Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LKPD 1 Pendahuluan Hereditas Modul Pola Hereditas Fase F Kelas 12

26 Desember 2024   09:58 Diperbarui: 26 Desember 2024   09:58 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)
  • Peserta didik dapat menghitung gamet

Sumber Pembelajaran

Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)

https://youtu.be/usfaAw-pGMs

Penghitungan gamet

https://youtu.be/-0f16-mp-30

Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Guru memberikan salam dan berdoa bersama

Apersepsi

Guru menanyakan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari yang dikaitkan dengan materi Pendahuluan Hereditas

Pemberian Acuan

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

1.     Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)

2.     Peserta didik dapat menghitung gamet

Kegiatan Inti

1.      Peserta didik mengambil 1 kertas yang berisi 1 soal tentang Pendahuluan Hereditas (soal terlampir)

2.     Peserta didik menyimak video pembelajaran yang diberikan oleh Guru

Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)

Penghitungan gamet

3. Peserta didik membuat deskripsi sesuai dengan soal yang didapatkan, dituliskan pada kertas HVS.

     4. Peserta didik berkeliling untuk bertukar jawaban dengan peserta didik yang lainnya, sehingga tiap peserta didik mendapatkan 18            materi dan di tulis di kertas HVS nya

     5.   Peserta didik mengikuti TGT (Team Games Tournament) tentang materi Pendahuluan Hereditas dipimpin oleh Guru.

     6.   Peserta didik dan Guru membuat Kesimpulan

      7.   Peserta didik mengerjakan asesmen formatif yang diberikan oleh Guru.

Kegiatan Akhir  

  •  Resume: Guru membimbing peserta didik membuat kesimpulan tentang Pendahuluan Hereditas 
  •  Refleksi: Memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk mengrefleksi pembelajaran pada hari ini,supaya terjadi evaluasi dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pertemuan selanjutnya. 
  • Guru memberikan contoh pembiasaan positif kesadaran terhadap pentingnya mengerti tentang Pendahuluan Hereditas 
  •  Guru memberikan evaluasi  kepada peserta didik (tes formatif terlampir di LKPD) 
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya

Asesmen Formatif

1.  Jumlah macam gamet yang dihasilkan oleh individu bergenotip CcDdEEffGgHhii adalah

A.    4   

B.    8  

C.    16   

D.    32  

E.     2


2. Macam gamet yang dapat terbentuk pada individu bergenotip AaBbCC yaitu ….

A.  ABC, AbC, aBC, dan abC

B.  AbC, ABc, abC, dan aBC

C.  AB, Ab, ab, dan BC

D.  Aa, Bb, dan CC

E.  ABC dan abC


3. Suatu individu bergenotip DdMMRr, jika gen D dengan R berpautan, dan terjadi pindah silang. Maka susunan gen pada gamet                   rekombinannya adalah ….

A.  DMR dan dMr

B.  dMr dan DMr

C.  DMr dan dMR

D.  DMR dan dmr

E.  DMr dan DMR


4. Bila genotip gamet makhluk hidup diantaranya ABC, Abc, aBc, AbC, abC, abc maka genotip individu tersebut adalah ….

A.  AABBCC                      

B.  AaBBCc           

C.  AaBbCC

D.  AaBbCc

E.  AABbCc


5. Biji kacang yang berwarna merah intermediet terhadap putih, bentuk bulat dominan terhadap bentuk lonjong, dan kulit licin                    dominan terhadap kulit kisut. Genotip yang berbiji merah, lonjong, dan berkulit licin adalah ….

A.  MmBbLl                       

B.  MmbbLL                      

C.  MmBbll

D.  MMbbLL

E.  Mmbbll


Penilaian = jumlah skor/ 100 x 100%

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)

menggunakan interval nilai atau skala

Tujuan Pembelajaran 

1.     Peserta didik dapat menjelaskan Pendahuluan Hereditas (Istilah penting dalam Hereditas)

2.     Peserta didik dapat menghitung gamet 

Interval Nilai

0 – 40%

Artinya belum mencapai KKTP, remedial di seluruh bagian

41 – 65%

Artinya belum mencapai ketuntasan, remedial dibagian yang diperlukan

66% - 85%

Artinya sudah mencapai ketuntasan tidak perlu remidi

86% - 100%

Artinya sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun