Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan penopang terbesar sekaligus penjaga denyut ekonomi nasional Indonesia agar tetap hidup.
Dari segi jumlah pelaku, penyerapan tenaga kerja, maupun kontribusinya bagi pendapatan domestik bruto (PDB), UMKM memegang peran sangat penting. Bahkan, ketika ekonomi terpuruk akibat pandemi Covid-19, kemampuan UMKM dalam bertahan memudahkan jalan bagi pemulihan ekonomi Indonesia.
Oleh karena itu, setiap bentuk dukungan terhadap UMKM akan berdampak signifikan terhadap penguatan ekonomi nasional. Salah satunya dengan membawa UMKM go digital. Sudah saatnya UMKM memanfaatkan digitalisasi agar bisa naik kelas.
Pameran Virtual
Bicara digitalisasi, pameran virtual UMKM Expo(rt) BRILianpreneur 2022 menjadi contoh yang baik. Perhelatan yang digagas BRI tersebut mempertemukan para pelaku UMKM, masyarakat, konsumen, dan pedagang dalam sebuah ruang virtual yang bisa diakses lewat situs www.brilianpreneur.com dari 1 hingga 31 Desember 2022.
Mengunjunginya pada Kamis (15/12/2022) malam, awalnya saya memperkirakan hanya akan menjumpai etalase digital dengan berbagai produk yang dipajang untuk dilihat secara sepintas.
Namun, ternyata saya dibawa memasuki sebuah ruang virtual yang didesain menarik  dan interaktif menyerupai pameran UMKM fisik. Di dalamnya ada sekitar 500 UMKM yang dikelompokkan dalam 6 kategori, yakni  Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, Healthcare/Wellness, dan Digital Technology (Startup).
Pameran yang merupakan bagian dari perayaan HUT127BRI ini mengasyikkan untuk dijelajahi. Terdapat fitur pencarian untuk menemukan produk berdasarkan kata kunci tertentu secara lebih mudah, seperti "batik", "kopi", dan lain-lain.
Setiap produk dipamerkan dalam bentuk, dimensi, dan kemasan yang presisi mendekati aslinya. Produk-produk itu dilengkapi deskripsi dalam 2 bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Disertakan pula tautan toko daring tempat produk-produk tersebut bisa dibeli secara mudah.