Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Halloo temen-temen bertemu lagi dengan saya Wanseli Hidayatur Rohma yang mana disini saya akan membahas tentang filsafat pendidikan esensialisme beserta para tokoh-tokohnya..Â
Baik langsung saja saya akan membahas tentang filsafat pendidikan esensialisme beserta para tokoh-tokohnya.., yang pertama saya akan membahas pengertian filsafat pendidikan esensialisme dan yang kedua saya akan membahas para tokoh-tokohnya filsafat pendidikan esensialisme..Â
Apaa kalian tauu apa sii yang dimaksud filsafat pendidikan esensialisme ituu???Â
1. Pengertian filsafat pendidikan esensialisme:
   Esensialisme ini berasal dari bahasa Inggris temen-temen yaitu esensial yang mempunyai sebuah arti atau makna inti / pokok dari segala hal atau bisa disebut sesuatu. Dan sedangkan arti dari isme disini sama artinya  dengan isme-isme yang lain lain nya temen-temen yang mempunyai arti sebuah ladzhab atau dengan kata lain disebut sebuah aliran. Aliran esensialisme ini tumbuh di Amerika Serikat (New York) , dan aliran ini menginginkan kembali kepada sebuah kebudayaan yang lama atau sebuah kebiasaan yang lama maksudnya aliran ini tidak mau melupakan sejarah yang lama temen-temen, karena ada pepatah yang mengatakan JASMERAH yang artinya jangan sekali-kali kau melupakan sejarah karena sebuah sejarah itu penting bagi kehidupan kita temen-temen.Â
2. Tokoh-tokohnya filsafat pendidikan esensialisme diantaranya yaitu:
  A. William C Bagley
Bagley ini merupakan seorang pendidik yang bermuasal dari amerika (new york) lahir di tahun 1876 dan meninggal dunia di tahun 1946. Bagley berpendapat bahwa filsafat pendidikan ada ciri-ciri nya dimana ciri-ciri nya yaitu diantaranya:
1. Minat yang kuat pada jatuh diri seorang peserta didik itu keseringan gugur pada tahap awal atau dengan kata lain pertama.Â
2. Pembimbingan dan pengarahan atau petunjuk.Â