Mohon tunggu...
Achmad Suwefi
Achmad Suwefi Mohon Tunggu... Administrasi - pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Money

Untung Rugi Market Claim

30 Juli 2015   16:56 Diperbarui: 12 Agustus 2015   03:39 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Quality, Time and Money / sumber : vatsgroup.com)

Sebagai pekerja yang bekerja di Manufactur yang memproduksi produk elektronik dan berkecimpung di bagian Engineering utamanya model yang dijual dipasaran. Tentunya kita sering menemukan kondisi produk yang dihasilkan diketemukan cacat atau NG (Not Good) dipasaran ataupun diend user lainnya (contoh perusahan pemegang merk yang menerima produk setengah jadi dari sebuah perusahaan).

Bermacam-macam jenis kegagalan sebuah produk mulai dari appearance atau kondisi luar sebuah produk yang diketemukan scratch, broken hingga missing atau ada part yang tidak dipasang. Sedangkan kegagalan produk lainnya adalah mengacu pada kegagalan fungsi kerja dari sebuah produk misalnya tidak bisa dinyalakan alias mati, suara yang tidak maksimal hingga kesalahan kode sebuah negara dalam prosesor.

Jelas secara margin keuntungan market claim ataupun komplain customer dapat mengurangi keuntungan karena adanya :

 - beban harus melakukan rework atau sortir terhadap produk yang telah dibuat

 - beban untuk penambahan waktu kerja yakni OT (Over Time) karena harus memenuhi jadwal pengiriman ke Customer

 - beban part reject atau part yang tidak bisa digunakan yang bisa jadi akan dibebankan kepada perusahaan tersebut

 - beban untuk biaya tambahan yang diperlukan jika harus melakukan rework/ sortir di tempat end user ataupun hingga customer (seperti yang pernah dialami penulis kala bekerja di PT. SEI (Sony Electronics Indonesia)

 - yang bikin pusing ya itu harus menjawab pertanyaan Customer yang Why-Why bisa sampai tujuh step hingga root cause atau penyebab sesungguhnya diketemukan

 - dan beban biaya tambahan lainnya yang tentunya menjadi kerugian dari perusahaan yang membuat kesalahan terhadap produk yang dibuat.

Untungnya .. dalam pandangan penulis tentu ada (dibalik sebuah kegagalan pasti ada sesuatu hal positif yang bisa dipetik). Apa itu ?

 - Improve your skill , khususnya dibidang bahasa, teknik untuk menganalisa dan solving problem. Kalau untuk bahasa utamanya Inggris karena requirement dari Customer meminta report dalam bahasa Inggris

 - Bussiness Trip ke Luar Negeri alias perjalanan dinas ke Sales Service Center (Wah kalau yang dijamin menjadi untung tersendiri bagi penulis).

Walau status Business Tripnya adalah rework atau sortir produk di tempat sales namun perjalanan keluar negeri itu tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi penulis yang kebetulan waktu di PT. SEI dikirim ke Dubai, UEA untuk follow up problem DVD model yang tidak bisa mendeteksi kode negara (standard kode untuk negara Arab, namun settingan masih kode negara Jepang) sehingga mau tidak mau harus melakukan rework hampir enam ribu produk yang di-recall untuk dilakukan penggantian IC program.

Dijamin dech bakalan seru, selain bekerja plus bertemu dengan Operator asal India dan Pakistan yang asli butuh waktu lebih untuk membuat mereka memahami proses rework produk tersebut tetapi juga bisa jalan-jalan keliling kota Dubai hingga menikmati pantai dan gedung tertinggi disana diwaktu libur yakni hari Jum’at (maklum sabtu dan minggu masuk).

Sisi ekonomisnya keuntungan market claim , apalagi kalau bukan uang jalan yang disesuaikan dengan lamanya kita bussiness trip (di Dubai penulis sekitar dua bulan) plus tentunya lembur sabtu dan minggu (kalau Minggu dijamin waktu di Indonesia tidak pernah masuk). Namun karena hari liburnya Jum’at dan perhitungan menggunakan OT di Indonesia ya Minggu membuat pendapatan bulanan bertambah.

So .. Market Claim memang memberikan dua sisi mata uang yang berbeda utamanya bagi kita yang bekerja sebagai Produk Engineering. Disatu sisi kita pusing dengan solving problem plus beban kerugian yang ditanggung perusahaan tempat kita bekerja, disisi lain secara ekonomi dan non teknis memberi nilai tambah bagi kita.

Tetapi alangkah bagusnya jika kita mampu menekan kegagalan dari produk yang kita buat sehingga tidak muncul Market Claim dari end user maupun customer.

#TidakpakaipartNG

#TidakbuatbarangNG

#TidakkirimbarangNG

#CustomerSatisfaction

 

Salam Kompasiana,

 

Wefi

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun