Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh🙏🙏🙏
Hallooo temen- temen gimana kabarnya temen-temen sehat semua kaan?
Baik langsung saja disini saya akan membahas tentang sebuah materi yang berjudul " Filsafat pendidikan perenialisme dan beserta para tokoh-tokohnya ".
A. Pengertian filsafat pendidikan perenialisme :
Apaa sii yang dimaksud dengan filsafat pendidikan perenialisme ituu???
Perenialisme ini berasal dari kata perenial yang mempunyai sebuah arti (kekal atau abadi). perenialisme ini merupakan sebuah aliran yang berpegang teguh pada norma-norma yang abadi, menurut aliran perenialisme ini pendidikan itu harus didasari oleh nilai -nilai yang kultural dalam arti lain aktivitas nya itu harus berhubungan dengan budaya, aliran filsafat pendidikan perenialisme ini menginginkan semua aktivitas di masa lampau itu tetap di abadikan, tetap di kekalkan tetap dilakukan atau tetap dikerjakan tidak boleh dilupakan.
Mengapa aliran ini menyuruh untuk jangan melupakan aktivitas dimasa lampau, karena di zaman yang modern ini sedikit banyak nya itu membawa kerusakan pada manusia. menurut aliran ini aktivitas di zaman modern ini sedikit banyak nya bisa menjadikan tingkah laku manusia itu rusak , kebiasaan nya itu tidak sesuai dengan aktivitas budaya yang dulu atau budaya yang lampau , lama.
B. Tokoh-tokoh filsafat pendidikan perenialisme :
temen-temen tau gak sih siapa saja yang menjadi tokoh-tokoh filsafat pendidikan perenialisme?
ini dia tokoh-tokoh filsafat pendidikan perenialisme ;
1. Robert Maynard Hutchins
Tokoh filsafat pendidikan perenialisme yang bernama Robert ini merupakan tokoh filsafat yang asalnya dari amerika Serikat (New York) Robert ini lahir tanggal 17 di bulan Januari pada tahun 1899.
Dan akhirnya di Pada tahun 1945 sampai tahun 1955 di usia ke 30 ia ini menjadi seorang presiden yang termuda di universitas( Chikago) , ia mengemukakan bahwasannya pendidikan itu harus menumbuhkan kecerdasan dalam diri dan menumbuhkan sebuah pengembangan dalam arti lain terus maju terus berkembang. Jadi maksud tujuannya yaitu,mengembangkan kekuatan kecerdasan dalam pikirannya.
2. Ortimer Adler
Ortimer ini Lahir tanggal 28 Desember 1902, dan akhirnya ia meninggal di tanggal 28 Juni 2001.
Menurut tokoh filsafat pendidikan perenialisme yang bernama Ortimer ini pendidikan itu adalah merupakan suatu proses untuk membuat atau mencetak kepribadian seorang manusia menjadi lebih optimal atau menjadi lebih terbaik , baik dengan mengembangkan bakat nya atau kemampuan nya yg dimiliki nya oleh seorang manusia itu.
Naah... Bagaimana temen-temen sudaa paham kaah apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan perenialisme itu? Semoga temen-temen paham yaah.
Oke temen-temen sekian dari saya itu saja materi yang bisa saya sampaikan pada temen-temen, semoga materi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan temen-temen yaaa..., dan semoga temen-temen diberi kesehatan selaluu aamiiin 🙏🙏🙏
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H