Mohon tunggu...
Wati Pabalik
Wati Pabalik Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi masak dan piknik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

2 Maret 2024   19:06 Diperbarui: 2 Maret 2024   19:10 1359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mulai dari Diri Modul 3.3

Oleh Wati pabalik, SE, Gr.,

CGP A9 dari SMP YPPK St. Don Bosco kabupaten Fakfak-Papua Barat

Salam bapak dan ibu guru hebat kembali lagi saya menuliskan Alur Merdeka Mulai  dari Diri Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Mulai dari diri adalah tugas awal Alur Merdeka Modul 3.3. Sama seperti biasanya tugas ini akan saya upload pada LMS PGP sebagai salah satu tagihan yang harus dipenuhi oleh CGP.

Adapun Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban saya.

1. Pertanyaan pemantik

a. Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?

b. Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

Jawab: 

Program yang berdampak pada murid mengacu pada inisiatif dan pengelolaan di sekolah yang berfokus pada memaksimalkan potensi dan perkembangan murid. Program ini dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan kemampuan individual murid, sehingga mereka dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil yang optimal.

Karakteristik utama program yang berdampak pada murid:

  • Menempatkan murid sebagai mitra
  • Mendukung kepemimpinan murid.
  • Mengembangkan profil pelajar Pancasila.
  • Memperkuat budaya positif.

Kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency):

  • Kepemimpinan murid (student agency): Kemampuan murid untuk mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan, dan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan.
  • Program yang berdampak pada murid: Memberikan ruang dan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan kepemimpinan mereka.

2. Sesi Pembelajaran 1

Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. kegiatan kokurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

3. Refleksi.

Nah, sekarang kami ingin Ibu/Bapak mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa kegiatan/programnya?
  2. Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?
  3. Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?
  4. Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?
  5. Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?
  6. Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?
  7. Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

Jawab:

  • Ketika saya jadi siswa smp kegiatan/program yang saya ikuti adalah PASKRIBA (Pasukan Pengibar Bendera) untuk  hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tingkat kecamatan.
  • Polres bekerjasama dengan dinas pendidikan
  • Peran saya saat itu saya sebagai anggota pengibar bendera pasukan 45 .
  • Perasaan saya senang karena dari sekian banyak siswa-siswi SMP dari beberapa sekolah saya bisa menjadi salah satu orang yang terpilih untuk jadi anggota PASKRIBA.
  • Pengalaman tersebut berkesan karena mendapat banyak ilmu dan keterampilan yang saya dapatkan yaitu pengetahuan dan keterampilan baris berbaris
  • Pembelajaran yang saya ambil dari kegiatan tersebut adalah tentang kedisiplinan dan keteraturan dimana yang menjadi pelatih kami adalah polisi yang sangat disiplin dan teratur sehingga saat ini saya disiplin dan mengetahui cara baris-berbaris yang benar.
  • Dampak yang saya dapatkan dari pengalaman tersebut adalah dampak positif dan pengalaman tersebut hingga sekarang saya terapkan dalam kehidupan dan pekerjaan saya juga saya boleh melatih anak-anak saya di rumah dan di sekolah untuk belajar disiplin dalam hidup dan juga boleh berbagi cara baris-berbaris dengan benar.

4. Diharapkan Dipelajari

Dengan mempelajari modul ini, saya terinspirasi untuk membuat program/kegiatan yang berdampak positif pada murid.

5. Penutup

Semoga pembelajaran pada modul ini, menambah pengetahuan tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid.

Semoga bermanfaat.

Salam guru penggerak: tergerak, bergerak dan menggerakkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun