kamu buat pun diharapkan bisa menjadi trend-setter. Selain itu, jika ingin menjadi content creator yang andal dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam hal menulis, mengambil foto, merekam gambar, maupun menyunting video. Biasanya content creator banyak dibutuhkan di industri kreatif, tapi nggak sedikit pula yang bekerja secara individu.
7 Tipe Konten Kreator
- Social Butterfly
Selebgram dengan tipe social butterfly memiliki jumlah pengikut yang besar. Kekhasan mereka adalah
jangkauan jaringan pertemanan yang luas dan beragam. Hal ini menguntungkan bagi pengiklan yang ingin
meningkatkan brand awareness produknya di media sosial.
- Penggalang Opini
Selebgram dengan kemampuan membangun opini biasanya didengar banyak orang karena dianggap memiliki akses ke bidang tertentu. Selebgram dengan tipe ini memiliki kemampuan untuk menciptakan percakapan di antara para pengguna Instagram.
- Trendsetter
Selebgram dengan tipe ini selalu ingin menjadi yang pertama dalam mencoba berbagai produk baru. Dalam dunia pemasaran, selebgram dengan tipe ini sangat cocok untuk mempromosikan produk yang baru diluncurkan. Si pencipta tren ini akan dengan mudah membangun percakapan dan sensasi terhadap suatu produk.
- Selebriti
Selebriti yang juga menjadi selebgram merupakan tipe selebgram yang paling banyak pengikutnya. Hal ini karena mereka sudah terlebih dulu memiliki basis penggemar. Selebriti juga mampu memengaruhi pengikutnya untuk melakukan atau mencoba sesuatu meskipun sang selebriti belum pernah mencobanya.
- Sang Pakar
Seorang pakar bisa jadi tidak bisa sepopuler selebgram dari kalangan selebriti. Namun, selebgram tipe ini memiliki keahlian di bidang tertentu yang membuat pendapatnya didengar banyak orang. Kelebihan dari Selebgram tipe pakar ini adalah sebuah merek akan mendapat validasi tinggi karena orang yang mempromosikan produk adalah seorang pakar.
- Everyday User
Selebgram tipe ini adalah orang biasa yang tak memiliki pengaruh lebih dibandingkan selebgram tipe lainnya. Namun, selebgram tipe ini memiliki jumlah followers yang signifikan.
- Si Doyan Berbagi
Selebgram tipe ini selalu memiliki informasi terbaru sehingga orang-orang pun menjadikannya sebagai sumber informasi terkini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H