Pada semester 2 ini pasti banyak minggu yang tidak efektif, karena adanya libur Ujian Sekolah Kelas 12 , selain itu libur menyambut bulan Ramadhan, dan libur Hari Idul Fitri. Padahal materi yang harus di sampaikan masih banyak. Ya.. saya mengalami hal ini, sangat dilema saat kita belum memberikan materi secara tuntas. Maka untuk mensiasati, saya harus membuat pembelajaran yang berkualitas dengan waktu yang singkat.
Untuk materi Animalia yang sangat banyak tentunya akan memakan waktu yang lama, kalau kita jelaskan satu persatu. Jadi yang saya lakukan adalah membagi kelas menjadi 9 kelompok, yaitu
1. Kelompok Prorifera
2. Kelompok Coelenterata
3. Kelompok Platyhelmintes
4. Kelompok Nemathelmintes
5. Kelompok Annelida
6. Kelompok Moluska
7. Kelompok Echinodermata
8. Kelompok Arthropoda
9. Kelompok Chordata
Kemudian saya memberi sumber pembelajaran berupa video materi Animalia
Bab. Animalia
Pendahuluan Animalia
Phylum Porifera
Phylum Coelenterata (Hewan berongga)
Phylum Platyhelmintes (cacing pipih)
Phylum Nemathelmintes (cacing gilig)
Phylum Annelida (Cacing gelang)
Phylum Molusca
Phylum Echinodermata
Phylum Arthropoda
Phylum Chordata
Saya meminta peserta didik untuk membuat kertas presentasi yang bersumber pada video pembelajaran sesuai dengan tema tiap kelompok. Berikut adalah contoh kertas presentasi yang dibuat oleh murid saya
Untuk presentasi saya menggunakan metode stand to stand. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu
- Tiap kelompok, 1 anggota kelompok berperan menjaga stand, mempunyai kewajiban menjawab semua pertanyaan pengunjung
- Selain penjaga stand maka murid yang lain bertugas sebagai visitor atau pengunjung ke stand - stand kelompok lain, mempunyai hak untuk mengajukan pertanyaan, menuliskan komentar terhadap penyajian kelompok yang dikunjungi dan memberikan nilai terhadap kelompok yang dikunjungi
- Nilai kemudian di buat rata-rata, sebagai nilai penilaian antar kelompok.
- Setiap kelompok mempresentasikan komentar yag sudah di tulis buat kelompok- kelompok lain
- Setiap kelompok mengutarakan refleksi pembelajaran
- Setiap murid wajib untuk menuliskan rangkuman 9 Phylum pada buku catatan biologi.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut iniÂ
Dengan menggunakan model presentasi stand to stand maka pembelajaran Animalia dapat dilaksanakan dalam waktu yang efektif dan efisien. Selanjutnya saya membuat soal - soal dalam nentuk Quisziz supaya semua murid saya berlatih tentang soal- soal pada materi Animalia. Dengan berlatih mengerjakan soal Animalia maka membuat murid- murid saya mengerti tentang materi Animalia. Untuk soal- soal nya di tunggu pada tulisan berikutnya ya...Â
Mudaha-mudahan cara mengajar materi Animalia secara efektif dan efisien ini dapat bermanfaat... Salam sehat dan sukses selalu....Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H