Komunikasi Interpersonal
Pengertian Komunikasi Interpersonal
Deddy Mulyana(2008:81) bahwa komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antara orang- orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun nonverbal.
Komunikasi interpersonal juga dapat diartikan dengan komunikasi yang dilakukan komunikator untuk menyampaikan pesan kepada komunikan dengan tatap muka dapat melalui media maupun tidak menggunakan media.
Komponen Komunikasi Interpersonal
1. Â Komunikator
Yaitu, orang yang berbicara atau orang yang menyampaikan pesan.
2. Â Pesan
yaitu seperangkat symbol-simbol baik verbal maupun non verbal. Agar mudah dipahami pesan merupakan kalimat yang ingin kita sampaikan kepada penerima pesan.
3. Â Komunikan
Yaitu orang yang menerima, memahami dan merespon pesan yang disampaikan oleh komunikator.
4. Â Respon
Yaitu apa yang sudah diterima komunikan akan dijadikan suatu tanggapan. Respon juga dapat diartikan dengan umpan balik. Respon bisa bersifat positif, netral. Juga negative.
5. Â Media
Yaitu saluran untuk menghubungkan komunikator dengan komunikan, hal ini semata-mata apabila terjadi dalam suatu kondisi yang tidak bisa dilakukan dalam tatap muka.
6. Â Gangguan
Yaitu apa saja yang menggangu penyampaian penerima pesan baik yang bersifat fisik dan phisikis.
Tujuan Komunikasi Interpersonal
1. Mengungkapkan Ekspresi kepada Orang lain
2. Menarik perhatian orang lain
3. Menemukan diri sendiri
4. Mencari kesenangan
5. Mempengaruhi sikap dan tingkah laku lawan bicara
6. Menghilangkan kesalah pahaman
7. Memberikan konseling
8. Memelihara dan menjalin hubungan yang harmonis
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H