Pembelajaran Virus pada kelas 10 Kurtilas kali ini saya akan mencoba dengan Metode Computational Thinking. Karena materi Biologi Kelas 10 yang cukup banyak, maka untuk pertemuan virus ini saya memakai 2 kali pertemuan, dimana satu pertemuan 3x 45 menit (3 JP).Â
Metode Computational thingking terdiri dari 4 tahap yaitu Abstraksi, Dekomposisi, Algoritma dan Pengenalan Pola.Â
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat RPP Virus CT 2022 (Unduh Disini)
Pertemuan Pertama
Pada pertemuan pertama (3 x 45 menit)
Tahap abstraksi
Guru memberikan referensi video dan meminta semua peserta didik menuliskan hal penting pada video tersebut pada selembar kertas yang di bagikan. Â
Pada tahap kedua adalah Dekomposisi, peserta didik diminta untuk berdiskusi mengerjakan LKPD dalam kelompok. Berikut adalah LKPD Bentuk dan Struktur Virus (Unduh Disini)
Pada tahap ketiga adalah Algoritma, peserta didik dalam kelompok diminta untuk berdiskusi mengerjakan LKPD kedua yaitu LKPD Reproduksi Virus (Unduh Disini)
Pada tahap keempat adalah Pengenalan pola, Guru meminta peserta didik dalam kelompok bisa membedakan antara siklus litik dan siklus lisogenik pada virus.