Assalamu'alaikum temen-temen..
Gimana kabarnya temen-temen sehat semua kaan? Pasti sehat dong..
Bertemu lagi dengan saya wanseli Hidayatur Rohma disini saya akan membahas sebuah tentang filsafat pendidikan Rekonstruksionisme beserta para tokoh-tokohnya.
Baik temen-temen kitaa langsung saja yaa...
Pertama saya akan membahas tentang pengertian filsafat pendidikan Rekonstruksionisme, dan yang kedua saya akan membahas tentang tokoh-tokohnya.
Sebelum saya membahas apa temen-temen tau apaa sii yang dimaksud Rekonstruksionisme ituu???
1. Filsafat pendidikan Rekonstruksionisme:
Aliran Rekonstruksianisme ini temen-temen berasal nya itu dari bahasa Inggris yaitu (reconstruct) yang memiliki sebuah arti menyusun kembali atau merombak kembali, atau mengulang susunan kembali.
Dalam konteks atau keadaan di dalam filsafat pendidikan aliran rekonstruksianisme ini ialah merupakan suatu sebuah aliran filsafat yang berusaha untuk menuang kembali atau menyusun kembali atau dalam arti lain merombak kembali sebuah tata susunan yang telah lama atau yang telah lampau (lawas) dan membangun sebuah tata susunan kehidupan budaya yang baru atau yang modern (zaman sekarang).
Aliran filsafat rekonstruksianisme ini pada prinsipnya itu sepaham dengan aliran filsafat yang nama aliran nya itu ialah perenialisme temen-temen di mana keduanya itu sama-sama atau bebarengan berawal dari krisis kebudayaan yang modern tetapi keduanya itu memiliki tata cara yang berbeda (tidak sama) untuk menyelesaikan sebuah suatu masalah yang ada.
Aliran perenialisme ini temen- temen memilih untuk kembali kepada kebudayaan lama, kebudayaan yang dahulu atau yang (lawas) , kenapa kok aliran perenialisme ini ingin kembali kepada kebudayaan yang dahulu?
Karena kebudayaan yang dahulu itu telah berhasil untuk membawa sebuah kemampuan menghadapi krisis yang lama, sedangkan aliran rekonstruksionisme ini memilih untuk membimbimbing atau membina seorang manusia untuk mampu menghadapi sebuah krisis atau masa gawat,genting . dan aliran konstruksionisme ini itu lebih mementingkan menyelesaikan sebuah masalah itu dengan kesepakatan bersama atau dengan menyelesaikan masalah dengan cara bermusyawarah.
2. Tokoh-tokoh filsafat pendidikan Rekonstruksionisme Salah satunya yaitu :
Paulo Freire
Paulo freire ini ialah Merupakan salah satu seorang tokoh yang utama aliran filsafat Rekonstruksionisme. Paulo ini Berpendapat bahwasannnya pendidikan itu memiliki sebuah tujuan yaitu membuka mata peserta didik agar mereka itu bisa menyadari realitas dari kecerdasannya yang dimiliki nya agar mereka itu bisa transformasi( proses perubahan secara berangsur-angsur) secara sosial. Sebuah Kegiatan yang seperti ini bisa dapat membuka mata peserta didik untuk memiliki sebuah tujuan.
Baik temen-temen gimana apakah suda dipahami, semoga temen-temen paham yaa...
Semoga materi ini bisa menambah sebuah wawasan atau sebuah pengetahuan kalian ya temen-temen .. Sekian dari saya terimakasih🙏🙏🙏
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙏🙏🙏
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H