Pada hari selasa, 5 April 2022 diadakan pendampingan Guru Penggerak oleh Pengajar Praktik yang hebat Bu Dini Siti Anggareni di SMAN 1 Cililin, mendampingi CGP SMAN 1 Cililin yaitu Siska Amelia dan Wety Dwi Yuningsih.
Kegiatan pendampingi diawali dengan diskusi dengan bapak Kepala Sekolah Bapak Utis Sutisna, M.Pd, tentang refleksi dan dukungan kepala sekolah terhadap CGP dan program Guru Penggerak.
Selanjutnya praktik mengajar penerapan budaya positif, pembelajaran diferensiasi dan sosial emosional. Kebetulan saya laksanakan di kelas 11 IPS 3.
Praktik Mengajar di Kelas 11 IPS 3
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Sistem Panca Indra Manusia. Karena saya mengajar di IPS dan supaya materi ini tidak membuat bosan murid-murid, maka saya rancang kelas di bagi menjadi 5 kelompok, yaitu
   Kelompok 1 : Panca Indra Kulit
Kelompok 2 : Panca Indra Hidung
Kelompok 3 : Panca Indra Lidah
Kelompok 4 : Panca Indra Telinga
Kelompok 5 : Panca Indra Mata
Selain itu karena saya akan melaksanakan pembelajaran diferensiasi maka pada minggu sebelumnya saya sudah membuat pemetaan kebutuhan siswa berdasarkan pada minat siswa, kesiapan materi yang dipilih dan profil belajar siswa. Saya memberikan kebebasan untuk tiap kelompok menampilkan presentasi panca indra sesuai dengan minatnya. Tabel Pemetaan Siswa terlampir di RPP.
Sebelum menyimak pemaparan praktik mengajar saya, bila ingin melihat RPP Pembelajarann Diferensiasi, Sosial Emosional dan Penerapan Budaya Positif Materi Panca Indra kelas 11 IPA IPS LM unduh disini)
1. Praktik Budaya positif
Tahap awal saya ajak murid- murid untuk membuat kesepakatan kelas tentang aturan dalam presentasi di kelas (budaya positif).
Tata cara Presentasi Kelompok Panca Indra
1. Â Â Waktu presentasi 5 -- 10 menit
2. Â Â Kelompok audience harus memperhatikan kelompok yang tampil
3. Â Â Tidak ada pertanyaan untuk kelompok yang tampil
4. Â Â Kelompok audience berhak untuk menilai kelompok yang tampil
5. Â Â Kelompok yang tampil diperbolehkan untuk mengulang bila memang diperlukan.
2. Praktik Pembelajaran Diferensiasi
Kelima kelompok presentasi dengan baik dan sesuai kesepakatan kelas.
Produk presentasi pun berbeda tiap kelompok
Kelompok 1 : Panca Indra Kulit (dengan lagu)
Kelompok 2 : Panca Indra Hidung (dengan lagu)
Kelompok 3 : Panca Indra Lidah (dengan lagu)
Kelompok 4 : Panca Indra Telinga (dengan pod cast)
Kelompok 5 : Panca Indra Mata (dengan presentasi ilmiah)
3. Praktik pembelajaran sosial emosional
Pada akhir pembelajaran dilaksanakan kegiatan refleksi pembelajaran bersama dengan murid.
4. Diadakan evaluasi berupa post tes
Post tes yang saya lakukan di kombinasikan dengan permainan supaya anak merasa senang. Jadi  saya membagikan kertas kepada seluruh murid, selanjutnya saya ajukan satu pertanyaan : Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang kamu ketahui tenang salah satu panca indra !Setelah itu dalam hitungan ketiga saya minta semua murid melempar kertas tersebut dan hitungan ke lima sampai 10 semua murid harus mencari satu kertas yang bukan miliknya, selanjutnya saya minta semua murid untuk membaca secara serempak dan dengan lantang. Alhamdulillah semua murid bahagia dan puas dengan pembelajaran hari ini.
Untuk lebih jelasnya berikut adalah video dokumentasi pembelajaran diferensiasi, sosial emosional dan penerapan budaya positif
Demikian tadi pemaparan parktik baik pembelajaran diferensiasi, soasial emosional dan penerapan budaya positif materi Panca Indra kelas 11 IPA IPS LM. Mudah-mudahan dapat menginspirasi... Salam sehat dan bahagia selalu....
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H