Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)
- Peserta didik dapat menghitung gamet
Sumber Pembelajaran
Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)
Penghitungan gamet
Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru memberikan salam dan berdoa bersama
Apersepsi
Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Pendahuluan Hereditas
Pemberian Acuan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
1. Â Â Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)
2. Â Â Peserta didik dapat menghitung gamet
Kegiatan Inti
1. Â Â Â Peserta didik mengambil 1 kertas yang berisi 1 soal tentang Pendahuluan Hereditas (soal terlampir)
2. Â Â Peserta didik menyimak video pembelajaran yang diberikan oleh Guru
Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)
Penghitungan gamet
3. Peserta didik membuat deskripsi sesuai dengan soal yang didapatkan, dituliskan pada kertas HVS.
   4. Peserta didik berkeliling untuk bertukar jawaban dengan peserta didik yang lainnya, sehingga tiap peserta didik mendapatkan 18       materi dan di tulis di kertas HVS nya
   5.  Peserta didik mengikuti TGT (Team Games Tournament) tentang materi Pendahuluan Hereditas dipimpin oleh Guru.
   6.  Peserta didik dan Guru membuat Kesimpulan
   7.  Peserta didik mengerjakan asesmen formatif yang diberikan oleh Guru.
Kegiatan Akhir Â
- Â Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Pendahuluan HereditasÂ
-  Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya.Â
- Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya mengerti tentang Pendahuluan HereditasÂ
-  Guru memberikan evaluasi  kepada peserta didik (tes formatif terlampir di LKPD)Â
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya
Asesmen Formatif
1. Â Jumlah macam gamet yang dihasilkan oleh individu bergenotip CcDdEEffGgHhii adalah
A. Â Â 4 Â Â
B. Â Â 8 Â
C. Â Â 16 Â Â
D. Â Â 32 Â
E. Â Â 2
2. Macam gamet yang dapat terbentuk pada individu bergenotip AaBbCC yaitu ….
A. Â ABC, AbC, aBC, dan abC
B. Â AbC, ABc, abC, dan aBC
C. Â AB, Ab, ab, dan BC
D. Â Aa, Bb, dan CC
E. Â ABC dan abC
3. Suatu individu bergenotip DdMMRr, jika gen D dengan R berpautan, dan terjadi pindah silang. Maka susunan gen pada gamet          rekombinannya adalah ….
A. Â DMR dan dMr
B. Â dMr dan DMr
C. Â DMr dan dMR
D. Â DMR dan dmr
E. Â DMr dan DMR
4. Bila genotip gamet makhluk hidup diantaranya ABC, Abc, aBc, AbC, abC, abc maka genotip individu tersebut adalah ….
A. Â AABBCC Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
B.  AaBBCc      Â
C. Â AaBbCC
D. Â AaBbCc
E. Â AABbCc
5. Biji kacang yang berwarna merah intermediet terhadap putih, bentuk bulat dominan terhadap bentuk lonjong, dan kulit licin           dominan terhadap kulit kisut. Genotip yang berbiji merah, lonjong, dan berkulit licin adalah ….
A.  MmBbLl            Â
B. Â MmbbLL Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
C. Â MmBbll
D. Â MMbbLL
E. Â Mmbbll
Penilaian = jumlah skor/ 100 x 100%
Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
menggunakan interval nilai atau skala
Tujuan PembelajaranÂ
1. Â Â Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)
2. Â Â Peserta didik dapat menghitung gametÂ
Interval Nilai
0 – 40%
Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian
41 – 65%
Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan
66% - 85%
Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi
86% - 100%
Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H