Mohon tunggu...
Wa Ode Zahra Ramadani
Wa Ode Zahra Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nonton Film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Aplikasi Kasir Untuk Manajemen Salon Zahra : Studi Kasus, ERD, EERD dan Tampilan Aplikasi

31 Desember 2024   14:49 Diperbarui: 31 Desember 2024   14:49 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 8. Fitur Pembayaran (dok.pribadi)

Studi Kasus : Aplikasi Kasir Untuk Manajemen Salon Zahra

Salon Zahra adalah salon kecantikan yang menawarkan berbagai layanan perawatan rambut dan kecantikan. Untuk mempermudah proses transaksi dan manajemen layanan, salon ini memutuskan untuk mengembangkan aplikasi kasir berbasis website yang dapat mengelola data pelanggan, pegawai, layanan, reservasi, dan pembayaran secara efisien. Aplikasi kasir ini akan digunakan oleh pegawai salon untuk mengelola transaksi harian, mulai dari pencatatan layanan yang dipilih pelanggan hingga proses pembayaran. Dengan sistem ini, salon akan dapat lebih mudah mengontrol operasional dan meningkatkan layanan kepada pelanggan.

 Rancangan ERD (Entity Relationship Diagram)

Berikut adalah penjelasan dari setiap entitas yang terdapat pada ERD :

1. Entitas Pelanggan

  • Deskripsi: Entitas ini mencatat data pelanggan yang melakukan reservasi di sistem.
  • Atribut:
    • id_pelanggan (Primary Key): Identitas unik untuk setiap pelanggan.
    • nama: Nama lengkap pelanggan.
    • alamat: Alamat tempat tinggal pelanggan.
    • no_telepon: Nomor telepon pelanggan.
    • email: Alamat email pelanggan.

2. Entitas Reservasi

  • Deskripsi: Entitas ini mencatat informasi tentang reservasi yang dilakukan oleh pelanggan.
  • Atribut:
    • id_reservasi (Primary Key): Identitas unik untuk setiap reservasi.
    • tanggal_reservasi: Tanggal reservasi dibuat.
    • waktu_reservasi: Waktu reservasi dilakukan.
    • id_pelanggan (Foreign Key): Menghubungkan tabel Reservasi dengan tabel Pelanggan.
    • id_pegawai (Foreign Key): Menghubungkan tabel Reservasi dengan tabel Pegawai.

3. Entitas Pegawai

  • Deskripsi: Entitas ini mencatat data pegawai yang bertanggung jawab atas reservasi.
  • Atribut:
    • id_pegawai (Primary Key): Identitas unik untuk setiap pegawai.
    • nama: Nama lengkap pegawai.
    • jabatan: Posisi atau peran pegawai (misalnya stylist, admin).
    • no_telepon: Nomor telepon pegawai.
    • gaji :Pendapatan pegawai 

4. Entitas Layanan

  • Deskripsi: Entitas ini mencatat layanan yang ditawarkan oleh salon, seperti potong rambut atau perawatan.
  • Atribut:
    • id_layanan (Primary Key): Identitas unik untuk setiap layanan.
    • nama_layanan: Nama layanan.
    • deskripsi: Penjelasan singkat mengenai layanan.
    • harga: Biaya untuk setiap layanan.

5. Entitas Pembayaran

  • Deskripsi: Entitas ini mencatat informasi pembayaran dari setiap reservasi.
  • Atribut:
    • id_pembayaran (Primary Key): Identitas unik untuk setiap pembayaran.
    • total_bayar: Total jumlah yang dibayarkan.
    • metode_pembayaran: Metode yang digunakan untuk pembayaran (misalnya tunai atau kartu).
    • tanggal_pembayaran: Tanggal pembayaran dilakukan.
    • id_reservasi (Foreign Key): Menghubungkan tabel Pembayaran dengan tabel Reservasi.

Hubungan  Antar Entitas:

  1. Relasi antara Pelanggan dan Reservasi adalah one-to-many, di mana satu pelanggan dapat memiliki banyak reservasi, sedangkan setiap reservasi hanya terkait dengan satu pelanggan. Relasi ini direpresentasikan melalui atribut ID_Pelanggan pada tabel Reservasi sebagai foreign key yang mengacu ke tabel Pelanggan.

  2. Relasi antara Pegawai dan Reservasi adalah one-to-many, yang berarti satu pegawai dapat menangani banyak reservasi, namun setiap reservasi hanya dilayani oleh satu pegawai. Hubungan ini diimplementasikan melalui atribut ID_Pegawai pada tabel Reservasi sebagai foreign key yang merujuk ke tabel Pegawai.

  3. Relasi antara Reservasi dan Pembayaran adalah one-to-one, di mana setiap reservasi memiliki satu pembayaran yang dicatat secara unik. Relasi ini direpresentasikan dengan atribut ID_Reservasi pada tabel Pembayaran sebagai foreign key yang mengacu ke tabel Reservasi.

  4. Relasi antara Layanan dan Reservasi bersifat many-to-many, karena satu reservasi dapat memesan banyak layanan, dan satu layanan dapat muncul dalam banyak reservasi. Hubungan ini dikelola melalui tabel perantara Reservasi_has_Layanan, yang menghubungkan kedua tabel melalui foreign key ID_Reservasi dan ID_Layanan.

Rancangan EERD (Enhanced Entity-Relationship Diagram)

Gambar 2. Rancangan EERD (dok.pribadi)
Gambar 2. Rancangan EERD (dok.pribadi)

Berikut adalah penjelasan dari tabel-tabel yang terdapat pada diagram diatas:

Berikut penjelasan yang lebih ringkas:

1. Tabel Pelanggan

  • id_pelanggan (INT): Primary key untuk identitas unik pelanggan.
  • nama (VARCHAR(100)): Nama pelanggan, panjang maksimal 100 karakter.
  • alamat (TEXT): Alamat lengkap pelanggan.
  • no_telepon (VARCHAR(15)): Nomor telepon pelanggan.
  • email (VARCHAR(45)): Email pelanggan.

2. Tabel Reservasi

  • id_reservasi (INT): Primary key untuk identitas unik reservasi.
  • tanggal_reservasi (DATE): Tanggal reservasi.
  • waktu_reservasi (TIME): Waktu reservasi.
  • pelanggan_id_pelanggan (INT): Foreign key ke id_pelanggan di tabel Pelanggan.
  • pegawai_id_pegawai (INT): Foreign key ke id_pegawai di tabel Pegawai.

3. Tabel Pegawai

  • id_pegawai (INT): Primary key untuk identitas unik pegawai.
  • nama (VARCHAR(100)): Nama pegawai, maksimal 100 karakter.
  • jabatan (VARCHAR(50)): Posisi atau jabatan pegawai.
  • no_telepon (VARCHAR(15)): Nomor telepon pegawai.
  • gaji (FLOAT): Gaji pegawai dalam angka desimal.

4. Tabel Pembayaran

  • id_pem_bayaran (INT): Primary key untuk identitas pembayaran.
  • total_bayar (FLOAT): Total pembayaran dalam angka desimal.
  • metode_pem_bayaran (VARCHAR(45)): Metode pembayaran, seperti "tunai" atau "kartu kredit".
  • tanggal_pembayaran (DATE): Tanggal pembayaran.
  • reservasi_id_reservasi (INT): Foreign key ke id_reservasi di tabel Reservasi.

5. Tabel Layanan

  • id_layanan (INT): Primary key untuk identitas layanan.
  • nama_layanan (VARCHAR(100)): Nama layanan, maksimal 100 karakter.
  • deskripsi (TEXT): Deskripsi layanan.
  • harga (FLOAT): Harga layanan dalam angka desimal.

6. Tabel reservasi_has_layanan

  • reservasi_id_reservasi (INT): Foreign key ke id_reservasi di tabel Reservasi.
  • layanan_id_layanan (INT): Foreign key ke id_layanan di tabel Layanan.

  

Tampilan Aplikasi

Gambar 3. Halaman utama (dok.pribadi)
Gambar 3. Halaman utama (dok.pribadi)

Halaman utama Aplikasi Kasir Salon Zahra menampilkan judul, deskripsi singkat, dan menu navigasi utama: Layanan, Pelanggan, Reservasi, Pembayaran, dan Pegawai. Footer berisi hak cipta " 2024 Salon Zahra" menegaskan identitas aplikasi. Desainnya minimalis untuk kemudahan pengelolaan data salon.

