Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata PMM Pelatihan Mandiri Topik Gizi Remaja SMA/K Tema Aksi Bergizi

24 Januari 2024   22:11 Diperbarui: 24 Januari 2024   22:14 3724
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar pada Topik Gizi Remaja SMA/K dengan tema Aksi Bergizi.

Pada aksi nyata ini saya akan memaparkan kegiatan saya dengan peserta didik kelas 11 MIPA yang mempelajari pada materi Sistem Pencernaan. Pada materi Sistem Pencernaan, pada pertemuan pertama, peserta didik akan diajak untuk memahami Gizi yang baik untuk fase pertumbuhan nya. Gizi yang baik adalah makanan yang di makan sesuai dengan porsi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu saya mengajak semua peserta didik untuk melakukan kegiatan Sarapan bersama di kelas, sekaligus saya minta peserta didik untuk menganalisa zat makanan apa yang dijadikan sarapan dan diminta untuk menghitung jumlah kalori yang ada.

Berikut adalah dokumentasi peserta didik dalam kegiatan sarapan bersama. Dengan kegiatan sarapan bersama maka akan membiasakan semua peserta didik wajib sarapan tiap pagi, karena pentingnya sarapan untuk kelanjaran pembelajaran di sekolah, sehingga prestasipuny bagus.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Selain itu berikut adalah foto analisis penghitungan kalori dari sarapan yang dimakan oleh peserta didik

dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
Selain itu karena semua peserta didik pasti suka jajan, maka saya meminta semua peserta didik untuk membeli jajan di warung sekolah dan harus dilihat dan dianalisis jumlah kalori dari jajan tersebut. Berikut dokumentasi Ketika peserta didik jajan di kantin sekolah.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Selain itu pada penjelasan proses makanan di cerna dalam sistem pencernaan, saya ajak semua peserta didik untuk bermain peran (role playing) tentang proses makanan di cerna oleh tubuh kita. Berikut adalah dokumentasi pada saat peserta didik bermain peran dalam Sistem Pencernaan

dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
Selain itu terdapat kegiatan rutin yang penting bekerja sama dengan Puskesmas yaitu pemberian obat Tablet Tambah Darah (TTD) kepada para peserta didik Perempuan. Karena pada Wanita, setiap bulan mengalami menstruasi sehingga bisa menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah. Untuk itu terdapat kegiatan pemberian pil penambah darah. Berikut adalah dokumentasi Dimana petugas Tablet Tambah Darah (TTD) berkeliling kelas, untuk memberikan tablet penambah darah kepada semua peserta didik yang Wanita.

Berikut adalah dokumentasi pemberian obat Tablet Tambah Darah (TTD)

dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
Berikut adalah dokumentasi Umpan Balik Peserta didik

dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi
dokumen pribadi

Deskripsi 

Pembelajaran untuk peserta didik kelas 11 MIPA tentang Sistem Pencernaan. Saya mengajak semua peserta didik untuk sarapan bersama, untuk bisa melatih kebiasaan pentingnya sarapan. Kemudian ada kegiatan bekerja sama dengan Puskesmas setempat dengan kegiatan Tablet Tambah Darah (TTD) untuk peserta didik Wanita untuk menghindari penyakit anemia. Selain itu terdapat kegiatan Pendidikan gizi dan proses pencernaan dengan bermain peran (role playing) sehingga semua murid belajar sambil bermain. Semua kegiatan tersebut dapat mendukung untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Refleksi 

Perubahan sikap yang saya dan murid alami saat melakukan aksi nyata ini adalah kebiasaan sarapan yang akan selalu kami lakukan, karena kami sadar pentingnya sarapan di pagi hari. Kemudian kegiatan TTD (Tablet Tambah Darah) sangat penting untuk terhindar dari penyakit anemia. Dan kegiatan Pendidikan gizi dengan role playing yang membuat semua murid mengerti tentang pentingnya makanan yang bergizi.

Pengetahuan dan ketrampilan baru yang didapatkan dari proses ini adalah pentingnya sarapan, pemberian TTD dan Pendidikan gizi kepada semua peserta didik yang masih dalam masa pertumbuhan.

Hal berbeda yang akan saya terapkan setelah melakukan aksi nyata ini adalah akan selalu mengajak semua murid untuk sarapan, meminum obat TTD dan membuat pembelajaran tentang system pencernaan (Gizi) lebih menarik lagi supaya semua murid paham akan pentingnya gizi di masa pertumbuhan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun