Perencanaan dan pengorganisasian pesan bisnis memang sangat penting dalam komunikasi bisnis, apalagi di era yang semakin canggih dan modern  sebuah pesan bisnis harus terencana dan terorganisir  supaya pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh penerima pesan bisnis .
yuk teman-teman mari kita pahami dan pelajari apa itu Perencanaan dan Pengorganisasian pesan Bisnis
Perencanan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai pada masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya.
Pesan bisnis adalah suatu pesan atau surat yang digunakan oleh pengirim  untuk menyampaikan informasi yang tertulis maupun tidak tertulis, dalam penyelenggaraan kegiatan bisnis yang diterima oleh orang ataupun organisasi .
Dalam Menyusun sebuah pesan  bisnis, ada 3 tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian dan revisi pesan yang bertujuan agar pesan yang direncanakan dapat disempurnakan untuk menghindari adanya kesalahan.
Tujuan pesan bisnis yaitu, memberikan informasi, membujuk dan untuk melakukan kerja sama mendukung tujuan bisnis agar bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Juga membantu memperbaiki pengelolaan bisnis sehingga tujuan perusahaan akan tercapai.
Manfaat perencanaan dan pengorganisasi pesan bisnis yaitu membantu audiens memahami suatu pesan,  membantu audiens menerima suatu pesan, menghemat waktu karna  apabila suatu pesan tidak terorganisasi dengan baik, penyampaiannya akan menghabiskan waktu audiens, mempermudah pekerjaan komunikator.
Selanjutnya terdapat beberapa komunikasi pesan, yaitu :
- Komunikasi lisan
Komunikasi yang disampaikan secara langsung, dan audien dapat secara langsung menyampaiakan umpan balik dari apa yang sudah disampaikan oleh komunikator.
- Komunikasi tertulis