1. Fitur Pelanggan

Gambar 4. Fitur pelangan (dok.pribadi)
Gambar 4. Fitur pelangan (dok.pribadi)

Fitur ini merupakan bagian dari aplikasi berbasis web yang dirancang untuk mengelola data pelanggan. Pada bagian atas, terdapat form untuk menambahkan data pelanggan dengan mengisi nama, alamat, nomor telepon, dan email, kemudian menekan tombol "Tambah Pelanggan" untuk menyimpan data ke dalam database. Di bawahnya, terdapat tabel yang menampilkan daftar pelanggan yang sudah terdaftar, mencakup kolom nomor, nama, alamat, nomor telepon, email, dan aksi. Pada kolom aksi, tersedia tombol "Hapus" yang memungkinkan pengguna menghapus data pelanggan tertentu. Data yang ditampilkan di tabel diambil dari database, sedangkan data yang dimasukkan melalui form dikirim ke server untuk diproses dan disimpan menggunakan query SQL. Fitur ini mempermudah pengelolaan data pelanggan secara efisien.

2. Fitur Pegawai

Gambar 5. Fitur pegawai (dok.pribadi)
Gambar 5. Fitur pegawai (dok.pribadi)

Fitur ini digunakan untuk mengelola data pegawai salon secara efisien. Terdapat formulir untuk menambahkan pegawai baru, yang meliputi kolom Nama, Jabatan, No Telepon, dan Gaji, dengan tombol Tambah Pegawai untuk menyimpan data. Data pegawai yang sudah tersimpan ditampilkan dalam tabel *Data Pegawai, yang mencakup nomor urut, nama, jabatan, kontak telepon, gaji, serta tombol Hapus untuk menghapus data yang tidak diperlukan. Fitur ini mempermudah pengelolaan informasi pegawai dengan desain antarmuka yang sederhana dan fungsional.

3. Fitur Layanan 

Gambar 6. Fitur Layanan (dok.pribadi)
Gambar 6. Fitur Layanan (dok.pribadi)

Fitur ini merupakan fitur layanan yang nantinya akan mengelola layanan salon. Pada bagian atas, terdapat formulir untuk menambah layanan baru, mencakup kolom Nama Layanan, Deskripsi, dan Harga, dengan tombol 'Tambah Layanan' untuk menyimpan data.
Layanan yang ditambahkan akan muncul di tabel *Daftar Layanan, yang menampilkan nomor urut, nama layanan, deskripsi, harga, dan opsi 'Hapus' untuk menghapus layanan yang tidak diperlukan. Fitur ini untuk mempermudah dalam menambah, memantau, dan mengelola layanan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional kasir.

4. Fitur Reservasi

Gambar 7. Fitur  reservasi (dok.pribadi)
Gambar 7. Fitur  reservasi (dok.pribadi)

Halaman pada gambar adalah bagian dari aplikasi kasir yang digunakan untuk mengelola reservasi di salon. Form "Reservasi Baru" ini memungkinkan kasir mencatat informasi reservasi dengan cepat dan akurat. Kasir dapat memilih pelanggan dan pegawai dari daftar yang tersedia, menentukan tanggal dan waktu reservasi, memilih layanan yang dipesan, memasukkan jumlah layanan, serta memilih metode pembayaran. Setelah semua informasi diisi, data reservasi dapat disimpan untuk mempermudah proses pencatatan transaksi. Form ini dirancang untuk mendukung efisiensi kerja kasir dalam mengatur layanan salon dan mencatat pembayaran.

5. Fitur Pembayaran 

Gambar 8. Fitur Pembayaran (dok.pribadi)
Gambar 8. Fitur Pembayaran (dok.pribadi)

Fitur ini digunakan untuk mengelola data pembayaran yang muncul setelah transaksi dari fitur reservasi berhasil dilakukan. Data yang ditampilkan dalam tabel Daftar Pembayaran mencakup informasi seperti ID Reservasi, Nama Pelanggan, Nama Pegawai yang melayani, Total Bayar, Metode Pembayaran (contoh: kartu kredit), dan Tanggal Pembayaran. Setelah pelanggan melakukan reservasi dan menyelesaikan layanan, detail pembayaran otomatis tercatat di fitur ini. Tombol Hapus disediakan untuk menghapus data pembayaran jika diperlukan. Dengan integrasi antara fitur reservasi dan pembayaran, sistem memastikan proses transaksi dapat dipantau dan dikelola secara akurat serta efisien.

Berikut link video penjelasan mulai dari pembahasan rancangan studi kasus, erd, eerd dan tampilan aplikasinya


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun