Tiga hari lalu, saya menulis sebuah artikel berjudul Metaverse, Bagaimana Persiapan Anda? dengan pernyataan pembuka
Siapa yang akan memiliki metaverse? Berapa nilainya? Apakah itu buruk bagi anak-anak---atau bagi demokrasi? Haruskah kita melarangnya? Namun hanya sedikit orang yang dapat dengan jelas mengatakan apa itu metaverse atau mengapa itu menjadi penting.
Proyek terbaru Facebook, metaverse, menjanjikan masa depan realitas virtual dan pengalaman di luar batasan dunia nyata. Sepertinya kita perlu berhati-hati melangkah ke dalam realitas simulasi. Menjalani kehidupan virtual, tidak peduli seberapa penuh pengalaman baru, kesuksesan, dan kesenangan, tidak akan memuaskan. Bahkan, jika kita kadang-kadang suka menyerah pada daya pikat fantasi, kita harus berhati-hati memasuki dunia yang dikuratori oleh perusahaan yang dituduh menempatkan keuntungan di atas kesejahteraan penggunanya. Metaverse mungkin mesin pengalihan dari apa yang paling kita pedulikan.
Jika Anda hidup di dunia nyata selama seminggu terakhir ini, Anda pasti menyadari bahwa Mark Zuckerberg telah membuat banyak kehebohan tentang sesuatu apa yang dia sebut 'Metaverse'. Dengan menggunakan teknologi realitas virtual yang dianggap mutakhir, Zuckerberg percaya bahwa metaverse akan menjadi "penerus internet seluler" dan akan memungkinkan orang, di mana pun mereka berada di dunia, 'merasa hadir - seperti kita ada di sana bersama orang-orang yang tidak peduli seberapa jauh jarak kita yang sebenarnya'. Zuckerberg ingin kita mempercayai bahwa masa depan akan menjadi masa di mana kita semua dapat menghuni di alam semesta virtual di luar dunia nyata; di mana kita tidak dibatasi oleh geografis dari kehidupan yang kita jalani saat ini.
Tentu saja ada kekhawatiran yang dilakukan Facebook atau nama baru 'Meta'. Berbagai pertempuran hukum yang terjadi saat ini, gema pelanggaran privasi, baik karena desain atau insiden, serta pengungkapan whistleblower baru-baru ini bahwa Facebook menempatkan sedikit perhatian untuk kesejahteraan bagi penggunanya, haruslah membuat kita semua waspada.
Dalam Anarchy, State and Utopia tahun 1974, filsuf Robert Nozick meminta kita untuk membayangkan bahwa kita memiliki kesempatan untuk memasukkan diri kita ke dalam 'experience machine'. Para ilmuwan mampu menempatkan diri Anda dan merangsang otak Anda sedemikian rupa. Sehingga, sejauh yang Anda ketahui, Anda memiliki pengalaman yang paling indah. 'experience machine' dapat diprogram untuk membuat Anda merasa menjalani kehidupan seorang novelis hebat, dengan hubungan yang memuaskan, atau dengan kemewahan hedonistik.
Metaverse Facebook tampaknya menjadi sejenis 'experience machine'. Belum jelas seperti apa kehidupan di metaverse, tetapi tampaknya tidak mungkin kita bisa menjalani kehidupan seperti apa yang kita inginkan. Terlebih lagi, dalam eksperimen pemikiran Nozick, siapa pun yang terhubung ke 'experience machine' tidak menyadari bahwa pengalaman mereka tidak nyata. Meskipun demikian, Zuckerberg menjanjikan untuk memberi kita kesempatan untuk memiliki pengalaman tertentu secara virtual yang tidak dapat kita miliki dalam kehidupan nyata.
Nozick percaya bahwa respons alami dan intuitif terhadap hidup seseorang yang terhubung dengan 'experience machine' adalah kata 'tidak'. Ia menawarkan tiga alasan, terlepas dari daya tarik yang dangkal untuk menjalani pengalaman impian terliar kita, kebanyakan dari kita akan menolak kesempatan untuk menghabiskan seumur hidup di 'experience machine'. Pertama, dia berpendapat, "kami ingin melakukan hal-hal tertentu, dan tidak hanya memiliki pengalaman untuk melakukannya" Anarchy, State and Utopia hal 43. Dengan kata lain, jika saya adalah seseorang yang ingin menulis karya fiksi yang hebat, Nozick berpendapat, saya ingin benar-benar melakukannya dan tidak hanya memiliki pengalaman simulasi yang melakukannya.
Kedua, Nozick menjelaskan bahwa ketika kita mengatakan kita ingin menjadi tipe orang tertentu, kita mengekspresikan keinginan untuk sungguh-sungguh menjadi orang itu. Anda mungkin berpikir bahwa Anda adalah tipe orang yang menulis fiksi hebat, tetapi sebenarnya Anda adalah tipe orang yang tidak melakukan apa-apa. Tampaknya tidak mungkin bahwa ini adalah tipe orang yang diharapkan banyak orang.
Ketiga, klaim Nozick seharusnya membuat kita mempertanyakan kesediaan kita untuk mengikuti Zuckerberg ke metaverse. Tampaknya, Zuckerberg sendiri mengakui bahwa pengalaman di metaverse tidak akan menjadi pengalaman yang sebenarnya. Dalam kata-katanya sendiri, metaverse dapat membuat kita 'merasa hadir--seperti kita berada di sana bersama orang-orang tidak peduli seberapa jauh kita sebenarnya'. Jika Nozick benar, keinginan kami untuk lebih dekat dengan orang yang dicintai, tidak akan puas dengan hanya perasaan seperti kami lebih dekat dengan mereka, tanpa benar-benar menjadi lebih dekat. Tidak diragukan lagi banyak dari kita mengalami hal seperti ini ketika mencoba 'bersama' dengan orang yang dicintai, melalui zoom atau di telepon, selama musim pandemi baru-baru ini.
Sesugguhnya, sebanyak yang kita inginkan, kehidupan virtual bukanlah kehidupan kita. Perbedaan antara diri Anda yang nyata dengan diri Anda yang disimulasikan. Anda tidak dapat mengubah siapa diri Anda hanya dengan mengembangkan jenis kehidupan virtual tertentu. Sentimen ini mungkin tampak mengejutkan bagi generasi yang terbiasa mengembangkan kepribadian virtual yang dibuat dengan cermat. Tetapi banyak dari kita juga akan sangat menyadari bahwa ada perbedaan antara 'orang' yang dipamerkan kepada dunia online dan diri kita yang sebenarnya.
Mungkin yang paling penting, memasukkan diri ke metaverse dan melibatkan ke dalam 'dunia yang tidak lebih penting daripada yang dapat dibangun orang'. Orang-orang yang dimaksud, dalam kasus metaverse, adalah orang-orang Facebook sendiri. Jika memang benar bahwa Zuckerberg dan timnya lebih peduli pada keuntungan daripada penggunanya, kita harus secara serius mempertanyakan apakah kita ingin menjadi bagian dari alam semesta simulasi yang mereka rancang. Retorika Zuckerberg tentu saja menunjukkan bahwa tujuan dari metaverse adalah untuk memberi kita kegembiraan. Tapi mungkin saja ini bukan tujuan metaverse Zuckerberg sama sekali. Lagi pula, berapa banyak dari kita yang benar-benar menikmati sebagian besar (jika ada) pengalaman online kita hingga hari ini?
Namun, kita tidak boleh lupa bahwa metaverse bukanlah realitas virtual yang netral--ini adalah platform yang secara hati-hati dikuratori dan dipromosikan oleh perusahaan swasta. Kita mungkin menikmati garis antara apa yang nyata dan apa yang tidak, memanjakan diri kita dengan skenario hipotetis dan membayangkan hidup kita berbeda. Hal itu bisa menimbulkan risiko yang tidak boleh kita abaikan. Kemampuan Facebook untuk mengalihkan perhatian kita dan membajak perhatian kita didokumentasikan dengan baik, dan ada bahaya bahwa lanskap digital yang lebih menarik bisa menjadi lebih mengganggu, sehingga merugikan kesehatan mental dan fisik kita. Terlebih lagi, bahkan tanpa teknologi realitas virtual, internet sudah memiliki kemampuan untuk membuat garis antara kebenaran dan kepalsuan menjadi tidak jelas, atau bahkan sepenuhnya membalikkan sebuah spektrum.
Dan, kita tidak boleh lupa bahwa dalam banyak kasus Facebook baru-baru ini, dari semua kelompok yang didedikasikan untuk kesalahan informasi soal vaksin. Secara intrinsik tidak ada yang salah dengan terlibat dalam fantasi 'dunia lain', tetapi ketika mereka dikendalikan oleh perusahaan swasta, didorong oleh motif yang sering tidak selaras dengan kepentingan kita sendiri, kita harus berpikir dengan sangat hati-hati untuk memasukinya. Dengan kata lain, kita harus berpikir dua kali sebelum menghubungkan ke 'experience machine' Zuckerberg: Metaverse.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H