Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Laporan IKI: Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dengan Metode TTW Materi Substansi Genetika Kelas 12

4 Oktober 2022   22:06 Diperbarui: 4 Oktober 2022   23:49 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tahap Kedua Talk (Presentasi). Dokpri

A. Deskripsi Permasalahan yang dihadapi

Masalah yang dihadapi adalah kurangnya keaktifan peserta didik, tertutama dalam berbicara dan menulis. Peserta didik diminta untuk berpikir setelah melihat video pembelajaran, kemudian pesert didik diminta untuk berbicara atau presentasi tentang hal yang sudah dipikirkan, kemudian peserta didik diminta untuk bisa menuliskan gagasan yang sudah dipikirkan dan di presentasikan. 

B. Akar Permasalahan 

Permasalahan ini terjadi karena efek dari musim pandemi, dimana peserta didik harus belajar di rumah, dan tentunya peserta didik kurang mendapat pengalaman pembelajaran seperti berdiskusi, presentasi, bersosialisasi dengan Guru dan teman. 

C. Alternatif Solusi 

Berdasarkan masalah yang dihadapi maka saya sebagai Guru membuat metode pembelajaran yang dapat mengatasi masalah yaitu metode pembelajaran TTW (Think- Talk - Write) 

Tahapan Metode TTW adalah

  1. Tahap pertama : Think: peserta didik diminta untuk berpikir tentang suatu masalah atau topik yang akan kita bahas.
  2. Tahap kedua : Talk : peserta didik diminta untuk menyampaikan atau mempresentasikan hasil berpikir terhadap maslaah tersebut.
  3. Tahap Ketiga : Write : peserta didik diminta untuk menuliskan solusi dari permasalahan tersebut.

Tahap pertama Think (berpikir). Dokpri
Tahap pertama Think (berpikir). Dokpri

 

Tahap Kedua Talk (Presentasi). Dokpri
Tahap Kedua Talk (Presentasi). Dokpri
Tahap Ketiga Write (menulis). Dokpri
Tahap Ketiga Write (menulis). Dokpri
D. Hasil Pemecahan Masalah 

Setelah metode pembelajaran TTW di terapkan di kelas 12 IPA / IPS LM ternyata membuat peserta didik menjadi aktif, semua melaksanakan tahapan TTW dengan hati bahagia, dan materi Substansi Genetika lebih mudah untuk dihafalkan dengan metode pembelajaran TTW. 

Hasil belajar peserta didik juga meningkat dilihat dari nilai kuis yang 90% mendapatkan nilai sempurna 100. 

E. Pemecahan Masalah 

Masalah rendahnya minat literasi digital, minat menulis dan kemampuan presentasi dapat di atasi dengan metode pembelajaran TTW (Think - Talk - Write) dan alhamdulillah metode TTW sangat efektif dan sukses untuk bisa meningkatkan kemampuan literasi digital, menulis dan berbagi peserta didik. 

Berikut adalah Video Laporan IKI 


Selain video, untuk Laporan IKI yang pemecahan masalah juga harus menyertakan File Laporan IKI Wety Dwi Yuningsih Bulan September 2022(Unduh Disini)

Selain itu pada IKI TRK Jabar, kita juga diwajibkan untuk mengupload Video pembelajaran dilengkapi dengan file PDF nya.  

Berikut adalah video pembelajaran materi Substansi Genetika 

Dan untuk File PDF Materi Substansi Genetika (Unduh Disini)

 Demikian tadi penjelasan tentang kedua video yang harus di upload di IKI TRK Jabar. Kedua video harus di upload dulu ke chanel Youtube, baru link Youtube di sematkan pada laporan IKI TRK JABAR.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun