Pembelajaran Virus pada kelas 10 Kurtilas kali ini saya akan mencoba dengan Metode Computational Thinking. Karena materi Biologi Kelas 10 yang cukup banyak, maka untuk pertemuan virus ini saya memakai 2 kali pertemuan, dimana satu pertemuan 3x 45 menit (3 JP).Â
Metode Computational thingking terdiri dari 4 tahap yaitu Abstraksi, Dekomposisi, Algoritma dan Pengenalan Pola.Â
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat RPP Virus CT 2022 (Unduh Disini)
Pertemuan Pertama
Pada pertemuan pertama (3 x 45 menit)
Tahap abstraksi
Guru memberikan referensi video dan meminta semua peserta didik menuliskan hal penting pada video tersebut pada selembar kertas yang di bagikan. Â
Pada tahap kedua adalah Dekomposisi, peserta didik diminta untuk berdiskusi mengerjakan LKPD dalam kelompok. Berikut adalah LKPD Bentuk dan Struktur Virus (Unduh Disini)
Pada tahap ketiga adalah Algoritma, peserta didik dalam kelompok diminta untuk berdiskusi mengerjakan LKPD kedua yaitu LKPD Reproduksi Virus (Unduh Disini)
Pada tahap keempat adalah Pengenalan pola, Guru meminta peserta didik dalam kelompok bisa membedakan antara siklus litik dan siklus lisogenik pada virus.
Video Reproduksi VirusÂ
Pertemuan kedua
2. Peranan virus yang merugikanÂ
Tahap kedua adalah dekomposisi, peserta didik dalam kelompok mengerjakan LKPD Peranan Virus (Unduh Disini) dan LKPD Penyakit pada Hewan dan Tumbuhan (Unduh Disini)
Tahap ketiga adalah algoritma, peserta didik dalam kelompok dapat menyebutkan virus yang menguntungkan dan merugikan.Â
Tahap keempat adalah Pengenalan Pola, peserta didik dalam kelompok dapat membedakan virus yang menguntungkan dan virus yang merugikan, serta virus yang menyebabkan penyakit pada hewan dan tumbuhan.Â
Demikian tadi rencana pembelajaran Virus dengan metode Computational Thinking Kelas 10 Kurtilas. Mudah-mudahan dapat menginspirasi...
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H