Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Analisis Capaian Pembelajaran (CP) dan Tujuan Pembelajaran (TP) Fase E Biologi Kurikulum Merdeka

5 Juli 2022   19:51 Diperbarui: 5 Juli 2022   20:30 42985
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada tahun ajaran baru ini diharapkan sekolah melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka, maka hampir semua sekolah mengadakan IHT (In House Training) untuk membahas Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Ada perubahan kata dari kurtilas ke kurikulum merdeka. Pada Kurikulum Merdeka, tidak ada penetapan KI-KD yang ada adalah keseragaman CP (Capaian Pembelajaran). Berikut adalah CP semua mata pelajaran dan semua fase (Unduh Disini)

Setelah kita membaca CP (Capaian Pembelajaran) maka kita lakukan analisis CP untuk bisa menjadi TP (Tujuan Pembelajaran). Pelajaran Biologi pada Fase E setara dengan kelas 10 mendapatkan 72 jam pelajaran (JP) dalam satu tahun dan 36 JP untuk proyek kolabirasi dalam satu tahun. Jadi dalam satu semester mendapat 72 dibagi 2 yaitu 36 jam pelajaran (JP).

Sesuai dengan CP terdapat 5 materi atau Bab atau Konten yang harus dipelajari di Fase E yaitu

  1. Keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya
  2. Virus dan peranannya, 
  3. Inovasi teknologi biologi, 
  4. Komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
  5. Perubahan lingkungan.

Kelima materi tersebut dibagi menjadi 2, untuk semster pertama dipelajari keanekaragaman dan virus. Sedangkan untuk semster kedua adalah inovasi teknologi biologi, komponen ekosistem, dan perubahan lingkungan.

Untuk semester pertama, 36 jam pelajaran dibagi 2 materi, jadi masing-masing mendapat 18 JP (1 minggu = 2 JP) maka terdapat 9 kali pertemuan. Jadi materi keanekaragaman hayati mendapatkan 9 kali pertemuan dan virus mendapatkan 9 kali pertemuan. 

Tahap awal kita analisis CP menjadi Lingkup materi (Konten) dan Unit pembelajaran. 

Semester 1

Konten : Keanekaragaman Hayati

Unit Pembelajaran :

  • Tipe Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas)
  • Tipe Ekosistem (Air dan Darat)
  • Penyebaran Flora dan Fauna Indonesia
  • Ancaman dan Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati
  • Manfaat dan dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
  • Urutan Takson Hewan dan Tumbuhan
  • Tata Nama Bionomial Nomenklatur
  • Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup
  • Pembuatan Kladogram

Konten : Virus dan perananya

Unit Pembelajaran :

  • Asal, Bentuk dan Struktur Virus
  • Reproduksi Virus
  • Klasifikasi Virus
  • Peranan Virus yang menguntungkan dan merugikan
  • Penyakit pada Hewan dan Tumbuhan yang disebabkan oleh virus
  • Pencegahan dan Pengobatan Infeksi Virus
  • Pandemi Covid 19, dampak dan solusinya
  • Pembiakan Virus
  • Viroid dan Prion

Semester 2

Konten : Inovasi teknologi biologi

Unit Pembelajaran :

  • Bioteknologi konvensional
  • Bioteknologi Modern (Transgenik dan Teknik DNA Rekombinan)
  • Kultur Jaringan Tumbuhan, klonning dan bayi tabung
  • Hibridoma, Teknik plasmid dan peranan mikroorganisme dalam bioteknologi
  • Praktikum Bioteknologi Konvensional (STEM)
  • Dampak negative Bioteknologi

Konten : Komponen ekosistem dan interaksi antar komponen

Unit Pembelajaran :

  • Pengertian Ekologi, Faktor Biotik dan Abiotik
  • Interaksi antar spesies, rantai makanan, jarring-jaring makanan
  • Piramida Ekologi dan Produktivitas Ekosistem
  • Daur Biogeokimia dan Suksesi primer sekunder
  • Praktikum Pembuatan Hasil Karya Jaring Makanan dan Daur Biogeokimia (STEM)
  • Komponen Ekosistem ku. (Pembelajaran STEM)

Konten : Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup

Unit Pembelajaran :

  • Perubahan Lingkungan dan Pencemaran Air
  • Pencemaran udara dan tanah
  • Macam-macam Limbah dan Upaya mengatasi masalah lingkungan
  • Pemanfaatan Limbah dan Etika Lingkungan
  • Praktikum Pembuatan Infografis Gagasan Masalah Lingkungan (STEM)
  • Akumulasi Bahan Pencemar dalam Rantai Makanan (Biomagnifikasi) serta Adaptasi dan Mitigasi terhadap Perubahan Lingkungan

 Langkah selanjutnya adalah menentukan TP (Tujuan Pembelajaran) dengan cara menambahkan kata Peserta didik dan KKO (Kata Kerja Operasional) + unit pembelajaran.

Contoh : Peserta didik dapat mengindentifikasi Perubahan Lingkungan dan Pencemaran Air

Berikut adalah file Analisis CP dan TP Fase E Biologi (Unduh Disini)

Dan untuk lebih jelasnya silahkan menonton video pemaparan analisis CP dan TP Fase E Biologi

Demikian tadi pemaparan analisis CP dan TP Fase E Biologi Kurikulum Merdeka. Untuk selanjutnya saya akan memaparkan tentang pembuatan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), ditunggu ya... Terimakasih... Mudah-mudahan dapat menginspirasi....

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun